You are currently viewing Peraturan Permainan Bulu Tangkis

Peraturan Permainan Bulu Tangkis

  • Post author:

Olahraganesia.id – Peraturan permainan bulu tangkis yang diterapkan saat ini merupakan peraturan standar internasional yang telah ditetapkan sebelumnya oleh induk organisasi bulu tangkis BWF dan juga oleh PBSI. Sesuai dengan fungsinya, peraturan tersebut harus ditaati seluruh pemain bulu tangkis dalam setiap pertandingan.

Jika kamu merupakan pemain bulu tangkis, maka bukan hanya membutuhkan skill permainan yang bagus saja tetapi juga harus memahami apa yang ada dalam peraturan permainan bulu tangkis.

Peraturan Tempat Bulu Tangkis serta Perlengkapannya

Peraturan Servis dalam Bulu Tangkis

Peraturan yang diterapkan dalam permainan bulu tangkis meliputi banyak hal, termasuk peraturan tentang tempat serta perlengkapan yang dibutuhkan dalam permainan tersebut. Berikut ini adalah penjelasannya.

1. Peraturan Lapangan Bulu Tangkis

Sesuai dengan standar internasional yang berlaku, lapangan bulu tangkis berbentuk persegi panjang dengan ukuran panjang 13,40 m dan lebar 6,10 m. Jarak antara garis servis hingga garis net adalah 1,98. Tebal garis lapangan adalah 3,8 cm dan menjadi batas out permainan.

2. Peraturan Tiang

Kedua tiang bulu tangkis memiliki ketinggian 155 cm dari permukaan lantai dan harus kuat untuk menopang jaring agar tetap tegak. Tiang ditempatkan pada garis batas samping lapangan sesuai aturan yang berlaku.

3. Peraturan Net Bulu Tangkis

Net atau jaring bulu tangkis terbuat dari jalinan tali dengan jarak 1,6-2.0 cm. Net dipasang dengan kuat dan memiliki lebar 76 cm, sementara bagian ujungnya harus berada di 152 cm dari permukaan lantai. Net dilengkapi tali dan pita putih pada tepinya dengan lebar 7,6 cm.

4. Peraturan Kok

Kok pada bulu tangkis mempunyai berat 4,8-5,67 gr dengan jumlah helai bulu angsa 14-16, bulu tersebut dilekatkan pada gabus dengan diameter 6,2-6,9 cm. Sedangkan diameter lingkaran bulu angsa tersebut dalah 5,5-6,3 cm.

5. Perlengkapan Bulu Tangkis

Perlengkapan bulu tangkis sangat dibutuhkan pemain bulu tangkis untuk melakukan permainan. Perlengkapan tersebut antara lain adalah:

Raket yang digunakan harus memenuhi standar dan biasanya terbuat dari komponen aluminium atau logam ringan lainnya. Saat ini banyak produk raket profesional yang terbuat dari bahan serat karbon dengan kekuatan yang bagus.

  • Senar Raket

Umumnya senar raket memiliki ketebalan 21 dan dijalin dengan tingkat keeratan antara 18 hingga 30+ lb.

  • Kok

Kok yang digunakan dalam pertandingan bulu tangkis sudah memiliki ukuran dan berat yang standar, sementara untuk keperluan latihan boleh saja menggunakan kok dari plastik.

  • Sepatu

Sepatu sangat berpengaruh pada pergerakan pemain saat bermain bulu tangkis. Sol karet sepatu harus kuat sementara bagian sisinya bertulang agar tahan lama terhadap goncangan.

Peraturan Permainan Bulu Tangkis Partai Tunggal

Peraturan Permainan Bulu Tangkis Partai Tunggal

Sesuai dengan ketentuan BWF, berikut ini adalah peraturan yang diterapkan dalam permainan bulu tangkis partai tunggal.

  • Pemain bulu tangkis melakukan servis atau menerima kok dari bidang servis kanan apabila nilai pelaku servis 0 atau angka genap seperti 2, 4, 6, dst.
  • Pemain bulu tangkis melakukan servis atau menerima kok dari bidang servis kiri apabila nilai pelaku servis ganjil 1, 3, 5, dst.
  • Bidang servis masing-masing pemain akan berubah setiap kali kedua pemain mencetak angka.

Peraturan Permainan Bulu Tangkis Partai Ganda

Peraturan Permainan Bulu Tangkis Partai Ganda

Sesuai dengan ketentuan BWF, berikut ini adalah peraturan yang diterapkan dalam permainan bulu tangkis partai ganda.

  • Mengenai pihak mana yang melakukan servis dulu, hal itu sudah ditetapkan sebelum pertandingan.
  • Pemain bulu tangkis di bidang servis kanan akan memulai pukulannya ke arah lawan yang posisinya berdiri di hadapannya secara diagonal.
  • Pemain bulu tangkis yang berada di sisi dalam dari bidang servis melakukan pukulan servis pertama.
  • Bola servis akan diterima oleh pemain yang berhadapan dengan pelaku servis yang berdiri secara diagonal.
  • Jika bola servis diterima oleh pemain yang tidak berdiri secara diagonal di hadapan pelaku servis maka tim pelaku servis akan mendapat satu angka.

Sistem Perhitungan Poin dalam Bulu Tangkis

Wasit Bulu Tangkis

Dalam pertandingan bulu tangkis partai tunggal maupun ganda, terdiri dari 3 kali 21 reli poin. Pemain bulu tangkis dinyatakan sebagai pemenang apabila berhasil memenangkan dua set pertandingan. Sementara set ketiga merupakan set penentuan, pemain yang memenangkan set adalah pemenang.

Jika kedua belah pihak memiliki poin yang sama yaitu 20 maka diperlukan selisih dua poin untuk menentukan siapa yang menjadi pemenangnya. Namun jika keduanya memiliki pon 29 maka tim yang pertama mencapai poin 30 menjadi pemenangnya.

Peraturan Servis dalam Bulu Tangkis

Peraturan Servis dalam Bulu Tangkis

Peraturan permainan bulu tangkis selanjutnya berhubungan dengan servis, yaitu pukulan pertama yang diarahkan ke lawan untuk memulai permainan dalam bulu tangkis. Servis ini dilakukan secara menyilang menyeberangi net dan dilakukan pemain dari sisi kanan atau kiri lapangan ke area lawan.

Area servis pada pertandingan partai tunggal dan ganda memiliki ketentuan yang berbeda. Apabila kok jatuh di luar area atau batas garis lapangan, maka kok tersebut dinyatakan out dan penerima servis mendapatkan poin.

Sementara posisi tempat servis di kanan atau kiri sudah ditentukan sebelum pertandingan dan disesuaikan jumlah poin yang telah dikumpulkan oleh pemain yang akan servis. Posisi kanan untuk jumlah poin genap, sementara posisi kiri untuk jumlah poin ganjil.

Jika jumlah poin masing-masing pemain adalah nol maka servis bisa dilakukan dari posisi kanan. Aturan servis lainnya yang perlu diperhatikan adalah seperti berikut:

  • Posisi kepala raket harus berada di bawah pegangannya ketika memukul kok.
  • Posisi kepala raket juga lebih tinggi atau berada di bawah pinggang.
  • Posisi kaki pemain harus berada di atas garis tengah lapangan atau di garis depan area permainan.
  • Kaki kiri statis atau tidak boleh melangkah sementara kaki kanan hanya boleh bergeser dan tidak boleh terangkat dari lantai.
  • Gerakan mengayunkan raket dan memukul kok dilakukan secara bersamaan.
  • Penerima servis boleh bergerak setelah lawan memukul bola.

Sistem Pindah Bola

Dalam permainan bulu tangkis dikenal juga istilah pindah bola, berikut ini adalah beberapa aturan yang perlu diperhatikan.

  • Sebelum pertandingan, pemain dari setiap pasangan merupakan orang pertama dan hal ini berlaku untuk setiap set dalam pertandingan.
  • Servis orang pertama ditentukan berdasarkan jumlah poin yang diperoleh, ganjil atau genap.
  • Masing-masing pemain dari setiap pasangan memiliki dua kali kesempatan servis sebelum pindah bola, kecuali servis pertama di awal pertandingan.
  • Servis pertama dilakukan pemain yang ada di sebelah kanan ketika akan pindah bola, bukan dilakukan oleh orang pertama.

Sistem Reli Poin

Selain sistem pindah bola, ada juga istilah sistem reli poin. Berikut ini adalah beberapa aturan yang perlu diperhatikan.

  • Tidak ada servis kedua, setiap pasangan dalam permainan ini hanya memiliki satu kesempatan untuk servis.
  • Pemain yang melakukan servis ditentukan oleh posisinya sesuai perolehan poin dari pasangan tersebut.
  • Servis tetap dilakukan oleh pemain yang sama hingga poin berikutnya diraih oleh pemain lawan.

Kesalahan Pemain Bulu Tangkis

Dalam permainan bulu tangkis, ada beberapa jenis kesalahan yang terkadang dilakukan oleh pemain seperti berikut ini.

  • Kok lebih tinggi dari pinggang pemain saat servis.
  • Kok jatuh ke bidang servis yang salah, yaitu tidak berhadapan secara diagonal.
  • Kaki pemain yang melakukan servis tidak berada di area servis.
  • Melakukan gerak tipuan sebelum atau ketika servis.
  • Kok jatuh di luar garis batas lapangan.
  • Pemain menyentuh jaring saat pertandingan sudah dimulai.
  • Kok menempel pada raket.
  • Sengaja menghalang-halangi lawan untuk memecah konsentrasinya.

Akhir Kata

Setiap jenis olahraga memiliki peraturan yang sudah standar dan harus ditaati dalam setiap pertandingan. Demikian juga dengan peraturan permainan bulu tangkis yang harus diketahui oleh para pemainnya. Jangan sampai ketidaktahuan akan peraturan tersebut merusak jalannya pertandingan.

Kalau menurut kamu informasi ini bermanfaat, silahkan share artikel ini ke teman-teman kamu. Sekian, salam olahraga!

Dicky Efendi

Halo! Saya Dicky Efendi, founder dari Olahraganesia.id. Dengan blog ini, saya bisa berbagi banyak informasi dan hal bermanfaat mengenai dunia olahraga pada semua orang. Follow ig @dkyefendi

Leave a Reply