You are currently viewing Sejarah Futsal

Sejarah Futsal

Olahraganesia.id – Kini banyak orang, khususnya laki-laki yang menggandrungi olahraga futsal. Futsal yang mirip dengan permainan sepakbola ini memiliki sejarah yang panjang sebelum terkenal seperti sekarang. Ada baiknya kamu mengetahui sejarah futsal sebelum memahami peraturan dan strategi futsal.

Perkembangan futsal dari dulu hingga sekarang selalu menarik minat para penggemar olahraga yang mirip dengan sepakbola ini.

Kamu bisa menyimak bagaimana perkembangan futsal hingga berada di kompetisi bertaraf internasional di bawah ini.

Bagaimana Sejarah Futsal Sampai Sepopuler Sekarang?

Bagaimana Sejarah Futsal Sampai Sepopuler Sekarang?

Mungkin belum banyak yang tahu tentang sejarah olahraga futsal hingga olahraga ini menjadi populer. Bahkan olahraga futsal juga masuk dalam berbagai ajang kompetisi bergengsi baik taraf nasional maupun internasional.

Orang pertama yang mempopulerkan futsal ialah Juan Carlos Ceriani. Awalnya olahraga futsal hanya terkenal di Montevideo, Uruguay.saja pada tahun 1930. Rupanya keunikan olahraga futsal menarik perhatian banyak orang dan semakin populer hingga sekarang.

1. Pengertian Futsal

Kata futsal berasal dari bahasa Spanyol, berupa kata “futbol” yang bermakna sepakbola dan “sala” yang bermakna dalam ruangan. Secara harfiah kata futsal dapat bermakna sepakbola di dalam ruangan.

Futsal ialah salah satu permainan bola dimana dua tim yang masing-masing jumlah pemain futsal terdiri dari lima orang bertanding untuk mencetak gol ke gawang lawan dan hanya boleh mengontrol bola menggunakan kaki saja.

Masing-masing tim boleh memiliki pemain cadangan yang siap untuk menggantikan pemain yang ada di dalam lapangan. Lapangan futsal terdapat garis-garis yang membatasi area permainan sesuai dengan peraturan futsal.

2. Awal Mula Lahirnya Futsal

Seperti yang tertera di atas bahwa Juan Carlos Ceriani adalah orang pertama yang mempopulerkan olahraga futsal. Siapa sebenarnya Juan Carlos Ceriani? Rupanya Ceriana merupakan instruktur olahraga yang berasal dari Montevideo, Uruguay.

Kala itu, Ceriani dan anak-anak didiknya berencana berlatih sepakbola di lapangan. Tetapi karena hujan deras, lapangan di luar tergenang air, sehingga tidak mungkin untuk bermain bola di lapangan tersebut. Akhirnya Ceriani membatalkan latihan.

Kemudian Ceriani mencari cara supaya anak didiknya bisa tetap bermain bola meskipun sedang hujan. Akhirnya Ceriani memutuskan untuk mengizinkan anak-anak didiknya untuk bermain bola di dalam ruangan.

Tetapi karena lapangan dalam ruangan tak seluas lapangan sepakbola di luar, Ceriani membentuk tim yang terdiri 5 orang saja. Jadi anak-anak didiknya main sepakbola secara bergantian 5 lawan 5 di dalam ruangan dengan lapangan yang cukup terbatas.

3. Penyebaran Futsal

Setelah itu, Carlos membuat beberapa peraturan tentang olahraga futsal lalu menjadikannya buku. Pada dasarnya peraturan-peraturan futsal terbentuk dari beberapa peraturan jenis olahraga seperti sepakbola, polo air dan basket.

Selang beberapa tahun, permainan futsal ini tersebar ke berbagai wilayah dengan cepat. Keunikan olahraga futsal menjadi pusat perhatian di Amerika Selatan, khususnya Brasil. Sejak saat itu, permainan futsal semakin berkembang pesat.

4. Sejarah Kompetisi Internasional

Tahun 1965 adalah tahun di mana kompetisi futsal di tingkat internasional ada pertama kalinya. Kompetisi bertaraf internasional ini bernama Piala Amerika Serikat. Saat itu, Paraguay lah yang menyabet juara pertama.

Namun pada enam turnamen Piala Amerika Serikat berikutnya hingga 1979, Brasil berhasil merebut semua gelar juara. Turnamen Kemudian Brasil juga menjadi juara pertama di ajang Piala Pan Amerika pada tahun 1980 dan memenangkan turnamen ini lagi di tahun 1984.

5. Pembentukan Federasi Futsal

Pertemuan yang membahas tentang futsal pertama kali berlangsung di Brasil pada tahun 1974. Beberapa perwakilan futsal dari berbagai negara menghadiri pertemuan tersebut. Dari pertemuan inilah, akhirnya terbentuk organisasi resmi yang menaungi futsal.

Organisasi tersebut bernama FIFUSA yang merupakan kepanjangan dari Federecao Internationale de Futebol de Salao. Ketua umum pertama di organisasi FIFUSA pada saat itu ialah Joao Havelange. Ketua umum ini terpilih oleh anggota-anggota yang ada di organisasi FIFUSA.

FIFUSA mengadakan kejuaraan dunia futsal pertama kalinya pada tahun 1982. Kejuaraan Dunia futsal tersebut berlangsung di Sao Paulo, Brasil. Saat itu, Brasil berhasil membawa pulang piala Kejuaraan Dunia FIFUSA edisi pertama.

Kejuaran Dunia yang kedua berlangsung di Spanyol pada tahun 1985. Lagi-lagi Brasil menyabet gelar juara di ajang kompetisi bergengsi tersebut. Namun di Kejuaraan Dunia edisi ketiga yang berlangsung di Australia tahun 1988, Brasil kalah dari Paraguay, dan Paraguay lah yang menjadi juara.

Sementara di Amerika Serikat pun ada pertandingan futsal internasional yang pertama pada tahun 1985. Acara ini berlangsung di Universitas Negeri Sonoma, Rohnert Park, California.


Baca Juga: Strategi Futsal


6. Sejarah Futsal Berada dalam Naungan FIFA

Selang beberapa tahun sejak adanya kompetisi futsal internasional, FIFA (Federation Internationale de Football Association) tertarik pada olahraga tersebut dan ingin menaunginya karena futsal mempunyai andil dalam industri sepakbola bertaraf internasional.

FIFA secara resmi memasukkan futsal sebagai bagian dari sepakbola di tahun 1989. Tentu saja anggota-anggota FIFUSA kemudian bergabung dengan FIFA di tahun 1989. Hingga sampai saat ini, FIFA lah yang menyelenggarakan kejuaraan dunia futsal.

FIFA pertama kali mengadakan kejuaraan dunia futsal di Belanda pada tahun 1989. Berlangsungnya kompetisi tingkat internasional di Belanda ini sekaligus sebagai perayaan atas popularitas olahraga di negara tersebut. Setiap empat tahun sekali FIFA menyelenggarakan kejuaraan dunia futsal.

7. Kejuaraan Dunia Futsal Paling Populer

Jika kita mengikuti jejak sejarah futsal, sudah banyak ajang-ajang kejuaraan dunia futsal yang terkenal, seperti di bawah ini.

a. Piala Dunia Futsal FIFA

Sejauh ini sudah ada 8 kali kejuaraan dunia futsal yang berada di bawah FIFA. Kejuaraan tersebut bernama Piala Dunia Futsal FIFA. Berikut ini beberapa kejuaraan futsal terpopuler dari FIFA:

  • Tahun 1989 di Belanda, pemenangnya adalah Brasil
  • Tahun 1992 di Hong Kong dan Brasil menang lagi.
  • Tahun 1996 di Spanyol , lagi-lagi Brasil lah pemenangnya.
  • Tahun 2000 di Guatemala, Spanyol menjadi pemenang.
  • Tahun 2004 di Taiwan, Spanyol lagi pemenangnya.
  • Tahun 2008 di Brasil kali ini Brasil kembali menang.
  • Tahun 2012 di Thailand dan Brasil menjadi juara lagi

b. Piala Dunia Futsal AMF

Selain FIFA, ada juga organisasi lain yang menyelenggarakan kejuaraan dunia futsal. Organisasi tersebut bernama AMF (Asociacion Mundial de Futsal). AMF sudah ada sejak 1971 tapi baru terbentuk secara resmi pada tahun 2002.  Berikut ini Piala Dunia Futsal AMF yang terkenal:

  • 1982 di Brasil. Brasil menjadi pemenangnya.
  • 1985 di Spanyol. Brasil kembali menang.
  • 1988 di Australia. Paraguay menjadi juaranya.
  • 1991 di Italia. Portugal berhasil menang.
  • 1994 di Argentina. Argentina, sang tuan rumah menjadi pemenang.
  • 1997 di Meksiko. Kali ini Venezuela yang berhasil membawa pulang piala.
  • 2000 di Bolivia. Kolombia muncul sebagai pemenang.
  • 2003 di Paraguay. Kali ini Paraguay berhasil menjadi pemenang.
  • 2007 di Argentina. Paraguay kembali menyabet gelar juara.

Baca Juga: Perbedaan Futsal dan Sepak Bola


Akhir Kata

Itulah sejarah futsal yang panjang dan perkembangannya yang pesat hingga sepopuler sekarang. Organisasi yang menaunginya kerap mengadakan kejuaraan dunia yang selalu menjadi momen paling ditunggu-tunggu oleh penggemar olahraga futsal.

Kalau menurut kamu informasi ini bermanfaat, silahkan share artikel ini ke teman-teman kamu. Sekian, salam olahraga!

Dicky Efendi

Halo! Saya Dicky Efendi, founder dari Olahraganesia.id. Dengan blog ini, saya bisa berbagi banyak informasi dan hal bermanfaat mengenai dunia olahraga pada semua orang. Follow ig @dkyefendi

Leave a Reply