You are currently viewing Shooting Bola Basket

Shooting Bola Basket

Olahraganesia.id – Shooting bola basket merupakan salah satu dari teknik dasar basket yang harus dikuasai oleh semua pemain. Tanpa menguasai teknik ini maka seseorang tidak akan bisa mencetak angka sehingga tim bisa memenangkan pertandingan dengan lebih mudah dan juga cepat.

Itulah kenapa teknik tembakan atau memasukkan bola ke dalam ring lawan sangat penting. Apalagi pertandingan di lapangan berjalan sangat sengit. Butuh konsentrasi tinggi agar bisa menembakkan bola secara presisi dan berhasil mencetak skor.

Untuk lebih lengkapnya, simak di bawah ini.

Pengertian Shooting Bola Basket

Pengertian Shooting Bola Basket

Shooting bola basket merupakan salah satu gerakan yang dilakukan untuk memasukkan bola kedalam ring yang dimiliki oleh lawan. Ketika memasukkan bola ke sana maka seseorang akan mendapatkan skor dengan jumlah yang berbeda-beda. Bisa mendapatkan skor dua atau tiga.

Selain itu seseorang juga bisa mendapatkan skor 1 apabila melakukan tembakan bebas akibat kesalahan yang dilakukan oleh lawan.

Teknik ini sangat penting untuk dilakukan karena bisa menentukan apakah suatu permainan berjalan dengan baik atau tidak. Bahkan dengan menguasai teknik tembakan ini skor yang didapatkan oleh seseorang dan timnya bisa bergerak dengan lebih cepat lalu memenangkan pertandingan.

Itulah kenapa teknik tembakan ini sangat penting dan juga menentukan apakah seseorang bisa memenangkan pertandingan atau tidak. Selain itu teknik yang baik akan memudahkan proses memasukkan bola secara presisi sehingga menghindari adanya bola memantul lalu direbut lawan.

Tembakan Ini adalah satu-satunya cara untuk mendapatkan skor. Itulah kenapa semua orang khususnya pemain basket profesional harus menguasai teknik tembakan agar mereka tidak hanya melakukan dribble bola di dalam lapangan tanpa mencetak skor sedikitpun.

Tujuan Melakukan Shooting di Basket

Shooting bola basket memiliki beberapa tujuan, berikut beberapa tujuan selengkapnya.

1. Mencetak Skor

Salah satu tujuan untuk melakukan tembakan adalah mencetak skor. Artinya dengan melakukan tembakan ke ring lawan, anggota tim akan memenangkan pertandingan. Karena skor yang didapatkan akan terus bertambah dari waktu ke waktu.

Karena mau bagaimanapun posisi dari ring basket berada di atas dan lebih tinggi dari semua pemain yang ada di bawahnya. Jadi mau tidak mau harus melakukan lemparan ke atas apabila ingin mencetak skor atau membuat tembakan.

2. Mengamankan Bola

Alasan kedua mengapa seseorang melakukan tembakan atau shooting bola basket adalah untuk mengamankan bola yang sedang ia pegang. Biasanya kondisi ini terjadi apabila orang pemain dikepung oleh lawan sehingga tidak bisa bergerak dengan cukup mudah dan efisien.

Daripada mengalami masalah maka bola langsung dibuang ke arah yang lain dan diterima oleh tim yang masih di dalam satu lapangan. Dengan melakukan ini maka bola tidak akan direbut oleh musuh dan masih bisa melakukan tembakan ke ring dan mencetak skor.

Jadi tembakan ini tidak harus berhubungan dengan mencetak skor saja. Pakan untuk posisi bertahan pun juga bisa dilakukan dengan sangat sempurna.

3. Memberi Kesempatan pada Tim

Hal terakhir yang bisa dilakukan dengan melakukan tembakan ini adalah memberikan kesempatan kepada tim untuk melakukan serangan lanjutan. Katakanlah seseorang melakukan tembakan ke ring lalu tidak memasukkan.

Bola otomatis akan memantul selalu bisa direbut lagi oleh kawan untuk melakukan tembakan hingga berkali-kali. Tetapi memang disarankan untuk melakukan tembakan yang presisi sehingga satu tembakan bisa langsung masuk.

Macam-Macam Teknik Shooting Pada Permainan Bola Basket

Ada banyak sekali teknik shooting pada permainan bola basket yang bisa dilakukan oleh semua. Berikut beberapa teknik selengkapnya.

1. Lemparan Bebas (Free Throw)

Lemparan Bebas (Free Throw)

Pertama adalah tembakan bebas yang biasanya diberikan kepada tim yang dilanggar atau dirugikan. Sebagai hukuman untuk tim yang melakukan kesalahan maka tembakan bebas akan diberikan.

Tembakan ini biasanya bernilai 1 poin untuk satu kali lemparan. Jadi apabila ada dua lemparan maka seseorang bisa mendapatkan 2 poin dengan lebih mudah karena bisa melakukan tembakan dengan metode apapun.

2. Tembakan Satu Tangan (One-Hand Set Shot)

Tembakan Satu Tangan (One-Hand Set Shot)

Tembakan satu tangan bisa dilakukan dengan menggerakkan bola menggunakan 1 tangan lalu melompat dan melempar secara bersamaan. Lemparan ini harus diposisikan pada ring basket agar lebih presisi.

Tembakan ini biasanya dilakukan dalam kondisi yang tidak stabil seperti banyak dikelilingi musuh. Selanjutnya bisa juga melakukan tembakan ketika kondisi sedang sepi sehingga satu tangan pun akan mudah memposisikan bola ke keranjang.

3. Tembakan Mengait (Hook Shot)

Tembakan Mengait (Hook Shot)

Tembakan mengait ini dilakukan dengan mengarahkan bola dari bawah menuju ke atas dengan sistem mengayun. Dengan cara ini bola bisa langsung diposisikan pada bagian mulut dari ring basket.

Tembakan dengan mengalir ini akan memudahkan proses memasukkan bola. Tapi jika ingin melakukan ini diharapkan seseorang memiliki tinggi badan yang cukup mumpuni dan kemampuan melompat yang sangat tinggi.  Jika tidak akan sulit bola untuk masuk.

4. Tembakan Sambil Melompat (Jump Shot)

Jump Shot

Tembakan ini dilakukan dengan cara melompat lebih dahulu baru memasukkan bola dengan teknik apapun. Biasanya untuk memasukkan bola seseorang akan menggunakan dua tangan agar lebih stabil.

5. Lay Up Bola Basket

Lay Up

Cara ini dipakai dengan cara mengumpankan bola ke atas lalu seseorang akan mengambilnya lalu melompat dan memasukkan bola. Teknik ini bisa dilakukan oleh dua orang agar memudahkan proses memasukkan bola ke ring lawan.

6. Runner (Lay Up yang Diperpanjang)

Selanjutnya proses Runner ini dilakukan seperti layaknya lay-up tetapi orang yang menerima harus berlari terlebih dahulu. Jadi mereka akan manfaatkan kesempatan ini untuk memasukkan bola dengan cepat.

7. Slam Dunk

Slam Dunk

Slam dunk dilakukan dengan cara melompat lalu memasukkan bola dengan dua tangan ke posisi dari ring basket. Teknik ini banyak digunakan karena sangat powerfull sehingga sulit untuk dicapai oleh tim lawan.

Tembakan 2 Angka dan Tembakan 3 Angka

Tembakan dua angka dan tiga angka biasanya dilakukan dengan menggunakan teknik tertentu. Tetapi secara umum bisa disesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki oleh masing-masing pemain basket.

1. Tembakan Dua Angka

Tembakan 2 angka bisa menggunakan teknik apapun sesuai dengan kemampuan. Karena posisi menembak ke arah dari ring basket tidak terlalu jauh maka teknik apapun asalkan dilakukan secara presisi bisa masuk dengan sempurna.

2. Tembakan Tiga Angka

Sementara itu untuk tembakan tiga angka biasanya berada di luar garis setengah lingkaran. Jadi untuk melakukan tembakan seseorang harus melakukan proses lompatan lalu bola dilambungkan ke atas agar bisa masuk secara presisi.


Baca Juga: Pola Penyerangan Bola Basket


Faktor yang Mempengaruhi Shooting

Ada banyak sekali faktor yang bisa mempengaruhi teknik shooting bola basket atau tembakan yang dimiliki oleh seseorang. Berikut beberapa jenis faktor yang harus dikuasai oleh seseorang.

1. Sikap

Sudah menjadi rahasia umum apabila seseorang ingin melakukan tembakan mereka selalu memilih posisi di depan ring secara langsung. Apabila mereka berada di bagian samping maka proses pembakaran tidak akan bisa berjalan dengan lancar dan akan sering melakukan kesalahan.

Itulah kenapa biasanya seseorang yang ingin melakukan tembakan memilih sikap berada di depan ring meskipun mendapatkan serangan dari lawan. Salah satu cara yang dilakukan adalah melakukan tembakan dengan sangat cepat sehingga akan mudah masuk ke dalam ring dan mencetak skor.

Apabila terpaksa menggunakan posisi samping maka mereka harus memposisikan bola agar bisa masuk dengan lebih mudah. Biasanya bola akan diposisikan pada area tertentu di dalam ring sehingga pantulan nya bisa membantu objek tersebut untuk masuk kedalam ring dengan lebih mudah.

2. Jarak

Jarak yang dimiliki seseorang ketika memasukkan bola juga akan menjadi pertimbangan terkait dengan mudah atau tidaknya membuat suatu shooting. Apabila seseorang memiliki jarak yang tidak terlalu jauh ke ring dari basket yang dimiliki oleh lawan maka kemungkinan untuk melakukan tembakan yang presisi yang tinggi.

Berbeda apabila seseorang berada sedikit lebih jauh dari area yang dimiliki oleh lawan sehingga proses tembakan akan sedikit mengalami masalah. Biasanya jika tidak bisa melakukan tembakan secara presisi bola akan memantul sehingga akan diperebutkan lagi oleh tim lawan.

Itulah kenapa sebelum melakukan tembakan seseorang harus menerka terlebih dahulu kemampuan yang dimiliki oleh lawan. Meski menembak dari posisi yang jauh bisa mendapatkan tiga angka. Tetapi menembak dari dekat dan mendapat dua angka lebih baik apabila bisa dilakukan secara presisi dan berkali-kali.

3. Ulangan Tembakan

Maksud dari ulangan tembakan adalah kesempatan bagi seseorang untuk melakukan tembakan ke ring lawan. Semakin sedikit kesempatan untuk melakukan tembakan maka kesulitan untuk memasukkan bola dan mencetak skor akan semakin besar.

Kesulitan penembakan ini biasanya terjadi apabila banyak sekali musuh yang menghalangi seseorang untuk melakukan tembakan. Jadi kesempatan ini akan semakin kecil sehingga untuk melakukan tembakan secara presisi akan semakin menipis.

Meski demikian bukan berarti tembakan ulangan yang semakin sedikit tidak bisa dimanfaatkan dengan baik. Semakin profesional seseorang maka kesempatan untuk membuat tembakan akan semakin tinggi bahkan jika kesempatan untuk melakukan ulangan itu hanya sedikit atau tidak ada sama sekali.

4. Mobilitas

Melakukan tembakan ke ring lawan bukan pekerjaan yang mudah. Apalagi dilakukan dengan memutar dan bergerak dengan kecepatan yang tinggi. Peluang untuk mencetak skor akan semakin kecil sehingga seseorang harus melakukan tembakan dengan sangat presisi.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghindari tembakan yang kurang tepat adalah dengan membuat sikap berhenti. Seseorang bisa berhenti selama beberapa detik lalu membuat posisi menembak dengan sempurna agar bola bisa mencetak skor dengan baik.

Sayangnya apabila seseorang berhenti selama beberapa detik akan mudah tim lawan untuk melakukan gerakan mengambil. Itulah kenapa posisi berhenti hanya bisa dilakukan apabila jauh dari tim lawan atau tidak mendapatkan penjagaan yang ketat.

5. Situasi dan Suasana

Kondisi yang dimiliki oleh pemain juga akan menentukan bagaimana ketepatan mereka untuk melakukan tembakan. Apabila mereka memiliki kondisi yang baik dan belum mengalami kelelahan maka tingkat presisinya akan semakin tinggi.

Jika yang terjadi adalah sebaliknya, bahkan kondisi yang dimiliki oleh seseorang juga buruk secara emosional. Kemampuan untuk melakukan tembakan akan sangat kecil. Apalagi kondisinya sangat ramai dan tidak kondusif.


Baca Juga: Ukuran Lapangan Bola Basket


Akhir Kata

Teknik shooting bola basket harus dikuasai oleh semua orang khususnya yang bertindak sebagai penyerang. Tanpa menguasai teknik ini maka permainan tidak bisa berjalan dengan lancar. Bahkan tim akan kesulitan untuk mencetak angka dan memenangkan pertandingan.

Ada banyak sekali teknik dalam melakukan shooting atau tembakan. Yang sudah dibahas di atas beberapa teknik memang bisa dilakukan dengan mudah dan ada juga beberapa teknik yang sulit dilakukan karena membutuhkan kemampuan yang cukup tinggi.

Apalagi ketika melakukan tembakan ada banyak sekali faktor yang harus dipenuhi. Apabila tidak terpenuhi dengan baik maka tembakan tidak akan bisa berjalan dengan baik. Kuncinya adalah dengan terus berlatih melakukan pertandingan berkali-kali agar terbiasa dan menguasai teknik ini dengan baik.

Kalau menurut kamu informasi ini bermanfaat, silahkan share artikel ini ke teman-teman kamu. Sekian, salam olahraga.

Dicky Efendi

Halo! Saya Dicky Efendi, founder dari Olahraganesia.id. Dengan blog ini, saya bisa berbagi banyak informasi dan hal bermanfaat mengenai dunia olahraga pada semua orang. Follow ig @dkyefendi

Leave a Reply