You are currently viewing Ukuran Lapangan Futsal

Ukuran Lapangan Futsal

Olahraganesia.id – Cabang olahraga seperti sepakbola, basket, tennis, voli maupun futsal sudah pasti memerlukan lapangan dengan ukuran standar nasional maupun internasional. Sekilas bentuk lapangan futsal dengan sepakbola mirip. Tapi ukuran lapangan futsal jauh lebih kecil daripada lapangan sepakbola.

Banyak yang penasaran berapa sih sebenarnya ukuran standar lapangan futsal? Olahraga yang mirip sepakbola ini tentu memerlukan ukuran lapangan memadai. Karena jumlah pemain futsal lebih sedikit ketimbang sepakbola, wajar saja lapangan futsal juga berukuran lebih kecil.

Berapa Ukuran Lapangan Futsal?

Seperti halnya cabang olahraga sepakbola, futsal pun mempunyai ukuran lapangan yang sesuai dengan standar Liga Futsal Nasional Indonesia yang membawahi futsal tingkat nasional maupun Federation Internationale de Football Association di tingkat internasional.

Lapangan futsal bertaraf internasional dan nasional ada yang bertipe outdoor atau indoor. Apabila kamu suka bermain futsal sambil menikmati segarnya udara luar, kamu bisa memilih lapangan futsal outdoor. Detail ukuran pada lapangan futsal ialah seperti yang tertera di bawah ini.

Ukuran Lapangan Futsal

1. Panjang Lapangan

Umumnya bentuk lapangan futsal menyerupai persegi panjang, seperti halnya lapangan sepak bola. Jadi lapangan futsal memiliki dua sisi panjang dan dua sisi lebar dalam ukuran tertentu. Untuk ukuran panjang lapangan futsal tingkat nasional ialah kurang lebih 25 hingga 42 meter.

Sedangkan lapangan futsal tingkat internasional sedikit lebih panjang yakni sekitar 38 meter hingga 42 meter. Baik itu lapangan futsal indoor atau outdoor, ukuran panjangnya harus mengikuti standar ukuran lapangan futsal nasional dan internasional.

2. Lebar Lapangan

Lapangan futsal berstandar nasional yang sering kamu temui di gedung-gedung olahraga ataupun rental lapangan futsal lainnya biasanya mempunyai ukuran lebar 15 hingga 25 meter. Untuk lapangan futsal internasional memiliki lebar 18 hingga 25 meter.

3. Luas Lapangan

Saat kamu menyewa lapangan futsal di tempat yang satu dengan yang lainnya, pasti menemukan luas yang berbeda-beda. Hal ini karena ada perbedaan ukuran panjang dan lebar pada masing-masing lapangan futsal. Biasanya luas lapangan futsal berkisar 375 hingga 1050 meter persegi.


Baca Juga: Teknik Dasar Futsal


Ukuran Area-Area dalam Lapangan Futsal

Ukuran Lapangan Futsal -

Di lapangan futsal, selalu ada garis yang membatasi titik-titik atau wilayah tertentu. Garis-garis pada lapangan futsal tersebut dapat menandakan area masing-masing tim. Keberadaan garis lapangan futsal dengan ukuran tertentu menunjang aturan permainan futsal.

Jadi setiap area yang terdapat garis-garis lapangan memiliki fungsi yang berbeda-beda seperti misalnya area pergantian pemain, daerah bebas, area tendangan sudut, titik penalti dan sebagainya. Garis-garis yang membatasi area tersebut harus memenuhi standar ukuran lapangan futsal.

1. Area Pergantian Pemain

Baik sepakbola maupun futsal pasti ada aturan yang memperbolehkan masing-masing tim untuk melakukan pergantian pemain dengan alasan tertentu. Dalam permainan futsal pun, kamu hanya boleh melakukan pergantian pemain di area khusus.

Letak area pergantian pemain kurang lebih 5 meter dari garis tengah dengan lebar area sekitar 5 meter. Garis yang membatasi area ini memiliki lebar kurang lebih 8 cm. Sedangkan panjang garis pembatas pada area ini ialah sekitar 80 cm dengan ukuran 40cm di luar lapangan dan 40 cm di dalam lapangan.

2. Daerah Bebas

Daerah bebas ialah tempat dimana para wasit ketiga mengawasi proses pertandingan dan mencatat waktu. Selalu ada meja pada area ini sehingga wasit lebih mudah melakukan tugasnya. Jarak meja dari garis tepi minimal 2 meter. Ukuran daerah bebas sekitar 5 meter dari garis tengah.

3. Area Tendangan Sudut

Area tendangan sudut ini terletak di pojok kiri dan kanan pada masing-masing gawang. Pada masing-masing sudut lapangan futsal selalu ada seperempat lingkaran yang berjari-jari 25 centimeter. Apabila bola melewati garis gawang atau keluar maka pemain bisa mendapatkan tendangan sudut.

4. Titik Penalti

Dalam permainan futsal terdapat dua titik penalti. Titik penalti pertama berada tepat di tengah garis gawang dengan jarak sekitar 6 meter. Sedangkan titik penalti kedua berjarak kurang lebih 10 meter dari titik tengah daris gawang.


Baca Juga: Ukuran Gawang Futsal yang Benar


Ketentuan Lapangan Futsal

Ukuran lapangan futsal dan garis-garis pembatas di dalamnya harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Dalam permainan futsal pun terdapat beberapa aturan yang perlu kamu pahami.

Ketentuan ukuran lapangan futsal dapat kamu simak di bawah ini.

– Garis-Garis di Lapangan Futsal

Garis tengah membagi lapangan futsal menjadi dua bagian dengan luas yang sama. Garis pembatas mencakup touch line yang ada di samping lapangan dengan ukuran lebih panjang dan garis gawang yang lebih pendek. Garis melingkar di tengah lapangan berjari-jari 3 meter.

– Jenis Lantai Lapangan Futsal

Lantai pada lapangan futsal terbuat dari berbagai macam bahan. Sebagian besar lantai lapangan futsal terbuat dari rumput sintetis. Tapi ada juga lapangan futsal yang terbuat dari vinyl dengan ketebalan 5 hingga 8 milimeter. Selain itu, ada jenis lantai polypropylene yang dimana terkenal cukup awet dan kuat.


Baca Juga: Posisi Pemain Futsal dan Tugasnya


Akhir Kata

Aturan yang ada dalam permainan futsal sedikit berbeda dengan sepak bola, begitu pun dengan ukuran lapangan futsal yang relatif lebih kecil. Akhir kata semoga informasi yang tertera di atas dapat menambah pengetahuan kamu tentang futsal dan detail ukuran lapangannya.

Kalau menurut kamu informasi ini bermanfaat, silahkan share artikel ini ke teman-teman kamu. Sekian, salam olahraga!

Dicky Efendi

Halo! Saya Dicky Efendi, founder dari Olahraganesia.id. Dengan blog ini, saya bisa berbagi banyak informasi dan hal bermanfaat mengenai dunia olahraga pada semua orang. Follow ig @dkyefendi

Leave a Reply