Dicky Efendi "Rajinlah latihan agar kemampuan tetap terasah dan fisik tetap terjaga."

Teknik Pukulan Smash Bulu Tangkis

3 min read

Teknik Pukulan Smash Bulu Tangkis

Olahraganesia.id – Pukulan smash adalah salah satu teknik penting yang harus dikuasai oleh atlet bulu tangkis. Smash bulu tangkis menjadi teknik andalan yang umumnya digunakan oleh pemain untuk mencetak poin. Hal ini karena smash sangat efektif digunakan untuk membuat lawan menjadi tidak berkutik.

Cara melakukan Smash yakni dengan memukul shuttlecock secara cepat, keras, dan menukik. Tujuannya, yakni agar shuttlecock dapat jatuh sekeras-kerasnya ke wilayah bidang permainan lawan.

Apa Itu Smash pada Bulu Tangkis?

Teknik smash tidak hanya sekadar memukul (shuttlecock) ke wilayah  lawan saja. namun, kamu perlu melakukan smash dengan teknik yang benar supaya bisa menempatkan shuttlecock dengan efektif, sehingga angka bisa tercipta.

Smash termasuk jenis pukulan overhead atau di atas kepala yang dilakukan untuk melempar shuttlecock hingga menukik tajam ke wilayah lawan. Jika kamu memilih menggunakan teknik smash, artinya kamu berusaha untuk segera mengakhiri permainan dengan meraih poin.

Tujuan Melakukan Smash

Tujuan utama dari melakukan smash yakni untuk menyudahi permainan lawan. Smash mempunyai karakteristik yang keras dan laju shuttlecock yang sangat cepat. Agar dapat melakukan teknik ini, kamu perlu melatih otot tungkai, lengan, bahu, dan fleksibilitas dari pergelangan tangan.

Ada sejumlah unsur yang perlu diperhatikan agar dapat melakukan smash yang memukau. Unsur tersebut berupa kekuatan dan kecepatan lengan, kelenturan pergelangan tangan, serta ketepatan arah ayunan.

Dengan keterampilan smash yang tepat, kamu akan mampu menyerang  lawan dengan pukulan shuttlecock yang tajam. Oleh karena itu, penting sekali untuk memahami teknik smash secara lebih lanjut.

Macam-Macam Teknik Smash Bulu Tangkis

Teknik Smash Bulu Tangkis

Ada beberapa jenis pukulan smash yang bisa kamu pelajari. Beberapa jenis smash tersebut di antaranya sebagai berikut:

1. Smash Penuh

Smash penuh adalah teknik yang dilakukan dengan cara melancarkan pukulan menggunakan raket. Gerakannya dilakukan dengan tegak lurus, yakni antara daun raket dengan datangnya shuttlecock. Dengan begitu, maka pukulan tersebut bisa dimainkan dengan tenaga optimal.

Pada umumnya, smash penuh harus dilakukan sepanjang garis yang tertuju penuh pada badan lawan. Dengan merancang posisi yang tepat, maka kamu dapat menghasilkan smash yang kuat. Oleh karena itu, teknik yang satu ini harus bisa mematikan lawan.

2. Smash Cambukan

Smash cambukan dalam bulu tangkis merupakan teknik smash yang mengaktifkan sisi pergelangan tangan dengan cara dicambukkan. Teknik ini dapat melakukan penekanan, bahkan sampai ke sisi bawah.

Shuttlecock tidak akan begitu cepat melambung, namun sangat curam dan dalam mengarah ke wilayah lawan . Hal ini akan membuat lawan jadi tidak berdaya menanggapi serangan tersebut. Bisa dibilang, teknik pukulan smash ini yang paling sedikit dalam mengeluarkan tenaga jika dibanding dengan jenis pukulan smash lainnya.

Gerakan smash cambukan ini sangat tepat jika digunakan untuk gerakan mengelabui lawan. Tentunya, kamu membutuhkan koordinasi yang tepat dengan menambahkan gerakan jumping. Dengan begitu, maka hasilnya akan lebih memuaskan karena kamu berhasil mencetak poin.

3. Smash Potong

Smash potong merupakan jenis smash yang dilakukan dengan melancarkan pukulan saat impact antara ayunan raket dengan melambungnya shuttlecock. Teknik ini dilakukan dengan cara dipotong dengan kecepatan shuttlecock yang sedikit lambat, namun daya luncurnya tetap menukik tajam.

Dengan kata lain, smash potong merupakan suatu pukulan yang tidak terlalu kencang dan tidak membutuhkan tenaga maksimal. Namun, pukulan ini lebih terkendali dan strategis. Biasanya, teknik smash potong dilakukan dengan cara menyilang atau  ‘cross smash’.

4. Smash The Head Smash

Smash the head smash merupakan pukulan yang dilakukan pada posisi tertentu dan di momen tertentu yang strategis. Lawan bisa mengembalikan smash ini dengan pukulan lob ke backhand. Meskipun demikian, pengembalian servis juga bisa dimainkan ke arah kiri lapangan.

Smash yang satu ini memang menuntut adanya keseimbangan tubuh dan keterampilan gerak pergelangan tangan. Hal ini karena kamu harus mengitari atas kepala dan memukul shuttlecock di depan pundak kiri atau lebih ke kiri lagi.

Gerakan yang perlu diterapkan yaitu miringkan tubuh kamu ke kiri. Lalu, putarlah lengan ke atas untuk memukul shuttlecock agar melesat di sebelah kiri. Pastikan agar kekuatan pukulan cukup optimal agar shuttlecock dapat jatuh di area yang tepat.

5.  Backhand Smash

Pada dasarnya tidak semua teknik smash harus dimainkan dengan pukulan forehand. Namun, kamu juga bisa melakukan smash dengan cara backhand smash. Backhand smash merupakan teknik smash yang dimainkan dari sebelah kiri dan menitikberatkan pada kekuatan pergelangan tangan.

Backhand smash umumnya dimanfaatkan untuk menyambar shuttlecock yang melambung di sekitar net. Shuttlecock ini mudah dimatikan dengan hanya memakai kekuatan pergelangan tangan secara cepat. Selain itu, kamu tidak perlu memukul shuttlecock dengan kekuatan penuh.

Backhand smash cenderung membutuhkan keterampilan pergelangan tangan seperti halnya around the head smash. Agar memperoleh gambaran yang jelas mengenai teknik ini, kamu bisa menonton video permainan dari Taufik Hidayat yang sangat terkenal dengan pukulan backhand smash yang mematikan lawan.

Bahkan, pukulan smash yang dilancarkan oleh Taufik Hidayat digadang-gadang sebagai pukulan backhand smash yang terbaik sepanjang sejarah. Teknik yang satu ini sangat tepat digunakan untuk menyudahi permainan saat shuttlecock berada tanggung di atas net.

Cara Memperkuat Smash dalam Bulu Tangkis

Setelah mengetahui berbagai jenis smash dalam olahraga bulu tangkis, kamu juga perlu memahami tata cara melakukan smash. Beberapa langkah yang bisa kamu praktikkan di antaranya sebagai berikut:

  • Langkah pertama, berdirilah dengan tegak sambil memegang raket dan shuttlecock. Fokuskan pandangan ke arah shuttlecock yang posisinya dekat dengan kepala dan jangkauan raket.
  • Lalu, tariklah tangan yang memegang siku ke belakang sampai terangkat ke atas atau backswing. Adapun posisi tangan lainnya berada di dekat bahu dan berfungsi sebagai penyeimbang tubuh.
  • Saat shuttlecock tepat berada di jangkauan, maka lompatlah secara vertikal dan pukul balik memakai raket. Arahkan pukulan tersebut ke daerah lawan dengan cepat dan tajam.
  • Saat raket mengenai bola kaki secara tepat, maka luruskanlah untuk menambah kekuatan dalam memukulnya menggunakan tangan.
  • Selanjutnya, lakukan gerakan berkelanjutan dengan tubuh yang menyusul arah lengan tangan yang dipakai untuk memukul shuttlecock menggunakan raket.
  • Lakukan pukulan menggunakan teknik smash yang melambung dan menukik tajam ke wilayah lawan.
  • Lakukan gerakan backswing dengan maksimal agar kecepatan dan kekuatan smash berjalan maksimal.
  • Pastikan agar posisi shuttlecock saat dipukul tidak terlalu ke belakang sewaktu berada di atas kepala.
  • Maksimalkan kekuatan ayunan tangan agar shuttlecock yang dipukul dapat melewati net.
  • Usahakan agar smash tidak menghempaskan shuttlecock di luar area permainan lawan.

Akhir Kata

Dari paparan di atas, dapat disimpulkan bahwasanya teknik smash merupakan teknik yang cukup sulit, terutama bagi orang yang masih awam dalam melakukannya. Meskipun sulit,  kamu perlu menguasai teknik smash bulu tangkis agar lebih mudah dalam mencetak poin dari lawan dan memenangkan pertandingan.

Kalau menurut kamu informasi ini bermanfaat, silahkan share artikel ini ke teman-teman kamu. Sekian, salam olahraga!

Dicky Efendi "Rajinlah latihan agar kemampuan tetap terasah dan fisik tetap terjaga."

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *