You are currently viewing Desain Kolam Renang

Desain Kolam Renang

Olahraganesia.id – Memiliki kolam renang pribadi di rumah memang hal yang sangat menyenangkan. Apalagi untuk kamu yang suka berenang, memiliki kolam pribadi adalah sebuah impian. Ada banyak desain kolam renang yang bisa kamu pilih untuk dibangun di rumah.

Menurut data yang terdapat pada Association of Pool and Spa Professionals yang ada di Amerika Serikat bahwa pembangunan kolam renang baru terus mengalami peningkatan. Jumlah seluruh kolam renang pribadi sekitar 10,4 juta. Lalu bagaimana dengan desainnya? Tentu sangat beragam dan unik.

Yuk, simak desain kolam renang, berikut ini.

Desain Kolam Renang yang Direkomendasikan

Ada banyak pilihan kolam renang dalam rumah yang bisa kamu bangun. Memiliki kolam renang sendiri memang hal yang sangat menyenangkan karena kamu bisa berenang kapan saja.

Jika tertarik ingin membangun kolam renang, berikut desain yang bisa kamu gunakan.

1. Kolam Renang Ukuran 3 x 7

Kolam Renang Ukuran 3 x 7

Desain pertama adalah kolam renang dengan ukuran 3 x 7 meter. Meskipun tidak sesuai standar tetapi kolam renang mini ini sangat direkomendasikan untuk kamu. Kolam renang yang ukurannya tidak luas ini cocok diterapkan untuk area sempit.

Jadi misalnya rumah kamu tidak memiliki area yang luas tetapi ingin membangun kolam renang, cobalah model ini. Walaupun tidak luas, tetapi tetap memberikan kenyamanan tersendiri asal kamu merawatnya dengan rutin.

2. Kolam Renang Bentuk Lingkaran

Kolam Renang Bentuk Lingkaran

Desain berikutnya ini mungkin sudah sering kamu lihat yaitu kolam renang bentuk lingkaran. Kolam renang lingkaran juga cocok diterapkan di area yang sempit. Selain itu kolam renang lingkaran juga tidak membutuhkan banyak tempat dan biaya.

3. Kolam Renang Modern

Kolam Renang Modern

Desain kolam renang yang berikutnya adalah kolam renang modern. Biasanya kolam renang yang satu ini dibangun di rooftop. Walau rumah kamu tidak terlalu luas, kolam renang modern ini bisa menjadi pilihan terbaik. Salah satu bentuk kolam renang yang tidak biasa dan cocok dijadikan tempat berkumpul keluarga.

4. Kolam Renang Luas Tanpa Batas

Kolam Renang Luas Tanpa Batas

Apakah kamu pernah tahu kolam renang tanpa batas? Kolam renang tanpa batas sering dijadikan untuk usaha karena biasanya dibangun di dekat pantai atau bukit. Infinity pool merupakan kolam renang yang membuat mata kamu bisa fokus melihat pemandangan di sekitarnya.

5. Kolam Renang Atas Tanah

Kolam Renang Atas Tanah

Desain lain yang juga direkomendasikan untuk kamu adalah kolam renang di atas tanah. Above ground pool atau kolam renang atas tanah dibangun dengan portabel dan ekonomis. Apabila kamu ingin pindah rumah, tentu bisa membawa kolam renang ini sekaligus lho! Keren sekali bukan?

6. Lap Pool

Lap Pool

Kolam renang lain yang bisa dibangun di rumah adalah lap pool. Kolam renang yang satu ini memiliki desain memanjang dan biasanya digunakan untuk latihan berenang. Kamu bisa mengajari si buah hati berenang di sini.

7. Minimalist and Contemporary Pool

Minimalist and Contemporary Pool

Desain kolam renang lain untuk lahan sempit adalah minimalist and contemporary pool. Kolam renang yang satu ini cocok dibangun di rumah dengan gaya sederhana menggunakan kesan futuristik. Pembangunannya mengikuti warna dari rumah dan tidak terlalu banyak ornamen di sisi kolam.

8. Garden Side Pool

Garden Side Pool

Apakah kamu ingin membangun sebuah kolam renang yang menyatu dengan taman? Garden Side Pool adalah solusinya. Halaman belakang rumah tentu akan semakin cantik dengan perpaduan taman dan kolam renang. Apalagi jika ditambah banyak tanaman di sekitarnya, membuat udara semakin sejuk.

9. Natural Pool

Natural Pool

Natural Pool adalah salah satu model kolam renang yang banyak digunakan. Kolam renang yang satu ini lebih mengutamakan aspek-aspek natural di sisi kolam. Kolam renang yang sangat sederhana dibangun di wilayah dengan kualitas air bersih.

10. Plunge Pool

Plunge Pool

Plunge Pool adalah salah satu kolam renang unik dan ukurannya juga kecil. Tentu tidak cocok dibangun di area wisata seperti kolam renang tanpa batas. Ukurannya yang mungil cocok digunakan untuk tempat relaksasi dan berendam.


Baca Juga: Peralatan Renang


Langkah Awal Dalam Pembuatan Kolam Renang Pribadi

Pembuatan kolam renang tentu harus membuat perencanaan nya terlebih dahulu. Tahap awal yang harus dilakukan adalah dengan membuat perencanaan dan pembangunan kolam renang. Dalam membuat perencanaan tentu harus matang karena dijadikan sebagai pedoman pembangunan.

Selain itu fungsi dari perencanaan adalah meminimalisir terjadinya kesalahan dan kegagalan. Baru setelah perencanaan selesai dibuat, kamu bisa masuk ke tahap pertama yaitu pemilihan lokasi.

1. Memilih Lokasi Kolam Renang

Membuat kolam renang mewah tentu harus memiliki perencanaan terlebih dahulu. Setelah itu kamu bisa melakukan pemilihan lokasi pembangunan kolam renang. Biasanya jika akan dibangun di rumah, kolam renang berada di belakang rumah.

Apabila kamu memiliki tanah yang luas dan bingung ingin dibuat apa, sebaiknya buat kolam renang saja. Selain itu pemilihan lokasi kolam renang juga harus berdasarkan kesepakatan keluarga. Hal ini juga meminimalisir terjadinya pemindahan lokasi kolam renang yang menghabiskan banyak waktu dan biaya.

2. Penentuan Desain Pembuatan Kolam Renang

Tahapan kedua setelah melakukan pemilihan lokasi adalah dengan menentukan desain kolam renang. Ada banyak pilihan desain kolam renang yang bisa kamu gunakan dan tentunya menyesuaikan luas lahan. Apabila lahannya tidak terlalu lebar maka kamu bisa membuat kolam renang minimalis.

3. Menghitung Anggaran Biaya

Tahapan ketiga adalah menghitung berapa biaya yang akan dikeluarkan untuk pembangunan kolam renang. Budget adalah hal terpenting karena sebagus apapun desainnya maka jika budgetnya tidak mencukupi maka berpengaruh juga pada hasilnya.

4. Menentukan Ukuran dari Kolam Renang

Tahapan keempat adalah menentukan ukuran dari kolam renang yang akan dibangun. Home Building and Renovating menjelaskan bahwa ukuran standar kolam renang dalam rumah adalah 11 meter x 4 meter. Adapun untuk kedalamannya adalah 1.5 meter.

Ukuran standar ini dapat memberikan keseimbangan antara biaya operasional dan kegunaanya. Akan tetapi untuk ukuran dari kolam renang yang dibangun di lahan kecil adalah 6 meter x 3 meter.

5. Mengetahui Cara Perawatan Kolam Renang

Tahapan berikutnya yang tidak kalah penting adalah dengan mengetahui bagaimana cara melakukan perawatan kolam renang. Apabila kamu membangun kolam renang minimalis maka kamu harus tahu bagaimana cara merawatnya.

Biasanya kolam renang membutuhkan pompa yang digunakan untuk memutar air dan membersihkan kolam secara teratur. Selain itu kamu bisa mencari tahu mengenai daya listrik yang dibutuhkan agar perhitungannya tidak salah.

Perhitungan daya listrik yang keliru bisa menyebabkan kenaikan biaya tagihan listrik atau aliran listrik dapat terputus.

6. Menentukan Pasokan Air

Tahap terakhir adalah dengan menentukan pasokan air yang akan digunakan di kolam renang. Kebanyakan orang yang mengisi kolam renang menggunakan air PAM atau air tanah. Selain itu dalam proses pembuatan kolam renang, kamu bisa menggunakan jasa profesional.

Pembuatan kolam renang yang dilakukan oleh jasa profesional akan meminimalisir terjadinya kesalahan. Selain itu jika kolam renang mengalami kerusakan dan perbaikan maka bisa memanggil lagi jasa profesional tersebut.


Baca Juga: Renang Gaya Dada


Akhir Kata

Sekarang kamu sudah tahu bahwa ternyata ada banyak desain kolam renang yang bisa dijadikan inspirasi. Jangan ragu untuk membangun kolam renang sendiri di rumah, hal tersebut tentu akan membuat anak senang. Kamu juga bisa menghubungi jasa pembuat kolam renang untuk merealisasikan ide kamu.

Kalau menurut kamu informasi ini bermanfaat, silahkan share artikel ini ke teman-teman kamu. Sekian, salam olahraga!

Dicky Efendi

Halo! Saya Dicky Efendi, founder dari Olahraganesia.id. Dengan blog ini, saya bisa berbagi banyak informasi dan hal bermanfaat mengenai dunia olahraga pada semua orang. Follow ig @dkyefendi

Leave a Reply