You are currently viewing Perbedaan Futsal dan Sepak Bola

Perbedaan Futsal dan Sepak Bola

  • Post author:

Olahraganesia.id – Apakah kamu masih bingung tentang perbedaan futsal dan sepak bola? Wajar saja karena memang kedua olahraga ini sama-sama memainkan bola menggunakan kaki dan lapangannya pun terlihat mirip. Namun apabila kamu melihat lebih dalam, keduanya memiliki banyak perbedaan.

Seringkali orang menganggap bahwa futsal dan sepakbola adalah jenis olahraga yang sama. Bahkan ada yang berpikir bahwa peraturan futsal dan sepakbola pun sama. Hal ini dapat mengakibatkan kesalahpahaman ketika kamu menonton atau bermain futsal secara langsung.

Mengenal Perbedaan Futsal dan Sepak Bola

Meskipun futsal dan sepakbola sama-sama berada dalam naungan FIFA (Federation Internationale de Football Association), kedua jenis olahraga ini memiliki peraturan, lapangan dan jumlah pemain yang berbeda.

Di sini, kamu dapat menemukan apa saja yang menjadi pembeda antara futsal dan sepakbola.

1. Jumlah Pemain

Setiap orang pasti tahu bahwa dalam permainan sepakbola setiap tim terdiri dari 11 orang pemain dengan posisi tertentu. Sementara jumlah pemain futsal jauh lebih sedikit yakni hanya 5 orang saja per tim.

Baik sepakbola maupun futsal memiliki pemain cadangan yang siap mengganti pemain yang sedang bertanding di lapangan sewaktu-waktu. Dalam futsal, jumlah maksimal pemain cadangan bagi setiap tim ialah 7 orang saja. Dalam sepakbola terdapat 5 hingga 11 pemain cadangan.

2. Lapangan

Lapangan sepakbola dan futsal sama-sama memiliki bentuk persegi panjang, hanya saja ukurannya berbeda. Lapangan sepakbola jauh lebih besar daripada lapangan futsal. Rata-rata lapangan sepakbola memiliki panjang 90 hingga 120 meter dan lebar 45 hingga 90 meter.

Sedangkan lapangan futsal biasanya memiliki panjang 25 hingga 42 meter dan lebar 15 hingga 25 meter saja. Selain itu lapangan sepakbola berada di ruangan terbuka di mana rumput hijau menghiasi permukaan lapangan.

Kebanyakan lapangan sepakbola memang menggunakan rumput asli yang tumbuh di atas permukaan tanah dan membutuhkan perawatan rutin. Namun ada juga beberapa lapangan sepakbola yang menggunakan rumput sintetis.

Tetapi, untuk pertandingan-pertandingan sepakbola resmi selalu berlangsung di lapangan yang berumput asli. Kebanyakan berada di dalam ruangan atau indoor, walaupun ada beberapa lapangan futsal versi outdoor.

Lapangan futsal biasanya menggunakan rumput sintetis yang di bawahnya terdapat lapisan beton atau semen. Selain lapangan rumput sintetis, beberapa jenis lapangan futsal lainnya ialah lapangan futsal parquette, taraflex, karpet plastik, semen, dan vinyl.

3. Bola

Meski sekilas hampir sama, nyatanya sepakbola dan futsal memiliki perbedaan pada segi bolanya.

Berikut perbedaan bola yang digunakan dalam sepakbola dan futsal:

  • Ukuran bola di sepak bola memiliki keliling 68-71 cm, sedangkan pada bola futsal ukuran kelilingnya adalah 62-64 cm.
  • Berat bola dalam sepak bola 396-453 gram, sedangkan untuk bola yang ada pada futsal memiliki berat 400-440 gram.
  • Tekanan bola dalam sepak bola adalah 8-12 psi, sedangkan tekanan bola futsal 0,4-0,6 atmosfir.
  • Pantulan bola yang digunakan dalam sepak bola adalah 60 cm apabila dijatuhkan dari tanah dengan ketinggian 1 meter, sedangkan untuk bola futsal pantulannya hanya sekitar 55-65 cm.

4. Durasi Pertandingan

Bukan hanya jumlah pemain futsal dan ukuran lapangannya yang berbeda, durasi pertandingan futsal pun menjadi salah satu perbedaan futsal dan sepak bola. Durasi pertandingan futsal yakni 40 menit yang terbagi menjadi 2 babak.

Jadi masing-masing babak dalam pertandingan futsal ialah 20 menit. Lain halnya dengan sepakbola yang berdurasi 90 menit yang terdiri dari 2 babak. Masing-masing babak di pertandingan sepakbola berdurasi 45 menit.

5. Pergantian Pemain

Dalam pertandingan sepakbola, untuk melakukan proses pergantian pemain, pelatih harus minta izin dulu ke wasit. Lalu wasit akan menghentikan permainan sebentar dan dalam durasi yang singkat ini pemain di lapangan harus keluar dulu, kemudian pemain cadangan masuk ke lapangan.

Pada pertandingan futsal, proses pergantian pemain lebih fleksibel karena para pemain futsal dapat keluar dan masuk lapangan tanpa perlu menghentikan jalannya pertandingan. Untuk pergantian kiper futsal, harus mengikuti aba-aba wasit terlebih dahulu.

6. Penalti

Penalti di pertandingan sepakbola harus kamu lakukan dari titik yang berjarak 12 meter dari gawang. Sedangkan penalti di pertandingan futsal dapat kamu lakukan dari titik penalti yang berjarak sekitar 6 meter dari gawang. Wajar saja sebab lapangan futsal lebih sempit daripada lapangan sepakbola.

7. Pelanggaran

Tak ada batasan jumlah pelanggaran dalam permainan sepakbola. Apabila pemain sepakbola melakukan pelanggaran, pemain tersebut biasanya akan mendapat kartu kuning ataupun kartu merah. Lain halnya dengan futsal yang memiliki batas toleransi terhadap pelanggaran.

Maksimal pelanggaran di dalam pertandingan futsal ialah 5 kali. Untuk pelanggaran yang keenam kalinya, wasit akan memberikan penalti berupa tendangan bebas langsung ke arah gawang dan posisi bola berada di titik kedua penalti.

8. Restart

Permainan futsal memiliki 2 momen restart yakni menendang bola ke dalam setelah bola out dan ketika kiper menguasai bola setelah off play. Dalam waktu empat detik setelah menangkap bola, kiper harus segera melepas bola tersebut.

Setelah bola out, pemain futsal yang melakukan tendangan ke dalam pun harus cepat, karena tak boleh melempar dengan tangan kecuali kiper. Kalau dalam sepakbola, restart ini berupa lemparan ke dalam. Kiper pun memiliki waktu 6 detik menguasai bola sebelum menggulirkan bola ke lapangan.

9. Kontak Fisik

Seringkali terjadi kontak fisik seperti menyenggol atau sliding tackle dalam permainan sepakbola. Aturan sepakbola memperbolehkan kontak fisik seperti ini.

Dilansir dari situs tafakur, dalam permainan futsal sendiri memeliki keunikan yaitu tidak boleh ada kontak fisik sama sekali selama pertandingan berlangsung.

10. Kartu Merah

Pemain sepakbola yang mendapat kartu merah langsung keluar lapangan dan timnya tak boleh menggantinya dengan pemain yang lain. Sedangkan dalam futsal, setelah pemain mendapat kartu merah, timnya masih boleh menggantinya dengan pemain lain setelah dua menit.

11. Wasit

Wasit sepakbola biasanya terdiri dari 3 orang. 1 wasit berada di dalam lapangan sementara 2 wasit yang menjaga garis berada di luar lapangan.

Dalam futsal wasit yang terdiri dari 3 orang dan semuanya berada di luar lapangan. Inilah yang menjadi salah satu perbedaan futsal dan sepak bola.

12. Jumlah Pemain Pengganti

Pergantian pemain dalam permainan sepakbola ada batasnya yakni maksimal 3 pemain pengganti. Dengan kata lain pergantian pemain maksimal 3 kali saja.

Berbeda dengan permainan futsal di mana jumlah pergantian pemain tak terbatas, jadi kapanpun bisa mengganti pemain.

13. Timeout dan Waktu Istirahat

Mengingat durasi pertandingan sepakbola cukup lama, waktu istirahatnya pun agak lama yakni sekitar 15 menit. Waktu istirahat ini berlangsung sebelum memasuki babak kedua. Jeda istirahat 15 menit tentu saja tidak masuk dalam hitungan durasi pertandingan 90 menit.

Dalam futsal, waktu istirahat pemain hanya sekitar 10 menit saja, di luar durasi pertandingan 40 menit. Di setiap babak dalam pertandingan futsal, masing-masing tim berhak mendapat 1 kali time out. Sedangkan dalam sepakbola tak ada istilah time out sama sekali.

14. Back Pass

Proses back pass antara pemain bola dan kiper tak ada batasan berapa kali. Sementara dalam futsal, maksimal pemain melakukan back pass ke kiper sebanyak 1 kali saja.

15. Offside

Aturan offside hanya ada di sepakbola. Momen ini terjadi saat posisi pemain penyerang melebihi pemain bertahan yang terakhir. Dalam futsal sama sekali tak ada aturan seperti ini.

16. Pencetakan Gol

Adanya offside dalam sepakbola cenderung mempersulit pemain dalam mencetak gol. Sebaliknya, futsal tak memiliki peraturan offside sehingga lebih mudah tercipta gol. Tak heran jika dalam futsal bisa terjadi gol dalam jumlah banyak.


Baca Juga: Sejarah Futsal


Akhir Kata

Beberapa perbedaan futsal dan sepak bola di atas telah kamu simak dengan baik. Meskipun sekilas kedua olahraga bola ini terlihat sama, nyatanya terdapat banyak perbedaan dari berbagai segi. Kamu harus menguasai keduanya jika memang ingin menjadi pemain profesional.

Kalau menurut kamu informasi ini bermanfaat, silahkan share artikel ini ke teman-teman kamu. Sekian, salam olahraga!

Dicky Efendi

Halo! Saya Dicky Efendi, founder dari Olahraganesia.id. Dengan blog ini, saya bisa berbagi banyak informasi dan hal bermanfaat mengenai dunia olahraga pada semua orang. Follow ig @dkyefendi

Leave a Reply