You are currently viewing Cara Memakai Sabuk Karate

Cara Memakai Sabuk Karate

Olahraganesia.id – Ketika seorang karateka menggunakan sabuk dengan benar, maka itu menunjukkan bahwa ia adalah orang yang mempunyai semangat tinggi untuk menguasai ilmu bela diri satu ini. Memang ketika orang baru pertama belajar karate, pasti bingung dengan cara memakai sabuk karate yang tepat.

Padahal cara menggunakan sabuk karate sendiri cukup mudah. Dalam karate, Senpai atau kakak tingkat memang harus membimbing adik tingkat (Kohai) untuk bisa mengenakan sabuk karate dengan tepat.

Lalu, bagaimana cara untuk memakai sabuk karate yang tepat itu sendiri? Simak ulusan lengkapnya di bawah ini.

Cara Memakai Sabuk Karate yang Benar

Cara Memakai Sabuk Karate

Seorang pemula yang baru pertama kali belajar karate memang harus diajarkan cara untuk menggunakan sabuk karate dengan tepat. Mengapa? Peran sabuk karate itu tidak hanya sekedar sebagai ikat pinggang saja.

Namun, sabuk karate juga berfungsi sebagai pengingat sederhana bahwa esensi karate terletak pada pola pikir kamu sebagai karateka.

Semua yang kamu lakukan adalah cerminan dari apa yang kamu kenakan, termasuk dengan tindakan mengikat ikat pinggang. Nah, bagi kamu yang bingung memakai sabuk karate berikut panduannya:

Langkah #1. Tekuk Sabuk Menjadi Dua

Cara memakai sabuk karate yang pertama adalah dengan menekuknya menjadi dua dan pastikan bagiannya sama rata dengan tekan di bagian titik tengahnya. Selanjutnya, kamu bisa memegang sabuk ke depan tubuhmu dan satukan sampai menempel rata.

Tekan tanganmu untuk meratakan lipatan pada sabuk. Khusus sabuk putih, biasanya ada label di ujungnya, jadi kalau kamu ganti sabuk, biasanya label tidak akan terpasang lagi.

Langkah #2. Tempelkan Sabuk Secara Merata di Pinggang

Langkah kedua dalam mengikat ikat pinggang adalah memastikannya menggantung secara merata dari tengah. Tindakan ini melambangkan pentingnya keseimbangan, baik spiritual, teknis dan fisik (dikenal dalam bahasa Jepang sebagai ‘Shin Gi Tai’).

Menekan sabuk secara merata ke tengah juga memberikan keunggulan pada karaketa karena bisa mengontrol tekanan. Tanganmu harus ada di tengah dan pastikan sabuk menempel di pinggan dengan benar.

Langkah #3. Ikatlah Sabuk

Sekarang, setelah sabuk terikat dengan seimbang, langkah selanjutnya adalah mengikat sabuk di sekitar pinggang. Cara ini dilakukan dengan menempatkan bagian tengah sabuk di bawah pusar kamu.

Menempatkan sabuk di bawah pusar ini ada filosofinya. Kamu  akan diingatkan bahwa latihan karate yang benar memberdayakan dengan keterampilan unik untuk memberi, menerima, dan mengakhiri hidup.

Oleh karena itu, kamu harus menjunjung tinggi nilai-nilai moral yang mendefinisikan dirimu sebagai seorang karateka dan berusaha untuk mewujudkannya dalam setiap interaksi selama latihan.

Langkah #4. Silangkan Sabuk di Belakang Punggung

Cara memakai sabuk karate selanjutnya setelah mengikat adalah, silangkan sabuk di belakang punggung kamu. Menyilangkan sabuk atau membuat tanda “X” di belakang ternyata ada filosofinya. Kamu akan diingatkan untuk bersiap menghadapi lawan yang mungkin melewatimu di belakang.

Nah, setelah membuat tanda “X” di belakang, maka putarlah sabuk ke bagian depan lagi. Gerakan memutar sabuk ini juga memiliki filosofi dalam kareteka karena apa yang terjadi akan berputar. Manusia selalu menuai apa yang sudah ia tabur.

Selanjutnya, buat lagi tanda “X” di bagian depan tubuh. Tanda ‘X’ ini mengingatkan bahwa apa yang terjadi di belakang kamu juga bisa terjadi di depan.

Langkah #5. Simpulkan Sabuk

Selanjutnya, tarik satu ujung ke bawah ikat pinggang dan ujung lainnya ke bawah dan ikat dengan kencang. Tariklah bagian ujung sabuk bawah sampai ke bagian atas dan melewati tanda silang yang sudah kamu buat.

Selanjutnya, kamu bisa menyimpulkan sabuk dengan menarik ujungnya hingga ke atas dan pastikan bahwa kedua ujungnya ini saling menggantung sama panjang.

Tutorial Video Cara Memakai Sabuk Karate

Akhir Kata

Cara memakai sabuk karate memang akan terasa agak sulit bagi yang belum merasa terbiasa di awal-awal. Namun semakin sering mengikuti latihan karate, pasti menggunakan sabuk tidak akan sesulit waktu di awal-awal.

Kalau menurut kamu informasi ini bermanfaat, silahkan share artikel ini ke teman-teman kamu. Sekian, salam olahraga!

Dicky Efendi

Halo! Saya Dicky Efendi, founder dari Olahraganesia.id. Dengan blog ini, saya bisa berbagi banyak informasi dan hal bermanfaat mengenai dunia olahraga pada semua orang. Follow ig @dkyefendi

Leave a Reply