You are currently viewing Peraturan Futsal

Peraturan Futsal

Olahraganesia.id – Apapun jenis olahraga yang kamu mainkan pasti memiliki aturan. Begitupun dengan futsal yang cukup populer. Sebenarnya sekilas perbedaan futsal dan sepakbola hampir mirip, namun sebenarnya kedua permainan ini sangat berbeda. Dari ukuran lapangan, jumlah pemain futsal hingga peraturan futsal pun sangat berbeda dengan sepakbola.

Sangat tidak mungkin untuk memenangkan pertandingan futsal jika kamu sendiri kurang memahami aturan-aturan dalam permainan futsal. Karena pada dasarnya aturan tersebut yang mendukung jalannya permainan futsal hingga kamu dapat memenangkan pertandingan.

Mengenal Peraturan Futsal

Peraturan Futsal

Pada hakikatnya futsal merupakan permainan bola yang bertujuan untuk mencetak gol ke gawang lawan. Dalam satu tim futsal hanya ada 5 orang. Kedua tim akan bertanding untuk mencetak gol sebanyak mungkin ke gawang lawan supaya bisa menang.

Tentu saja setiap pemain harus paham apa saja aturan-aturan futsal sehingga bisa melakukan strategi yang benar demi mencapai kemenangan. Dengan memahami aturan main, kamu juga bisa meminimalisir berbagai jenis pelanggaran yang dapat merugikan tim kamu.

Jalannya pertandingan futsal harus mengikuti peraturan yang sudah ada. Apa saja peraturan-peraturan umum dalam permainan futsal yang perlu kamu ketahui? Kamu bisa menyimak beberapa peraturan penting dalam permainan futsal di bawah ini.

1. Pergantian Pemain

Seperti halnya sepakbola, dalam futsal pun terdapat substitution atau pergantian pemain. Masing-masing tim boleh melakukan pergantian pemain karena alasan-alasan tertentu. Maksimal pemain cadangan dalam futsal ialah 7 orang.

Pergantian pemain hanya dapat kamu lakukan di daerah pergantian pemain setelah pemain yang akan diganti keluar dari batas lapangan. Karena proses pergantian pemain di dalam permainan futsal berlangsung cukup cepat, wasit tak perlu menghentikan permainan.

Uniknya lagi, masing-masing tim boleh mengganti pemain berkali-kali tanpa ada batas. Tetapi dalam kompetisi tingkat internasional tetap ada batas pergantian pemain, misalnya maksimal 9 pergantian dalam satu pertandingan.

Namun jika pemain dalam lapangan ingin bertukar posisi dengan pemain lain, misalnya kiper, maka harus mendapat persetujuan dari wasit dan biasanya hanya boleh mengganti di tengah jeda permainan. Jika kamu melanggar aturan, wasit akan memberi sanksi berupa teguran atau mengeluarkan pemain.

2. Durasi Permainan

Normalnya permainan futsal berlangsung selama 40 menit yang terbagi menjadi 2 babak. Dengan kata lain babak pertama dan akhir masing-masing ialah 20 menit. Jika terjadi skor imbang setelah 40 menit tersebut, maka akan ada perpanjangan waktu yakni 5 menit sebanyak 2 kali.

Jika jumlah gol masih seri setelah perpanjangan waktu, maka akan ada babak adu penalti dengan maksimal 5 gol. Lama istirahat dalam permainan futsal ialah 10 menit. Futsal juga ada time out selama 1 menit. Tiap tim memiliki 1 kali time out di tiap babak. Tapi di babak ekstra tidak akan ada time out.

Apabila salah satu tim tidak mengambil jatah time out di babak pertama, maka mereka tidak bisa mengakumulasi jatah time out tersebut di babak kedua. Sesuai dengan peraturan futsal, para pemain futsal harus tetap berada di dalam lapangan futsal selama time out.

3. Goal Clearance

Goal clearance bertujuan untuk melanjutkan permainan bola dimana penjaga gawang atau pemain belakang menendang atau melempar bola dalam posisi diam. Penjaga gawang ini tidak boleh berlama-lama dalam menguasai bola, maksimal 4 detik setelah wasit mengisyaratkan para pemain sudah siap.

4. Kick Off

Kick off merupakan tendangan pertama di awal permainan dimana pemain yang lain harus berada di luar lingkaran. Pemain dapat langsung melakukan kick off mengarah ke gawang lawan.Gol kick off ini sah tapi menjadi tendangan sudut bila penjaga gawang berhasil menepis bola tersebut.

5. Tendangan Sudut

Posisi bola harus berada di busur garis sudut. Corner kick atau tendangan sudut terjadi karena bola keluar melewati garis gawang setelah tersentuh oleh pemain bertahan. Jika pemain tak segera menendang bola setelah 4 detik dari aba-aba wasit maka tim lawan akan melakukan goal clearance.

Pemain lawan harus berada pada jarak 3 meter dari bola. Menurut peraturan futsal, penendang tidak boleh memainkan bola tersebut untuk kedua kalinya sebelum bola tersentuh pemain lawan. Pelanggaran pada tendangan sudut dapat berujung pada tendangan bebas oleh tim lawan.

6. Tendangan Bebas

Tendangan bebas terjadi jika ada pelanggaran. Tendangan bebas langsung mengacu pada tendangan ke arah gawang secara langsung. Gol yang terjadi melalui tendangan ini juga sah. Gol pada tendangan bebas secara tidak langsung adalah sah jika tendangan bebas mengenai tubuh pemain lain.

Dengan kata lain, tendangan bebas dapat kamu ibaratkan sebagai tendangan hukuman. Posisi bola juga tergantung pada titik terjadinya pelanggaran. Hanya wasit yang berhak menentukan titik tendangan bebas. Tim bertahan dapat membentuk dinding pertahanan dengan jarak 5 meter dari bola.

7. Kick In

Kick in adalah tendangan menuju ke dalam lapangan jika sebelumnya bola out. Dalam melakukan kick in, posisi bola berada tepat pada garis. Dalam futsal, kick in berupa tendangan ke dalam lapangan, sedangkan dalam permainan sepakbola boleh kamu lakukan dengan cara melempar.

8. Kartu Kuning

Sama halnya dengan sepakbola, dalam peraturan futsal juga ada kartu kuning. Wasit akan memberi kartu kuning pada pemain futsal yang melakukan pelanggaran sebagai peringatan. Seorang pemain yang mendapat dua kali kartu kuning selanjutnya akan mendapat kartu merah.

9. Tendangan Penalti

Tendangan penalti berlaku jika kamu melakukan pelanggaran di daerah penaltimu sendiri. Karena jarak titik penalti cukup dekat, maka pemain sangat berpotensi mencetak gol ketika melakukan tendangan penalti.

Jarak titik penalti yang pertama ialah 6 meter dari garis gawang, sementara titik penalti kedua berjarak sekitar 10 meter dari garis gawang. Jadi tendangan penalti bisa kamu lakukan di titik pertama atau kedua sesuai dengan isyarat wasit.

10. Kartu Merah

Kartu merah ini adalah sanksi bagi pemain yang sudah melakukan pelanggaran fatal. Pemain yang mendapat kartu merah harus keluar lapangan, sehingga anggota timnya akan berkurang satu. Bahkan dalam beberapa kasus, pemain mendapat skors tak boleh lagi bermain selama satu pertandingan.

Dua menit setelah wasit memberikan kartu merah, tim dimana pemain tersebut mendapat kartu merah masih berhak menambah pemain asalkan belum terjadi gol. Tetapi jika terjadi gol, maka wasit yang akan menentukan boleh atau tidaknya menambah pemain.

11. Penentuan Menang

Tim yang lebih banyak mencetak gol selama pertandingan adalah pemenangnya. Gol terjadi ketika bola secara keseluruhan melewati garis gawang, di bawah mistar dan antara tiang-tiang gawang. Gol yang sah adalah gol yang tidak tersentuh tangan tim yang sedang berusaha mencetak gol.

12. Pelanggaran

Hanya wasit yang berkuasa dalam menentukan apakah suatu aksi oleh pemain merupakan pelanggaran atau bukan. Pelanggaran tersebut dapat berupa pelanggaran ringan dan berat. Apabila tim kamu melakukan pelanggaran, maka tim lawan bisa mendapat tendangan bebas.

13. Perlengkapan Pemain Futsal

  • Sepatu futsal
  • Seragam Kaos tim
  • Kaos kaki
  • Dekker atau pelindung kaki
  • Pelindung lutut (khusus kiper)
  • Pelindung siku (khusus kiper)

14. Peraturan Ukuran Bola

  • Lingkaran Bola: 62 sampai 64 cm.
  • Berat Bola: 400 sampai 440.

15. Peraturan Ukuran Lapangan Futsal

  • Ukuran lapangan futsal Indonesia: 15 sampai 25 meter untuk lebarnya, sedangkan panjangnya ialah 25 sampai 42 meter.
  • Menurut AMF, standar lapangan futsa: 19 meter sampai 25 meter untuk lebarnya dan untuk panjangnya sekitar 38 meter sampai 42 meter.

Baca Juga: Nama Nama Tim Futsal Keren


Akhir Kata

Akhir kata semoga kamu bisa memahami peraturan dalam bermain futsal sehingga permainan berjalan lancar. Semua peraturan futsal yang FIFA (Federation internationale de Football Association) harus menjadi acuan ketika kamu mengikuti pertandingan futsal.

Kalau menurut kamu informasi ini bermanfaat, silahkan share artikel ini ke teman-teman kamu. Sekian, salam olahraga!

Dicky Efendi

Halo! Saya Dicky Efendi, founder dari Olahraganesia.id. Dengan blog ini, saya bisa berbagi banyak informasi dan hal bermanfaat mengenai dunia olahraga pada semua orang. Follow ig @dkyefendi

Leave a Reply