You are currently viewing Merk Raket Badminton Terbaik

Merk Raket Badminton Terbaik

Olahraganesia.id – Selain kok, raket merupakan salah satu perlengkapan badminton yang sangat penting. Agar menghasilkan pukulan smash yang maksimal dan powerful maka dibutuhkan raket yang bagus. Kamu bisa memilih merk raket badminton yang terpercaya untuk mendukung aktivitas olahragamu tersebut.

Jika kamu adalah pemain badminton pemula, memilih raket dengan teknologi terbaru yang mahal tidak menjamin kamu untuk menang. Karena seringkali raket mahal tidak menghasilkan kecepatan yang selaras dengan gaya permainan kamu, sehingga fungsinya pun jadi kurang optimal.

Nah, berikut simak rekomendasi raket badminton terbaik beserta tips memilihnya.

Bagaimana Memilih Raket Badminton yang Bagus?

Jika kamu sedang mencari raket badminton, maka yang terbaik adalah yang paling cocok dengan gaya permainan serta spesifikasi raket itu sendiri.

Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah gaya permainan dan spesifikasi raket yang perlu diketahui.

Gaya Permainan Badminton

Gaya permainan badminton bisa dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu:

  • Gaya Permainan Offensive (Menyerang)

Untuk gaya permainan ini kamu bisa memilih jenis raket 3U atau 2U yang memiliki balance point antara 285-300 (head heavy) dengan fleksibilitas raket extra stiff atau stiff.

  • Gaya Permainan Defensif (Bertahan) dan Kontrol

Untuk gaya permainan ini kamu bisa memilih jenis raket 4U atau 3U yang memiliki balance point antara 270-285 (head light) dengan fleksibilitas raket medium atau fleksibel.

  • Gaya Permainan Offensive dan Defensive (Seimbang)

Untuk gaya permainan ini kamu bisa memilih jenis raket 3U yang memiliki balance point antara 275-285 (netral) dengan fleksibilitas medium flex.

Spesifikasi Raket Badminton

Raket badminton memiliki spesifikasi tertentu dan menjadi standar internasional. Berikut ini adalah beberapa spesifikasi raket badminton yang perlu diketahui.

  • Fleksibilitas raket, yaitu extra stiff atau kaku, stiff, medium, extra flexible serta flexible.
  • Berat raket, yaitu 2U dengan berat 90-94 gr, 3U dengan berat 85-89 gr, 4U dengan berat 80-84 gr.
  • Ukuran grip, yaitu G2 dengan ukuran 4”, G3 dengan ukuran 3,75”, G4 dengan ukuran 3,5” dan G5 dengan ukuran 3,35”.
  • Balance point, yaitu:
    • 270-280 (headlight defensive)
    • 275-285 (netral all around)
    • 289-295 (head heavy)
    • 295-300 (extra head heavy)
  • Bentuk raket, yaitu konvensional (oval biasa) dan isometrik oval yaitu oval dengan bagian atas yang mendatar.
  • Panjang raket, yaitu standar dengan ukuran 26” dan long dengan ukuran 26,5”.
  • Bahan utama raket, yaitu:
    • Alumunium
    • Modulus Graphite
    • Super Hi Modulus Graphite
    • Ultra Hi Modulus Graphite
    • Titanium Composite
    • Ultra Titanium
    • G Angkatan Ti
    • Nano Carbon
    • Woven Kevlar
    • Ultimum Ti

Baca Juga: Perlengkapan Bulu Tangkis


Rekomendasi Merk Raket Badminton Kualitas Terbaik

Jika kamu adalah pemain badminton dengan skill yang sudah mahir dan membutuhkan raket badminton dengan kualitas terbaik, berikut ini adalah rekomendasi merk raket yang bisa dijadikan pilihan:

1. Yonex

Yonex adalah merk raket ternama dan populer di dunia. Partner resmi BWF ini bermarkas di Tokyo, Jepang dan menyediakan beberapa varian raket di pasaran.

Diantaranya adalah Yonex Muscle Power, Yonex Nanoray 80, Yonex Arcsaber FB dan yang termahal Yonex Voltric Z Force.

2. Pro Ace

Merk raket badminton kelas menengah ini banyak digunakan di Indonesia. Meskipun tidak semahal Yonex namun dari segi kualitas tidak kalah dengan merk kelas dunia.

Produsen raket ini bermarkas di Inggris dan menyediakan varian raket yang cocok untuk pemula maupun pro.

3. Wilson

Produsen yang bermarkas di Chicago ini memproduksi alat-alat olahraga, termasuk raket badminton dengan kualitas terbaik. Merk ini tersedia dalam beberapa varian, salah satu yang terlaris adalah varian Wave BLX. Sementara untuk seri Zone X50 dijual dengan harga 20 USD.

4. Li Ning

Merk raket badminton selanjutnya yang bisa dipilih adalah Li Ning produksi China. Merk ini menyediakan varian raket yang berkualitas bagi para pemain bulu tangkis profesional maupun pemula. Peraih 8 emas Chen Long bahkan menggunakan raket merk ini untuk berkompetisi.


Baca Juga: Peraturan Permainan Bulu Tangkis


5. Adidas

Brand yang lahir di Jerman ini bukan hanya memproduksi sepatu dan kostum olahraga saja tetapi juga raket badminton.

Kualitas raket produksi Adidas tidak perlu diragukan lagi, sehingga tidak heran jika harganya pun cukup mahal. Raket ini banyak digunakan oleh pemain pro.

6. Karakal

Merk ini berasal dari Belgia dan telah dikenalkan sejak tahun 1978. Raket ini memiliki kualitas yang bagus dan telah dipasarkan di 40 negara di dunia. Brand ini termasuk dalam jajaran raket terbaik dan pernah memproduksi raket Karakal BN60 Ultralite untuk kompetisi dunia.

7. Ashaway

Kamu bisa mempertimbangkan merek ini jika ingin mendapatkan raket dengan kualitas standar Amerika. Merk raket ini adalah satu-satunya produsen raket string dengan kualitas terbaik yang ada di Amerika. Beberapa seri terbaiknya adalah Ashaway Viper XT 900, Ashaway Ti 130, dll.

8. Monsoon

Merk ini terkenal dengan powernya yang kuat untuk melancarkan pukulan atau smash. Brand ini cukup populer di Inggris dan menyediakan berbagai macam perlengkapan untuk badminton. Salah satu raket yang direkomendasikan untuk pemain pro adalah Monsoon 24/7 N4 Reaction.

9. Carlton

Merk raket badminton ini sudah dikenalkan sejak tahun 2009 dan menjadi salah satu produsen raket serta shuttlecock terkenal di dunia.

Merk ini menggunakan bahan stainless steel yang kuat namun tetap ringan. Harga raket yang ditawarkan mulai dari 4 hingga di atas 30 Euro.

10. Forza

Merk ini sudah cukup terkenal dan menjadi salah satu merk raket terbaik di pasaran, terutama di wilayah Inggris. Beberapa pemain top di Inggris bahkan menggunakan raket ini dalam ajang kompetisi dunia, seperti Sara Milne dan Chris Coles.

11. Yehlex

Merk raket badminton selanjutnya yang memiliki kualitas terbaik adalah Yehlex. Merk ini diambil dari nama keluarga Yeh yang memproduksi raket. Raket Yehlex ditawarkan dengan harga yang terjangkau dan mampu menghasilkan ayunan serta defensive yang bagus.

12. Victor

Merk ini mulai dikenalkan sejak tahun 1968 dan memproduksi berbagai macam perlengkapan olahraga, termasuk raket badminton. Raket ini rupanya pernah menjadikan Tantowi dan Liliyana sebagai brand ambassador ketika mereka berhasil memenangkan All England.

13. Fleet

Merk ini bisa kamu jadikan pilihan jika ingin mendapatkan raket berkualitas dengan harga terjangkau. Produsen raket ini bermarkas di Malaysia dan menjadi salah satu merk yang inovatif. Kamu bisa memilih varian terbaiknya seperti Fleet Top Power Ti30 dan Fleet Woven 8000.

14. Gosen

Jika kamu menyukai raket produksi Jepang, maka bisa memilih merk Gosen yang harganya di kisaran Rp 300.000. Salah satu varian raket Gosen yang cukup terkenal di Indonesia adalah Gosen Carbonal Chrome 55. Tipe raket ini cocok untuk gaya permainan menyerang.

15. Toalson

Merk Jepang lainnya yang tidak kalah bagus untuk dijadikan pilihan adalah Toalson dengan spesifikasi berat yang cukup ringan, terutama pada seri Ridge Power 87.

Raket ini dijual dengan kisaran harga Rp 400.000 dan terbuat dari bahan aluminium yang ringan.


Baca Juga: Ukuran Lapangan Bulu Tangkis


Akhir Kata

Pemilihan raket sebagai salah satu perlengkapan penting dalam permainan bulu tangkis memerlukan beberapa pertimbangan, mulai dari gaya permainan hingga spesifikasi dari raket itu sendiri.

Demikian juga dalam pemilihan merk raket badminton, kamu bisa mempertimbangkan kualitas dan harganya.

Kalau menurut kamu informasi ini bermanfaat, silahkan share artikel ini ke teman-teman kamu. Sekian, salam olahraga!

Dicky Efendi

Halo! Saya Dicky Efendi, founder dari Olahraganesia.id. Dengan blog ini, saya bisa berbagi banyak informasi dan hal bermanfaat mengenai dunia olahraga pada semua orang. Follow ig @dkyefendi

Leave a Reply