You are currently viewing Ukuran Lapangan Bulu Tangkis

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis

Olahraganesia.id – Bulu tangkis atau badminton merupakan jenis olahraga yang dimainkan oleh dua pemain tunggal atau dua pemain pasangan (ganda). Permainan ini membutuhkan shuttlecock dan raket dengan ukuran lapangan bulu tangkis yang sudah standar.

Lapangan bulu tangkis memiliki bentuk persegi panjang dan dilengkapi jaring atau net pada bagian tengahnya yang membagi lapangan menjadi dua bagian dengan ukuran yang sama.

Nah, ntuk mengetahui lebih jauh tentang lapangan bulu tangkis, silahkan ikuti penjelasan berikut ini.

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis sesuai Standar PBSI

Bulu tangkis merupakan salah satu jenis olahraga yang dipertandingkan dalam ajang kejuaraan nasional maupun internasional. Oleh karena itu diperlukan standar yang baku dalam penyelenggaraannya, termasuk di dalamnya ukuran lapangan yang telah ditetapkan.

Peraturan mengenai standar ukuran lapangan harus ditandai apakah untuk pertandingan tunggal atau ganda. Biasanya lapangan bulu tangkis untuk pertandingan ganda lebih lebar jika dibandingkan lapangan tunggal, meskipun keduanya memiliki ukuran panjang yang sama.

Berikut ini adalah standar ukuran lapangan bulu tangkis sesuai ketentuan PBSI (Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia):

Panjang lapangan bulu tangkis 13,40 meter
Lebar lapangan bulu tangkis 6,10 meter
Jarak garis servis depan dari garis net di tengah lapangan 1,98 meter
Jarak garis servis belakang (ganda) dari garis belakang lapangan badminton 0,76 meter
Jarak garis servis tengah dari garis samping lapangan badminton 3,05 meter
Jarak garis samping pertandingan tunggal dari garis tepi lapangan 0,46 meter
Tinggi net bulu tangkis 1,55 meter

Ukuran lapangan bulu tangkis tersebut sudah sesuai dengan standar nasional maupun internasional. Dengan demikian tidak ada perbedaan antara ukuran lapangan di Indonesia (PBSI) dengan ukuran lapangan yang berlaku di luar negeri (BWF). Karena keduanya memiliki ketentuan yang sama.

Sementara untuk permainan dengan usia pemain di bawah 9 tahun maka ukuran lapangan yang digunakan memiliki panjang 10.05 meter sementara lebarnya 4,40 meter.

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis untuk Pertandingan Partai Tunggal

Pada dasarnya perbedaan ukuran pada lapangan bulu tangkis disebabkan oleh kategori pertandingannya, apakah partai tunggal atau ganda.

Pada partai tunggal panjang dari area permainan menggunakan garis lapangan belakang di bagian luar. Sementara lebarnya menggunakan garis lapangan samping pada bagian dalam.

Panjang bidang dalam permainan bulu tangkis 13,40 meter
Lebar bidang dalam permainan bulu tangkis 5,18 meter
Panjang bidang untuk penerima servis 4,72 meter
Lebar bidang untuk penerima servis 2,59 meter

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis untuk Pertandingan Partai Ganda

Berbeda dari pertandingan partai tunggal, pada pertandingan partai ganda panjang area permainan menggunakan garis lapangan belakang pada bagian luar. Sementara untuk lebar area permainan menggunakan garis lapangan samping di bagian luar.

Panjang bidang permainan bulu tangkis 13,40 meter
Lebar bidang permainan bulu tangkis 6,10 meter
Panjang bidang untuk penerima servis 3,96 meter
Lebar bidang untuk penerima servis 3,05 meter

Net Bulu Tangkis

Net berfungsi sebagai pembatas dengan ukuran panjang 610 cm dan lebar 76 cm. Net terbuat dari tali berwarna hijau sementara bagian pita di atasnya berukuran 3,8 cm dengan warna putih.

Jenis Bahan Lantai untuk Lapangan Bulu Tangkis

Lantai untuk Lapangan Bulu Tangkis

Perlu diketahui bahwa dalam proses pembuatan lapangan bulu tangkis, pihak yang membangun lapangan harus memiliki lisensi dari BWF sehingga lapangan tersebut bisa digunakan untuk penyelenggaraan pertandingan resmi di bawah naungan BWF.

Untuk material yang digunakan terdiri dari beberapa jenis seperti berikut ini:

  • Interlock

Jenis material karpet yang digunakan adalah polypropylene dengan proses pemasangan dan perawatan yang cukup mudah. Karena jenis material ini memang mudah untuk dibongkar dan dipasang.

  • Vinyl

Jenis material karpet ini sangat cocok jika dipasang di lapangan bulu tangkis indoor. Selain mudah dipasang, material ini juga tidak licin sehingga pemain tidak mudah jatuh atau terpeleset saat bermain.

  • Flexi Pave

Material yang satu ini terbuat dari bahan sejenis akrilik yang dianggap lebih tahan terhadap cuaca panas maupun hujan. Tidak heran jika jenis material ini banyak digunakan untuk membangun lapangan outdoor.

  • Sintetis

Jenis material rumput sintetis ini bisa menjadi alternatif untuk lantai lapangan bulu tangkis. Hanya saja dalam mengaplikasikannya tidak disarankan terlalu panjang agar tidak menghambat langkah pemain.


Baca Juga: Teknik Dasar Bulu Tangkis


Regulasi Lapangan Bulu Tangkis Versi BWF

Regulasi Lapangan Bulu Tangkis Versi BWF

Setiap olahraga tentu memiliki aturan yang jelas terkait ukuran lapangan dan berbagai macam hal yang berhubungan dengan olahraga tersebut. Termasuk dalam hal ini regulasi dan aturan khusus  dari BWF yang harus dipenuhi oleh penyelenggara untuk melaksanakan pertandingan bulu tangkis.

Selain menetapkan ukuran lapangan bulu tangkis yang baku, berikut ini adalah beberapa regulasi dari BWF terkait gedung olahraga dan lapangan yang akan digunakan untuk pertandingan:

1. Bebas dari Pergerakan Angin

Untuk melaksanakan pertandingan bulu tangkis maka harus dipastikan gedung olahraga yang akan digunakan bebas dari pergerakan angin. Hal ini sangat penting agar laju shuttlecock tidak terganggu selama pertandingan.

Jika gedung tersebut menggunakan AC maka harus ada saluran udara untuk keluar masuknya angin sehingga tidak sampai ke arena pertandingan. Atau bisa juga langsung disetel dalam keadaan off.

2. Pengecekan Kecepatan Angin

Sebelum melaksanakan pertandingan maka perlu melakukan pengecekan kecepatan angin. Perlu diketahui bahwa kecepatan angin di atas lapangan bulu tangkis tidak boleh lebih dari 0,2 meter/detik.

Kondisi tersebut diukur pada saat lapangan dalam kondisi tanpa orang atau penonton.

3. Pengaturan Pencahayaan

Pengaturan pencahayaan juga penting dilakukan sebelum pertandingan dimulai. Dalam hal ini telah ditetapkan bahwa pencahayaan pada pertandingan grade 1 dan 2 minimal 1000 LUX yang menjangkau seluruh area lapangan.

4. Kursi Wasit yang Nyaman

Posisi kursi wasit minimal harus sama dengan tinggi net bulu tangkis dan berada di tengah agar bisa melihat jalannya pertandingan secara jelas dan maksimal. Kursi wasit harus nyaman. Jika sudah tersedia skor elektronik maka wasit bisa mengubah skor sesuai permainan.

5. Tinggi Kursi Wasit Servis

Tinggi kursi pada wasit servis ditetapkan sesuai standar dengan posisi diberikan jarak sekitar 1 meter dari net.

6. Posisi Wasit Garis

Posisi wasit garis pada pertandingan bulu tangkis berada tepat lurus dengan garis. Sementara untuk jarak wasit garis samping posisinya berada di belakang lapangan dengan jarak minimal 2 meter. Sedangkan wasit garis belakang jaraknya minimal 1,5 meter dari garis samping lapangan.


Baca Juga: Sejarah Permainan Bulu Tangkis


Akhir Kata

Bulu Tangkis merupakan olahraga yang sangat digemari dan menjadi salah satu cabang yang dipertandingkan di kejuaraan nasional maupun internasional. Untuk menyelenggarakan kejuaraan secara resmi di bawah naungan PBSI maupun BWF maka harus memenuhi ketentuan yang berlaku.

Salah satunya adalah ukuran lapangan bulu tangkis baik untuk partai tunggal maupun ganda. Ukuran tersebut sudah sesuai dengan ketetapan PBSI dan BWF yang berlaku. Selain itu penting juga untuk mematuhi regulasi BWF terkait dengan gedung olahraga dan beberapa aturan resmi di dalamnya.

Kalau menurut kamu informasi ini bermanfaat, silahkan share artikel ini ke teman-teman kamu. Sekian, salam olahraga!

Dicky Efendi

Halo! Saya Dicky Efendi, founder dari Olahraganesia.id. Dengan blog ini, saya bisa berbagi banyak informasi dan hal bermanfaat mengenai dunia olahraga pada semua orang. Follow ig @dkyefendi

Leave a Reply