You are currently viewing Ukuran Lapangan Bola Basket

Ukuran Lapangan Bola Basket

Olahraganesia.id – Bola basket merupakan salah satu cabang olahraga bola besar yang banyak digemari masyarakat, baik di Indonesia maupun luar negeri. Dalam permainannya, ada standar ukuran lapangan basket yang diberlakukan baik secara internasional maupun nasional.

Dalam permainan bola basket sendiri melibatkan 2 tim yang setiap timnya terdiri dari 5 orang pemain dan 5 orang pemain cadangan.

Nah, untuk mengetahui ukuran lapangan dari bola basket yang benar, kamu bisa menyimak ulasan berikut ini.

Ukuran Lapangan Basket dan Ketentuannya

Ukuran Lapangan Basket dan Ketentuannya

Setelah memahami mengenai sejarah bola basket, kamu juga harus tahu aturan dalam permainan basket. Salah satu poin penting dalam olahraga satu ini yaitu ukuran lapangannya yang harus sesuai dengan standar yang diberlakukan.

1. Ukuran Lapangan Basket Internasional dan Nasional

Ukuran lapangan bola basket dunia (FIBA) dan nasional (PERBASI) memiliki perbedaan dari segi panjang dan lebar. Nah, biar kamu makin paham dengan ukuran lapangan basket yang sesuai standar nasional dan internasional, berikut ini penjelasannya.

  • Ukuran lapangan bola basket internasional (FIBA) = 26 m x 14 m
  • Ukuran lapangan bola basket nasional (PERBASI) = 28 m x 15 m

2. Ketentuan dan Aturan Ukuran Lapangan Bola Basket

Selain ukuran standar, ada beberapa aturan dan ketentuan yang diberlakukan untuk lapangan bola basket antara lain sebagai berikut.

  • Lingkaran dalam yang terdiri dari 3 buah lingkaran dengan panjang yang sama baik ukuran lapangan standar internasional maupun nasional yaitu jari-jari 1,8 meter.
  • Garis tengah dengan ukuran panjang x lebar yaitu 1,8 m x 0,05 m, panjang garis akhir wilayah serang yaitu 6 m, dan garis tembakan hukuman yaitu 3,60 m.
  • Untuk mendapatkan skor atau poin dapat dilakukan di 2 lokasi yaitu lokasi untuk two points dan three points.

3. Papan Pantul Bola Basket

Papan pantul pada permainan bola basket juga memiliki ukuran standar yang diberlakukan antara lain sebagai berikut ini.

  • Ukuran papan pantul bola basket yaitu bagian luar sebesar 1,8 m x 1,2 m dan bagian dalam sebesar 0,59 m x 0,45 m.
  • Jarak antara lantai sampai ke papan pantul bawah yaitu 2,75 meter dan jarak antara papan pantul bawah ke ring basket yaitu 0,3 meter.
  • Diameter ring bola basket berukuran 0,40 meter.
  • Tiang penyangga ring hingga garis akhir berjarak 1 meter.

4. Tempat Pemain Cadangan

Untuk tempat atau posisi pemain cadangan bola basket berada pada jarak 2 meter dari lapangan atau 5 meter dari garis tengah. Pemain cadangan bola basket sendiri berjumlah 5 orang.

5. Tinggi Ring Basket

Ring bola basket memiliki ukuran tinggi 3.050 mm atau 3,05 meter dari permukaan tanah atau lantai yang dihitung dari tinggi bagian atas ring. Semua ring yang digunakan dalam permainan basket pada umumnya berukuran sama atau bisa juga disesuaikan dengan kondisi yang dibutuhkan.

Menurut peraturan resmi dari FIBA sebagai induk organisasi bola basket dunia, lapangan yang digunakan harus memiliki dua backstop unit yang mencakup papan, tiang, keranjang, dan jaring di kedua sisi lapangan.


Baca Juga: Teknik Dasar Bola Basket


Ukuran Lapangan Basket Mini

Ukuran Lapangan Basket Mini

Selain ukuran lapangan bola basket standar nasional dan internasional, ada juga ukuran lapangan bola basket mini yang diperuntukkan bagi siswa SD dan SMP. Ukuran lapangan ini memang sengaja dimodifikasi sesuai dengan kemampuan dan tenaga siswa SD dan SMP.

  • Ukuran lapangan = 18 m x 9 m
  • Ukuran papan pantul = 1,8 m x 1,05 m
  • Tinggi ring = 2,8 m
  • Diameter ring = 0,4 m
  • Jumlah pemain = 4 orang per tim
  • Durasi/waktu pertandingan = 2 x 10 menit

Untuk penghitungan poin yaitu 1 poin untuk gol yang dimasukkan dari one zone point dan 2 poin untuk gol yang dimasukkan dari two zone point. Free throw hanya 1 kali dengan 1 pemain penjaga di setiap timnya.


Baca Juga: Macam Macam Shooting Dalam Basket


Akhir Kata

Ukuran lapangan bola basket sejatinya sudah di atur oleh induk organisasi bola basket, yang mana sudah disesuaikan dengan kebutuhan dan usia pemainnya sehingga lebih fleksibel.

Dengan mengetahui ukuran lapangan basket sesuai standar internasional dan nasional, maka nantinya bisa dijadikan sebagai patokan dalam permainan bola basket.

Kalau menurut kamu informasi ini bermanfaat, silahkan share artikel ini ke teman-teman kamu. Sekian, salam olahraga!

Dicky Efendi

Halo! Saya Dicky Efendi, founder dari Olahraganesia.id. Dengan blog ini, saya bisa berbagi banyak informasi dan hal bermanfaat mengenai dunia olahraga pada semua orang. Follow ig @dkyefendi

Leave a Reply