You are currently viewing Gaya Renang Samping

Gaya Renang Samping

Olahraganesia.id  – Renang adalah salah satu olahraga yang paling sulit karena harus bergerak dalam air dan harus paham dengan macam macam gaya dalam berenang. Untuk gaya dalam renang sendiri cukup banyak macamnya, salah satunya adalah renang gaya samping.

Sama halnya dengan renang gaya anjing, gaya renang samping menjadi salah satu teknik gaya renang yang masih jarang digunakan. Selama ini teknik dasar renang yang paling banyak digunakan adalah renang gaya dada, gaya kupu-kupu, gaya bebas dan gaya punggung. Renang dengan gaya samping juga bisa dilatih walaupun kamu masih pemula.

Bagi pemula yang ingin belajar renang, tidak ada salahnya mencoba teknik gaya samping berikut ini.

Teknik dan Gerakan Gaya Renang Samping untuk Pemula

Gaya Renang Samping

Bagi pemula yang ingin belajar renang teknik gaya samping bisa mengikuti beberapa cara.

1. Atur Posisi Meluncur

Pertama ambil posisi meluncur, kamu bisa berdiri di bagian tepi kolam renang. Setelah itu langsung dorongkan tubuh ke depan dengan kaki.

2. Mengayunkan Kedua Tangan

Pastikan kamu sudah meluncur dengan benar lalu kemudian ayunkan kedua tangan mulai dari samping lalu ke depan.

3. Tarik Tangan ke Dada

Setelah itu kamu bisa menarik kembali tangan ke arah dada sehingga memunculkan dorongan. Ketika mengayunkan kedua tangan, posisikan kepala kamu ke permukaan atas air.

4. Meluruskan Kaki

Langkah berikutnya adalah meluruskan kaki ketika sudah meluncur. Ketika kamu melakukan dorongan, buka kaki sampai lebar seperti kaki katak dan lakukan dorongan dengan maksimal. Kamu bisa mengulangi gerakan mendorong ini terus menerus.

Jangan lupa untuk mengambil nafas ketika tangan diayunkan dan kepala menyentuh permukaan air. Agar gerakan gaya renang samping maksimal, jangan lupa untuk menarik nafas yang panjang.

Manfaat Renang dengan Gaya Samping

Renang adalah salah satu olahraga yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Bahkan ada yang mengatakan bahwa renang disebut sebagai terapi kesehatan. Salah satu manfaat renang menggunakan gaya samping adalah cocok untuk orang yang ingin menurunkan berat badan.

Tentu tidak hanya memiliki satu manfaat saja, renang juga memiliki banyak manfaat lain. Beberapa contoh manfaat lain dari olahraga renang adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan Kekuatan Kardiovaskular

Manfaat yang pertama adalah untuk meningkatkan kekuatan kardiovaskular. Olahraga renang melibatkan beberapa anggota tubuh seperti jantung dan paru-paru. Renang dinilai bisa meningkatkan sirkulasi darah. Penelitian di Universitas South California mengatakan tentang renang dapat meningkatkan kekuatan.

Pada penelitian yang sama, menjelaskan bahwa orang yang sering berenang mengalami penurunan risiko kematian hingga 50 persen dibanding orang lain. Kebanyakan orang tidak bergerak akan mengalami resiko kematian yang lebih tinggi.

2. Membantu Mengontrol Kadar Gula Darah

Manfaat renang lain untuk kesehatan adalah dapat membantu mengontrol kondisi gula darah dalam tubuh. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2016 dengan melibatkan 62 wanita menjelaskan bahwa berenang selama tiga kali bisa meningkatkan insulin.

Penelitian tersebut juga menjelaskan bahwa orang yang melakukan renang berselang dengan intensitas tinggi lebih baik dibanding berenang dengan intensitas rendah. Cocok bagi kamu yang memiliki penyakit diabetes melitus, tetapi sebaiknya berenang bersama pelatih ya!

3. Terapi Cedera

Manfaat yang berikutnya dari gaya renang samping dapat dijadikan sebagai terapi cedera. Apabila kamu mengalami cedera parah mungkin akan mengalami kesulitan juga dalam melakukan olahraga berat jadi berenang adalah solusi terbaik.

Berenang akan membantu kamu untuk melatih otot yang cedera agar sakitnya berkurang. Selain itu berenang juga dapat dijadikan sebagai terapi agar otot jadi cepat pulih. Tentu harus hati-hati saat menggerakkan tubuh ketika berenang, kamu bisa berenang lebih sering agar cepat pulih.

Akhir Kata

Gaya renang samping merupakan salah satu teknik renang yang masih jarang digunakan. Tetapi bagi pemula seperti kamu tidak ada salahnya mencoba teknik gaya samping. Kamu juga akan mendapatkan banyak manfaat setelah berenang.

Kalau menurut kamu informasi ini bermanfaat, silahkan share artikel ini ke teman-teman kamu. Sekian, salam olahraga !

Dicky Efendi

Halo! Saya Dicky Efendi, founder dari Olahraganesia.id. Dengan blog ini, saya bisa berbagi banyak informasi dan hal bermanfaat mengenai dunia olahraga pada semua orang. Follow ig @dkyefendi

Leave a Reply