You are currently viewing Ukuran Bola Futsal 

Ukuran Bola Futsal 

Olahraganesia.id – Futsal adalah salah satu olahraga kaki paling populer. Futsal hampir sama dengan sepak bola, akan tetapi perbedaannya terdapat di tempat pertandingan dan ukuran bola futsal. Futsal biasanya menggunakan lapangan yang tidak terlalu luas adapun sepak bola membutuhkan lapangan luas.

Perbedaan berikutnya terletak pada ukuran bola yang digunakan untuk futsal. Tidak sedikit yang mengira bahwa bola futsal juga digunakan untuk sepak bola, padahal tidak.

Selain itu perbedaannya terdapat pada jumlah pemain. Untuk informasi selengkapnya mengenai ukuran bola kamu bisa simak uraian di bawah ini.

Ukuran Bola Futsal yang Benar

Secara umum bola memiliki 5 ukuran yang digunakan untuk futsal atau sepak bola. Ukuran pertama adalah bola yang memiliki keliling 50 cm dan beratnya mencapai 200 gram. Ukuran kedua adalah bola yang memiliki keliling 55cm dan beratnya sebesar 250 gram.

Ukuran ketiga adalah bola yang memiliki keliling 58 sampai 60 cm dengan berat 320 sampai 350 gram. Ukuran bola keempat adalah memiliki keliling 63,5 sampai 66 cm dengan berat 350 sampai 390 gram. Terakhir adalah bola dengan keliling 68 sampai 70 cm dengan ukuran berat mencapai 450 gram.

Akan tetapi untuk ukuran bola futsal sendiri ada yang mengatakan bahwa ukuran bola nomor 4 bisa digunakan untuk futsal. Sedangkan menurut standar Internasional adalah memiliki keliling 62 sampai 64 cm dengan bobot bola mencapai 440 gram.

Adapun untuk ukuran lambungan yang harus dimiliki oleh bola futsal adalah mencapai 55 sampai 65 cm. Lambungan yang dimaksud adalah untuk pantulan bola pertama. Bentuknya harus lingkaran dan bulat, kamu bisa menemukannya banyak di toko perlengkapan sepak bola.


Baca Juga: Formasi Futsal Terbaik


Berat dan Tekanan Bola Futsal

Lanjut ke mengenai berat dan tekanan pada bola futsal. Seperti penjelasan di atas bahwa bola futsal harus memiliki bobot maksimal 440 gram dan bobot minimal 400 gram. Adapun tekanan yang diberikan pada bola futsal harus 0-4-0-6 atmosfer.

Bahan Bola Futsal

Bola futsal terbuat dari beberapa bahan seperti rumput sintetis, polypropylene dan vinyl. Semua bahan tersebut adalah bahan bola futsal yang berkualitas sehingga cocok digunakan untuk bertanding. Bola yang sering digunakan untuk pertandingan profesional biasanya terbuat dari polyurethan.

Tips Memilih Bola yang Bagus dan Berkualitas

Tips Memilih Bola yang Bagus dan Berkualitas

#1. Pilihlah Bola dari Bahan Pembuatannya

Pertama, kamu harus mengetahui kelebihan bahan pembuatannya. Selain itu kamu juga harus tahu bagaimana cara membuat bola futsal tersebut apakah menggunakan cara press atau jahitan tangan.

#2. Ketahui Jenis Lapangan

Tips kedua adalah, dengan mengetahui jenis lapangan yang akan digunakan untuk bertanding. Jika lapangan yang digunakan rumput sintetis maka pilihlah bola dengan jahitan tangan.

Rekomendasi Merk Bola Futsal

Ada banyak contoh merk bola futsal yang bisa kamu pilih, diantaranya adalah:

#1. Adidas Telstar World Cup

Adidas Telstar World Cup

Merk pertama yakni dari Adidas. Adidas Telstar World Cup SL terbuat dari material thermoplastic polyurethane. Desain bola yang satu ini juga tampak sporty dengan logo FIFA World Cup.

#2. Nike Original Rolinho

Nike Original Rolinho

Merk bola yang kedua adalah Nike Original Rolinho Menor X merupakan bola futsal yang nomor 4. Jadi untuk ukuran bola futsal yang satu ini sudah sesuai standar FIFA dan terbuat dari bahan polyurethan.

#3. Adidas Original Tango Sala

Adidas Original Tango Sala

Merk ketiga adalah Adidas Original Tango Sala dengan warna cream dan biru. Bola yang satu ini juga termasuk ke bola futsal ukuran 4 dengan seri Tango. Bola ini cocok digunakan untuk semua creator futsal.

#4. Specs Original Prisma Fresh Salmon New

Specs Original Prisma Fresh Salmon New

Merk keempat adalah Specs Original Prisma Fresh Salmon New yang memiliki warna merah orange. Bola ini tidak hanya bagus dari segi desainnya saja, melainkan juga kualitasnya terjamin.


Baca Juga: Perlengkapan Pemain Futsal


Akhir Kata

Penting kiranya untuk mengetahui ukuran bola futsal yang digunakan pada standar FIFA. Ada lima macam ukuran bola yang digunakan untuk olahraga futsal. Kelima ukuran tersebut semuanya sudah standar internasional.

Kalau menurut kamu informasi ini bermanfaat, silahkan share artikel ini ke teman-teman kamu. Sekian, salam olahraga!

Dicky Efendi

Halo! Saya Dicky Efendi, founder dari Olahraganesia.id. Dengan blog ini, saya bisa berbagi banyak informasi dan hal bermanfaat mengenai dunia olahraga pada semua orang. Follow ig @dkyefendi

Leave a Reply