You are currently viewing Teknik Dasar Bulu Tangkis

Teknik Dasar Bulu Tangkis

  • Post author:

Olahraganesia.id – Setiap jenis olahraga tentu memiliki teknik dasarnya masing-masing yang akan sangat berguna saat memainkan olahraga tersebut. Salah satunya adalah teknik dasar bulu tangkis yang wajib diketahui oleh para pemainnya.

Teknik dasar dalam permainan bulu tangkis ini sangat penting karena bisa berpengaruh pada jalannya permainan dan hasil permainan itu sendiri.

Dengan teknik dasar permainan yang tepat dan efektif maka peluang untuk memenangkan pertandingan semakin besar.

Yuk, simak teknik dasar permainan bulu tangkis secara lengkap, berikut ini.

Mengenal 10 Teknik Dasar dari Permainan Bulu Tangkis

Bulu tangkis merupakan salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan di skala nasional maupun internasional. Oleh karena itu, bagi pemain bulu tangkis sangat penting untuk mengetahui apa saja teknik dasarnya agar permainan semakin efektif dan tidak asal-asalan.

Lalu apa saja yang termasuk dalam teknik dasar olahraga bulu tangkis? Kamu bisa menyimak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

1. Teknik Memegang Raket

Teknik Memegang Raket

Teknik memegang raket (grip) merupakan teknik dasar yang sangat penting dalam permainan bulu tangkis, oleh karena itu teknik ini tidak boleh dilakukan sembarangan. Biasanya teknik memegang raket bulu tangkis mirip dengan posisi ketika berjabat tangan.

Dalam memegang raket ini maka posisi ibu jari dan jari harus menyesuaikan kenyamanan genggaman, tidak boleh terlalu kuat. Sementara posisi jari dan genggaman yang berbeda bisa mempengaruhi teknik dalam permainan tersebut.

Teknik memegang raket sendiri bisa dibedakan menjadi beberapa jenis seperti berikut ini:

  • American Grip

Teknik ini bisa dilakukan dengan cara memposisikan ibu jari dan telunjuk untuk saling menempel hingga membentuk huruf “O”. Teknik ini dianggap paling efektif untuk melakukan smash, namun kurang efektif untuk jenis pukulan backhand.

  • Backhand Grip

Teknik ini bisa dilakukan dengan cara memposisikan ibu jari pada bagian belakang tangkai raket dan melakukan penekanan seolah ibu jari yang berperan menjadi penyokong raket.

  • Forehand Grip

Teknik ini bisa dibilang kebalikan dari backhand grip karena yang seolah berperan sebagai penyokong raket adalah jari telunjuk, jari tengah, jari manis serta kelingking. Teknik ini sangat cocok untuk gerakan bulu tangkis yang lincah.

  • Combination Grip

Teknik ini mengkombinasikan berbagai jenis teknik memegang raket. Kamu bisa melakukannya dengan cara menggenggam tangkai raket seperti biasa kemudian memposisikan arah jari telunjuk ke ujung raket.

Sementara pada bagian ibu jari menyokong tangkai raket tersebut dan jari lainnya berada di bagian bawah tangkai raket.

2. Posisi atau Sikap Tubuh

Posisi atau Sikap Tubuh

Teknik dasar bulu tangkis selanjutnya yang tidak kalah penting adalah posisi atau sikap tubuh (stance). Dengan posisi tubuh yang benar maka akan membuat permainan semakin efektif, baik ketika harus menyerang, bertahan, maupun melawan.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa posisi tubuh yang diperlukan dalam permainan bulu tangkis:

  • Posisi atau Sikap Menyerang (Attacking Stance)

Kamu bisa melakukan sikap ini dengan cara menggerakan tubuh ke dekat garis lapangan atau di area serang dan mulai melebarkan kuda-kuda kaki. Selanjutnya angkat kedua lengan untuk menyiapkan kekuatan serta daya pukul yang terbaik.

  • Posisi atau Sikap Bertahan (Defensive Stance)

Posisi bertahan bisa kamu lakukan dengan cara mengarahkan tubuh menghadap net dan kemudian memposisikan raket di depan perut atau pinggang.

  • Posisi atau Sikap Melawan (Net Stance)

Posisi ini biasanya dilakukan jika lawan terlihat akan melakukan netting, jadi kamu bisa mengantisipasinya dengan memposisikan tubuh berada di dekat net.

Sementara posisi raket berada di depan tubuh dan tubuh agak dimajukan sedikit agar lebih siap untuk melompat ke depan.

3. Teknik Dasar Bulu Tangkis Gerakan Kaki

Teknik Dasar Bulu Tangkis Gerakan Kaki

Gerakan kaki atau footwork juga sangat penting untuk mendukung performa di lapangan. Agar gerakan kaki optimal, kamu bisa melakukan beberapa cara seperti berikut ini:

  • Pertama kamu harus memastikan starting point atau base kamu.
  • Kedua jika perlu mundur lakukan maksimal tiga langkah saja.
  • Lakukan gerakan ke kiri atau ke kanan maksimal satu langkah jika diperlukan.
  • Jika harus maju maka maksimal hanya boleh maju tiga langkah.

4. Teknik Servis

Teknik Servis

Teknik ini sangat penting karena menjadi penanda bahwa permainan bulu tangkis telah dimulai. Setidaknya ada dua jenis servis (serve) yang bisa kamu lakukan seperti berikut ini:

  • Servis Atas (high serve)

Teknik servis ini dilakukan dengan cara memukul kok yang posisi raketnya berada di atas bahu atau kepala. Dengan cara ini maka arah laju kok akan cenderung horizontal.

  • Servis Bawah (low serve)

Teknik servis ini dilakukan dengan cara memukul kok yang posisi raketnya berada di bawah bahu atau dada. Dengan cara ini maka arah laju kok akan cenderung melambung di udara.

5. Teknik Pukulan Menyerang

Teknik Pukulan Menyerang

Teknik pukulan menyerang (smash) merupakan teknik dasar bulu tangkis yang dilakukan dengan cara melakukan serangan kok terkuat ke area target atau tubuh lawan. Ada tiga tipe smash yang bisa kamu lakukan saat bermain bulu tangkis, yaitu:

  • Forehand Smash

Jenis teknik smash ini merupakan teknik pukulan kok yang kuat di atas kepala.

  • Backhand Smash

Jenis pukulan ini merupakan salah satu teknik yang paling sulit untuk dilakukan, bahkan bagi para pemain profesional sekalipun. Teknik ini dilakukan dengan cara genggaman backhand grip kemudian melepaskan pukulan smash yang kuat.

  • Jumping Smash

Pada dasarnya teknik ini masih merupakan forehand smash, hanya saja dikombinasikan dengan lompatan.

6. Teknik Drop Shot

Teknik Drop Shot

Teknik dasar dalam permainan bulu tangkis ini bisa kamu lakukan dengan cara memukul kok ke arah tengah atau depan lawan, baik secara standar maupun cepat.

Tujuannya adalah agar lawan bergerak ke depan dan kamu mudah untuk menyerang di area tengah atau belakang.


Baca Juga: Ukuran Lapangan Bulu Tangkis


7. Teknik Clear (Lob)

Teknik Clear (Lob)

Teknik ini merupakan kebalikan dari teknik drop shot dan dilakukan agar lawan bergerak mundur ke belakang. Jika melakukan teknik ini maka kamu harus sudah menargetkan area belakangnya terlebih dahulu sebelum menyerang di area tengah atau depan.

8. Teknik Netting

Teknik Netting

Teknik ini memang cukup sulit untuk dilakukan karena membutuhkan kecepatan, kecermatan dan intuisi yang tepat, sementara kekuatan yang diperlukan justru kecil. Kamu bisa melakukan teknik ini dengan cara berada di dekat net dan memantulkan kok secara tepat di atas net.

Dengan cara tersebut maka kok akan jatuh di dekat net area lawan sehingga kamu pun berpeluang untuk mendapatkan poin.

9. Teknik Overhead

Teknik Overhead

Teknik dasar bulu tangkis selanjutnya adalah teknik overhead. Teknik ini hampir sama seperti pada forehand smash atau smash atas. Perbedaannya terletak pada kekuatan dan daya pukulnya saja yang tidak terlalu membutuhkan kekuatan.

10. Teknik Drive

Teknik Drive

Teknik terakhir yang tidak kalah penting untuk dilakukan adalah teknik drive. Teknik ini biasanya dilakukan pada permainan partai ganda dengan cara memukul kok yang agak mendatar dan cepat.

Teknik ini bertujuan untuk memojokkan lawan agar tetap berada di posisi bertahan sehingga tidak ada peluang untuk mengangkat raketnya.


Baca Juga: Sejarah Permainan Bulu Tangkis


Akhir Kata

Untuk bisa melakukan permainan bulu tangkis yang bagus maka diperlukan teknik dasar yang tepat dan efektif. 10 teknik dasar bulu tangkis yang telah dibahas tersebut bisa kamu terapkan dalam permainan, agar performa di lapangan semakin maksimal dan peluang kemenangan semakin besar.

Kalau menurut kamu informasi ini bermanfaat, silahkan share artikel ini ke teman-teman kamu. Sekian, salam olahraga!

Dicky Efendi

Halo! Saya Dicky Efendi, founder dari Olahraganesia.id. Dengan blog ini, saya bisa berbagi banyak informasi dan hal bermanfaat mengenai dunia olahraga pada semua orang. Follow ig @dkyefendi

Leave a Reply