Dicky Efendi "Rajinlah latihan agar kemampuan tetap terasah dan fisik tetap terjaga."

Manfaat Bermain Bulu Tangkis

2 min read

Olahraganesia.id – Coba perhatikan postur tubuh atlet bulu tangkis, umumnya mereka memiliki postur tubuh yang ideal dan terlihat bugar. Menurut pakar, postur tubuh yang elok itu didapatkan dari manfaat bermain bulu tangkis yang rutin mereka lakukan.

Olahraga yang terlihat sederhana ini ternyata menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan, seperti mencegah risiko obesitas, menyehatkan paru-paru, melatih konsentrasi dan masih banyak lagi.

Untuk lebih lengkapnya, simak uraian berikut sampai selesai.

Kenali 12 Manfaat Bermain Bulu Tangkis

Kenali 12 Manfaat Bermain Bulu Tangkis

Nah, berikut ini adalah manfaat dari bermain bulu tangkis bagi kesehatan tubuh:

1. Mencegah Risiko Penumpukan Lemak

Penumpukan lemak berlebih dapat memicu obesitas atau kelebihan berat badan. Saat bermain bulu tangkis, tubuh memproduksi kadar kolesterol baik dalam jumlah yang meningkat, dan menangkal kolesterol jahat. Dengan begitu, Anda lebih terjaga dari ancaman kolesterol jahat.

2. Menguatkan Otot Kaki

Bermain bulu tangkis mengharuskan pemainnya untuk bergerak kesana dan kemari, bahkan sesekali melompat. Gerakan kaki tersebut terbukti sebagai metode pembentukan kekuatan otot kaki yang cukup baik.

3. Menyehatkan Kondisi Paru-Paru

Kesehatan paru-paru akan meningkat selama permainan bulu tangkis. Bagaimana bisa? Saat bermain bulu tangkis, paru-paru bekerja lebih optimal, serta melancarkan sirkulasi darah ke seluruh anggota tubuh. Alhasil, kesehatan paru-paru menjadi meningkat.

4. Membentuk Kepadatan Tulang

Ternyata, bulu tangkis juga dapat berpengaruh pada pertumbuhan tulang. Semakin rutin Anda bermain bulu tangkis, maka tekanan pada tulang akan semakin berkurang. Dengan begitu, tubuh terangsang untuk membentuk kepadatan tulang.

5. Melatih Refleks dan Rasa Waspada

Selama bermain bulu tangkis, Anda pasti selalu dalam mode waspada dan fokus. Sering melakukan hal itu dapat melatih daya refleks pada diri Anda. Jika semakin terlatih, maka Anda dapat lebih mudah berkonsentrasi dibandingkan orang yang jarang bermain bulu tangkis.

Kelebihan lainnya adalah Anda dapat lebih mudah mengontrol emosi dan memusatkan pikiran untuk meredakan stres.

6. Mengatasi Stres

Seperti yang disinggung tadi, permainan bulu tangkis ampuh dalam mengurangi stres pikiran. Permainan olahraga membantu merangsang pembentukan hormon yang membuat Anda lebih tenang dan rileks.

7. Membentuk Mengeluarkan Racun dalam Tubuh

Tidak hanya itu saja, manfaat bermain bulu tangkis dapat membantu mengeluarkan partikel racun yang ada di dalam tubuh (detoksifikasi). Dengan berolahraga, maka produksi keringat akan meningkat. Sehingga racun yang dikeluarkan dapat maksimal.

8. Meningkatkan Tinggi Badan Alami

Gerakan berlari, melompat, menjatuhkan diri dan melangkah ke kanan-kiri ternyata dapat memperbaiki postur tubuh. Sebab, pergerakan tersebut membuat otot kaki mengencang dan mengendur.

Hasilnya, kekuatan kaki lebih terpacu. Pembentukan otot pada tubuh dapat merangsang pertumbuhan badan lebih baik. Inilah kenapa banyak yang bermain bulu tangkis untuk mendapatkan tinggi badan cepat dan alami.

9. Meningkatkan Kualitas Tidur

Berdasarkan penelitian American College of Sport Medicine, berbagai jenis olahraga terbukti ampuh dalam meningkatkan kualitas tidur. Namun jika terlalu sering berolahraga, tubuh akan mudah kelelahan.

10. Mengasah Strategi Pemecahan Masalah

Pemain bulu tangkis membutuhkan strategi tertentu untuk mengalahkan lawan. Selagi bermain, otak diasah untuk menyusun strategi dalam memecahkan masalah. Kemampuan koordinasi antara otak dengan tubuh ini meningkatkan fungsi otak.

11. Meningkatkan Fungsi Aerobik

Fungsi aerobic merupakan fungsi yang berkaitan dengan kognitif atau kecerdasan otak. Dalam bermain bulu tangkis, pemain dituntut untuk selalu fokus, waspada, serta melakukan koordinasi yang konstan antara otak dan tubuh.

12. Mencegah Risiko Penyakit Diabetes

Bermain bulu tangkis dikatakan dapat mencegah pembentukan gula darah berlebih. Produksi gula darah berada di rentang yang stabil selama bermain. Maka dari itu, pemain bulu tangkis cenderung lebih dijauhkan dari risiko penyakit diabetes mellitus.

Akhir Kata

Apalagi manfaat bermain bulu tangkis yang Anda ketahui selain manfaat di atas? Selain mengasah keterampilan bermain bulu tangkis, tubuh Anda juga tetap sehat. Tentunya jika Anda memiliki pola hidup yang baik.

Kalau menurut kamu informasi ini bermanfaat, silahkan share artikel ini ke teman-teman kamu. Sekian, salam olahraga!

Dicky Efendi "Rajinlah latihan agar kemampuan tetap terasah dan fisik tetap terjaga."

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *