You are currently viewing Tinggi Net Bulu Tangkis 

Tinggi Net Bulu Tangkis 

Olahraganesia.id – Bulu tangkis atau yang disebut badminton adalah olahraga dari zaman dulu. Ada yang mengatakan bahwa bulu tangkis disebut dengan olahraga Poona. Selain itu bulu tangkis dimainkan dengan menggunakan raket, kok dan net. Tentu ada peraturan mengenai tinggi net bulu tangkis yang digunakan.

Berawal dari daerah yang bernama Poona, pada saat itu Poona adalah tempat pertama kali diadakannya kejuaraan bulu tangkis. Hingga saat ini bulu tangkis menjadi olahraga yang sering dimainkan khususnya area Asia Tenggara.

Ukuran Tinggi Net Bulu Tangkis

Ukuran Tinggi Net Bulu Tangkis

Adapun untuk tinggi net bulu tangkis juga sudah diatur berdasarkan peraturan Internasional. Tinggi net dalam permainan bulu tangkis sendiri adalah 155 cm untuk semua nomor. Sedangkan ukuran tengah net tingginya adalah 152 cm. Tinggi net yang letaknya di dekat tiang adalah 155 cm.

1. Panjang Net Badminton

Selain tinggi net permainan bulu tangkis, ada juga aturan mengenai panjang net bulu tangkis. Net terbuat dari tali berwarna hijau yang panjangnya sekitar 610 cm dan lebarnya adalah 76 cm. Net juga dilengkapi dengan atribut yaitu sebuah pita yang dipasang di sisi net.

Ukuran dari pita tersebut adalah 3,8 cm. Pita adalah sebuah atribut pelengkap yang harus ada saat membuat net. Biasanya pita tersebut menggunakan warna putih.

2. Tinggi tiang net bulu tangkis

Adapun untuk ukuran tinggi tiang net pada bulu tangkis adalah 1,524 meter. Besi adalah bahan yang digunakan untuk membuat tiang net karena besi adalah bahan kuat dan memiliki daya tahan bagus. Sedangkan untuk diameter dari tiang net adalah 3,8 cm.


Baca Juga: Pengertian Bulu Tangkis


Jenis Bahan Net Bulu Tangkis

Jenis Bahan Net Bulu Tangkis

Setelah mengetahui tinggi net bulu tangkis kamu juga harus mengetahui bagaimana cara membuat net. Ada banyak bahan yang bisa digunakan salah satunya adalah pipa paralon. Kamu hanya perlu menyiapkan paralon dengan ukuran 2 meter sebanyak 2 buah, paralon setengah meter sebanyak 4 biji.

Kemudian sambungkan paralon panjang dengan paralon pendek menggunakan sambungan T. Buat dua biji lalu sambungkan dengan paralon panjang 3.5 meter.


Baca Juga: Ukuran Lapangan Bulu Tangkis


Tujuan Adanya Net Bulu Tangkis

Teknik Netting

Banyak orang yang bertanya-tanya mengenai adanya net dalam olahraga bulu tangkis berfungsi untuk apa. Net pada olahraga bulu tangkis memiliki fungsi sebagai pembatas dari para pemain yang saling melawan. Net juga dijadikan sebagai patokan apakah seorang pemain berhasil mendapatkan poin.

Adanya net akan membantu juri bulu tangkis untuk menentukan siapa yang menang dan kalah dalam permainan. Apakah pemain tersebut berhasil mencetak angka atau tidak juga ditentukan oleh adanya net tersebut. Dalam bulu tangkis dikenal juga istilah pukulan netting.

Pukulan netting adalah sebuah pukulan yang dilakukan oleh pemain bulu tangkis di depan net. Biasanya kok jatuh berada di dekat net yang ada di daerah lawan. Merupakan sebuah pukulan pendek yang dilakukan pemain untuk mendapatkan angka. Bagaimana cara melakukannya? Ini dia caranya:

  1. Posisikan kaki kanan yang jaraknya dekat dengan net
  2. Kemudian tekuk kaki kanan kamu lalu kaki kiri diluruskan
  3. Raket dipegang dengan kondisi yang rileks
  4. Saat kok belum tersentuh kamu bisa membuat tarikan kecil
  5. Kamu bisa melakukan pukulan silang, lurus atau dorong ke arah belakang

Tujuan pemain bulu tangkis melakukan pukulan netting adalah untuk menyulitkan lawan agar tidak bisa mengembalikan kok. Hal ini dikarenakan biasanya kok akan jatuh di daerah lawan sehingga lawan sulit mengembalikan kok.


Baca Juga: Manfaat Bermain Bulu Tangkis


Akhir Kata

Tinggi net bulu tangkis sudah diatur apabila kamu ingin bermain badminton masa bisa membeli net sendiri. Atau agar lebih mudah kamu juga bisa menggunakan pipa paralon seperti penjelasan di atas.

Kalau menurut kamu informasi ini bermanfaat, silahkan share artikel ini ke teman-teman kamu. Sekian, salam olahraga!

Dicky Efendi

Halo! Saya Dicky Efendi, founder dari Olahraganesia.id. Dengan blog ini, saya bisa berbagi banyak informasi dan hal bermanfaat mengenai dunia olahraga pada semua orang. Follow ig @dkyefendi

Leave a Reply