You are currently viewing Ukuran Gawang Futsal

Ukuran Gawang Futsal

Olahraganesia.id – Futsal adalah salah satu olahraga yang mirip dengan sepak bola. Tentu ada perbedaan antara futsal dan sepak bola salah satunya adalah dari ukuran gawang futsal. Selain itu perbedaan lain terdapat pada arena bermainnya. Futsal cenderung menggunakan arena yang lebih kecil dibandingkan sepak bola.

Letak lapangannya juga berbeda, jika futsal biasanya menggunakan lapangan indoor sedangkan untuk sepak bola di outdoor. Ukuran gawang adalah perbedaan dari kedua olahraga tersebut.

Untuk informasi selengkapnya kamu bisa simak uraian di bawah ini.

Tujuan Adanya Gawang

Gawang adalah rintangan yang dibuat oleh manusia dan sering digunakan dalam dunia olahraga sepak bola. Selain sepak bola, futsal dan berkuda juga merupakan olahraga yang membutuhkan adanya gawang. Untuk olahraga berkuda, gawang yang dibuat harus berhasil dilompati.

Berikut tujuan adanya gawang dalam permainan futsal:

1. Sebagai Sarana Pencetak Gol

Sedangkan dalam olahraga sepak bola dan futsal, gawang dibuat sebagai sarana untuk menciptakan gol. Siapa tim yang berhasil memasukkan bola ke dalam gawang maka akan mendapatkan satu poin. Gawang adalah sarana yang menentukan kemenangan dari sebuah tim.

Siapa tim yang berhasil mencetak gol terbanyak maka dinyatakan menang dan begitu juga sebaliknya. Gawang juga bisa menentukan apakah pertandingan berakhir seri atau tidak. Baik dalam futsal, ada juga yang namanya penjaga gawang.

2. Tanda Bola Masuk

Tim dinyatakan berhasil mencetak angka apabila bola yang ditendang akan masuk ke gawang dan melewati garis gawang. Fungsi dari garis gawang sendiri adalah untuk menentukan apakah bola yang masuk bisa mendapatkan poin atau tidak.

3. Menegaskan Bahwa Bola Masuk ke Gawang

Gawang juga harus menggunakan jaring yang fungsinya untuk menegaskan bahwa bola memang masuk ke dalam gawang. Untuk mendapatkan angka, bola harus masuk ke gawang dan tidak boleh keluar dari garis.

Ukuran dari jaring gawang adalah 8 yards atau sekitar 7,32 meter untuk sepakbola. Sedangkan ukuran gawang futsal  adalah 2 x 3 meter. Harga jaring gawang futsal juga beragam, berkisar antara Rp 100.000 – Rp 350.000.


Baca Juga: Rekomendasi Sepatu Futsal Terbaik


Ukuran Gawang Futsal Standar FIFA

Ukuran Gawang Futsal

Apabila kamu membandingkan gawang sepakbola dengan gawang futsal, ukuran gawang futsal jauh lebih kecil. Hal ini sesuai dengan ukuran lapangan futsal yang juga lebih kecil daripada lapangan sepakbola.

Gawang futsal juga memiliki jaring. Jaring gawang ini dapat terbuat dari berbagai jenis bahan seperti nilon, rami atau goni. Ukuran jaring pun harus sesuai dengan ukuran pada gawang futsal.

Berikut ini, detail ukuran gawang yang ada di lapangan futsal.

1. Tinggi Gawang

Sama seperti permainan sepakbola, futsal juga memiliki gawang tetapi ukurannya jauh lebih rendah. Umumnya tinggi gawang yang ada di lapangan futsal ialah sekitar 2 meter. Sementara tinggi gawang pada permainan sepakbola sekitar 2,44 meter.

2. Panjang Gawang

Rata-rata panjang gawang pada lapangan futsal ialah sekitar 3 meter. Jika kamu bandingkan dengan gawang sepakbola biasa, tentu saja gawang futsal lebih pendek, karena umumnya panjang gawang pada lapangan sepakbola dapat mencapai 7,32 meter.

3. Ketebalan Tiang Gawang

Bentuk tiang pada gawang futsal dapat berupa kotak atau bulat. Biasanya dalam pertandingan, pihak penyelenggara menyarankan untuk menggunakan tiang gawang yang berbentuk bulat karena relatif lebih aman.

Selain itu bentuk tiang bulat akan menghasilkan arah yang lebih akurat apabila terjadi benturan antara bola dan tiang tersebut. Ketebalan tiang gawang futsal kurang lebih 8 cm. Bagian atas pada interior gawang futsal biasanya berukuran 80 cm sedangkan bagian bawah berukuran sekitar 100 cm.

Sedangkan untuk poin-poin yang harus diperhatikan ketika membuat gawang futsal adalah sebagai berikut:

  • Gawang memiliki dua tiang tegak di sebelah kanan kirinya yang jaraknya sama
  • Pada bagian atas gawang ada sebuah garis mistar yang menghubungkan kedua tiang tegak
  • Posisi gawang ada di tengah garis gawang
  • Pembuatan mistar gawang dan tiang gawang harus menggunakan bahan yang memadai
  • Gawang harus dibuat dengan bentuk persegi dan ujung gawang bulat. Tujuannya adalah untuk menjaga keselamatan para pemain
  • Jaring juga harus dibuat dengan bahan tertentu yang diletakkan di bagian belakang gawang
  • Warna gawang biasanya putih agar berbeda dari warna lapangan futsal.
  • Pembuatan gawang harus memperhatikan stabilitas agar bola yang mengenai jaring tidak berbalik arah
  • Pembuatan gawang juga tidak boleh terlalu kaku, akan tetapi bobot bagian belakang gawang harus cukup. Tiang gawang bisa digerakkan akan tetapi jangan sampai membahayakan para pemain.

Jenis Bahan Gawang Futsal

Selain mengetahui tentang ukuran gawang futsal kamu juga harus tahu mengenai jenis bahan apa yang digunakan untuk membuat gawang. Adapun bahan yang digunakan untuk membuat jaring adalah nilon. Sedangkan tiang gawang yang bentuknya bulat atau kotak terbuat dari besi atau kayu.

Aturan Tentang Gawang Futsal

FIFA sudah mengeluarkan aturan mengenai gawang yang digunakan untuk futsal. Adapun panjangnya adalah 3 meter dengan tinggi 2 meter. Sedangkan untuk ukuran ketebalan dari setiap tiang adalah 8 cm.


Baca Juga: Manfaat Bermain Futsal


Akhir Kata

Ukuran gawang futsal adalah salah satu bagian terpenting yang harus diperhatikan. Tidak sembarangan membuat gawang futsal karena sama seperti sepak bola, pembuatan gawang juga harus memperhatikan keselamatan pemain.

Kalau menurut kamu informasi ini bermanfaat, silahkan share artikel ini ke teman-teman kamu. Sekian, salam olahraga!

Dicky Efendi

Halo! Saya Dicky Efendi, founder dari Olahraganesia.id. Dengan blog ini, saya bisa berbagi banyak informasi dan hal bermanfaat mengenai dunia olahraga pada semua orang. Follow ig @dkyefendi

Leave a Reply