Dicky Efendi "Rajinlah latihan agar kemampuan tetap terasah dan fisik tetap terjaga."

Peralatan Renang 

3 min read

Peralatan Renang

Olahraganesia.id  – Meski terlihat bebas saat berada di udara, ternyata olahraga renang juga butuh beberapa peralatan penunjang. Ada banyak peralatan renang yang harus kamu ketahui beserta kegunaannya masing-masing. 

Memiliki perlengkapan renang akan memudahkan kamu untuk berenang. Apalagi yang masih baru belajar berenang, dengan menggunakan perlengkapan tersebut maka kamu bisa menggunakannya untuk berlatih.

Apa saja perlengkapannya? Ini dia ulasannya!

Alasan Harus Menggunakan Perlengkapan Renang

Kamu mungkin bertanya-tanya mengenai alasan mengapa perlengkapan renang itu adalah hal penting. Ada banyak contoh perlengkapan renang yang harus dimiliki salah satunya adalah pakaian renang. Pakaian renang akan membuat kamu lebih nyaman dan mudah saat berenang.

Rasanya pasti berbeda dengan orang yang tidak menggunakan pakaian renang. Alasan pertama mengapa harus menggunakan pakaian renang adalah karena bisa membuat kamu lebih bebas bergerak. Pakaian renang biasanya dibuat pas mengikuti bentuk tubuh.

Alasan tersebut karena agar perenang menjadi lebih bebas bergerak. Selain itu alasan berikutnya adalah agar perenang tidak mengalami cedera saat bergerak di kolam renang. Pakaian renang juga tidak akan menghalangi gerak perenang.

Tidak sedikit orang yang berenang mengalami kecelakaan saat di kolam renang, itulah mengapa membutuhkan peralatan renang sebagai keselamatan. Apalagi jika masih anak-anak, sebaiknya gunakan pelampung agar membuat anak-anak tidak tenggelam.


Baca Juga: Desain Kolam Renang


10 Perlengkapan Renang yang Harus Dimiliki

1. Pakaian Renang

Pakaian Renang

Pakaian renang adalah perlengkapan pertama yang harus dimiliki oleh seorang perenang. Ada banyak bahan yang digunakan untuk membuat pakaian renang dan tentu harganya juga berbeda-beda. Bahan pertama untuk membuat pakaian renang adalah kain lycra.

Lycra adalah kain yang sering dipakai karena terasa lembut dan nyaman di kulit. Kelebihan kain lycra yang lain adalah lebih awet dibanding bahan pakaian lainnya. Selain itu kain lycra juga kedap air sehingga lebih cepat kering jika dipakai berenang.

Apabila kamu ingin menggunakan pakaian dari kain lycra yang awet untuk jangka panjang, cobalah menggunakan seri Xtra Life. Bahan kedua adalah nylon yang memiliki kelebihan kuat, elastis dan ringan. Nylon adalah bahan pakaian yang juga sering dijual di toko-toko.

Sama seperti bahan lycra yang bahannya kedap air jadi lebih cepat kering serta perawatannya juga lebih mudah. Biasanya orang yang suka diving akan menggunakan pakaian dari bahan nylon. Bahan ketiga adalah kain campuran.

Untuk jenis kain yang satu ini biasanya dipakai pada kegiatan perairan. Memiliki sifat elastis yang tinggi dan daya serapnya juga rendah. Contoh bahan kain campuran adalah serat XLA. Bahan yang diproduksi oleh Dow Chemical ini tahan terhadap kaporit hingga 1000 jam. 

2. Kacamata Renang

Kacamata Renang 

Peralatan renang berikutnya adalah kacamata renang. Kacamata renang memiliki beberapa manfaat, pertama adalah untuk menambah kenyamanan ketika berenang. Kacamata renang bisa melindungi kamu yang memiliki mata sensitif dan kuning tetapi ingin berenang. 

Manfaat kedua adalah terhindar dari iritasi mata yang bisa muncul karena terkena kaporit. Air kolam renang mungkin tampak jernih, tetapi di dalamnya banyak memiliki kandungan kaporit. ketika seseorang berenang tanpa bantuan kacamata maka rentan mengalami iritasi. 

Ciri-cirinya adalah mata menjadi merah, gatal dan perih. Selain itu akan mengalami gangguan penglihatan seperti mata menjadi buram. Agar aman ketika berenang selain menggunakan kacamata adalah pilihlah kolam renang yang bersih dan bebas dari klorin. Klorin dapat membuat mata menjadi infeksi.

3. Topi Renang

Topi Renang

Topi renang juga merupakan salah satu perlengkapan renang yang penting. Anda mungkin sering melihat para atlet menggunakan topi renang saat berenang dan masih banyak orang yang belum mengetahui apa manfaatnya. 

Manfaat pertama adalah menahan rambut agar tidak mengganggu wajah. Misalnya anak perempuan dengan rambut panjang tentu akan mengalami kesulitan bergerak saat berenang atau untuk mengenakan kacamata renang. Oleh karena itu perlu topi renang untuk melindungi wajah. 

Manfaat yang kedua adalah mengurangi resiko rambut rontok. Kandungan kaporit di dalam kolam renang membuat rambut menjadi cepat rontok. Oleh karena itu agar rambut tidak terkena air, gunakanlah topi renang. Selain itu rambut rontok bisa membuat kolam renang menjadi kotor. 


Baca Juga: Renang Gaya Dada


4. Ban atau Papan Pelampung

Ban dan Papan Pelampung 

Peralatan renang berikutnya adalah papan pelampung atau ban. biasanya digunakan untuk orang-orang yang masih pemula agar tidak tenggelam. Kamu juga bisa memberikan buah hati papan pelampung agar bisa berenang dengan bebas. 

Pelampung juga sering digunakan oleh orang yang ingin belajar meluncur. Adapun manfaat lainnya adalah membuat tubuh selalu mengembang di permukaan air. 

5. Dayung Tangan

Dayung Tangan

Hand Paddle adalah salah satu perlengkapan renang yang fungsinya hampir sama dengan kaki kata. Sesuai dengan namanya, perlengkapan renang ini digunakan di tangan sehingga memudahkan pergerakan tangan saat berenang. 

Manfaat perlengkapan ini adalah untuk melatih otot pada tangan dan menghasilkan gerakan tangan yang benar saat berenang. Biasanya perlengkapan ini digunakan untuk perenang yang sudah ahli. Adapun harga jualnya adalah sekitar Rp 30.000-an. 

6. Kaki Katak

Kaki Katak

Kaki katak adalah perlengkapan renang dan fungsi lainnya untuk memudahkan perjalanan kaki. Kaki katak bisa digunakan oleh pemula yang baru belajar berenang. Kaki kamu akan lebih mudah digerakkan dan lama-kelamaan akan menjadi fleksibel. 

Manfaat kedua adalah mengurangi rasa stress di bahu. Anggota tubuh yang sering merasakan sakit adalah bahu karena digunakan untuk gerakan berulang. Kaki katak akan mengurangi kaget pada otot bahu sehingga bergerak jadi lebih bebas. Kaki katak juga bisa mengurangi beban pada tubuh bagian atas.

7. Pull Buoy

Pull Buoy

Peralatan renang yang berikutnya adalah Pull Buoy. Pull Buoy merupakan sebuah perlengkapan yang juga memiliki manfaat. Pull Buoy merupakan sebuah alat bantu renang yang digunakan untuk pemula dalam melatih kekuatan otot tangan.

Cara memilih pull buoy yang pertama adalah dari segi ukurannya. Apabila kamu merupakan perenang yang berotot maka pilihlah pull buoy yang ukurannya besar. Semakin besar ukurannya maka semakin kuat pull buoy meningkatkan posisi tubuh di dalam air.

Cara kedua adalah material pembuatannya karena ada pull buoy yang membuat kulit kamu menjadi merah-merah. Oleh karena itu sebelum membelinya pastikan kulit kamu tetap terlindungi.

8. Sunblock Anak

Sunblock Anak

Sunblock anak juga penting untuk berenang. Fungsinya adalah melindungi kulit anak dari paparan sinar matahari. Apalagi jika anak kamu berenang di kolam outdoor yang langsung berhadapan dengan matahari. Agar kulit teta terjaga, maka gunakanlah sunblock.

9. Handuk

Handuk

Handuk adalah perlengkapan renang yang berfungsi untuk mengeringkan tubuh setelah berenang. Handuk yang digunakan untuk berenang tentu berbeda dengan handuk sehari-hari.

10. Peralatan Mandi

Peralatan Mandi

Peralatan mandi juga tidak boleh ketinggalan dibawa ketika pergi berenang. Hal ini untuk menghilangkan kandungan klorin yang menempel di tubuh. Jangan lupa untuk membersihkan perlengkapan renang setelah.


Baca Juga: Renang Gaya Bebas


Akhir Kata

Ketika berenang memang ada peralatan renang yang harus dipersiapkan terlebih dahulu. Perlengkapan tersebut memiliki fungsi untuk membuat kamu menjadi lebih bebas bergerak saat renang. pilihan peralatan renang yang sesuai kebutuhan kamu.

Kalau menurut kamu informasi ini bermanfaat, silahkan share artikel ini ke teman-teman kamu. Sekian, salam olahraga !

Dicky Efendi "Rajinlah latihan agar kemampuan tetap terasah dan fisik tetap terjaga."

Gaya Renang Samping

Dicky Efendi
2 min read

Renang Gaya Anjing 

Dicky Efendi
2 min read

Desain Kolam Renang

Dicky Efendi
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *