You are currently viewing 5 Perlengkapan Karate yang Perlu Dimiliki Karateka

5 Perlengkapan Karate yang Perlu Dimiliki Karateka

Olahraganesia.id – Karate merupakan kesenian bela diri yang telah lama dipelajari di Indonesia. Bela diri satu ini berasal dari Jepang yang kemudian berkembang ke negara-negara salah satunya adalah Indonesia. Selain belajar teknik tentang karate, perlengkapan karate juga penting untuk diketahui.

Tanpa peralatan karate yang lengkap, maka sulit untuk belajar mengenai seni bela diri ini. Jadi ketika sedang mengadakan latihan karate, umumnya seorang karateka atau seseorang yang belajar karate harus menggunakan perlengkapan yang disyaratkan.

Berikut perlengkapan karate yang wajib dimiliki!

5 Perlengkapan Karate yang Wajib Punya

Sebelum karate dikenal dari negara Jepang, tahukah kamu bahwa sebenarnya ilmu bela diri ini sebenarnya diadopsi dari Cina. Awalnya, olahraga bela diri ini masuk pertama kali di Pulau Okinawa yang pada saat itu masih dalam masa penjajahan.

Sampai kemudian ilmu bela diri ini diajarkan oleh para pedagang dari Cina. Dalam perkembangannya, karate yang dahulu tidak dibekali dengan berbagai macam perlengkapan mulai beralih.

Saat ini, ketika sedang latihan karate atau sedang menyelenggarakan kompetisi karate, maka harus disiapkan beberapa peralatan yang lengkap untuk melindungi karateka, apa saja itu?

  • Body Protector

Body Protector

Perlengkapan karate yang pertama harus digunakan oleh seorang karateka adalah body protector. Alat satu ini berfungsi sebagai pelindung tubuh. Adapun ukuran body protector sendiri berbeda-beda, ada yang L, XL, M bahkan sampai ukuran S menyesuaikan ukuran tubuh manusia pada umumnya.

Body protector sendiri sudah tersedia dia berbagai macam toko olahraga ataupun toko peralatan beladiri. Ketika ingin membeli body protector, pastikan tidak keliru dengan jenis body protector seni bela diri yang lain mengingat bentuknya memang hampir sama.

Salah satu perbedaan yang paling mencolok antara body protector khusus karate dan olahraga bela diri lainnya adalah sifatnya yang lebih ringan. Sementara untuk harga body protector khusus karate sendiri adalah Rp500 ribuan.

  • Face Mask

Face Mask

Face mask atau pelindung wajah belakangan ini sangat dicari di musim pandemi covid-19 untuk mencegah tertular virus. Namun, ada juga face mask yang digunakan untuk melindungi karateka ketika sedang bertanding atau latihan karate.

Mulai dari pelajar pemula hingga senior sekalipun perlu mengenakan sebuah face mask ketika sedang bertanding.

Untuk melindungi diri, pastikan untuk membeli face mask khusus untuk karate, bukan untuk digunakan melindungi diri dari virus. Harga per satu pcs face mask karate sendiri adalah Rp450.000-an

  • Shin Guard Lengkap

 Shin Guard

Perlengkapan karate selanjutnya adalah shin guard yang terdiri dari alat pelindung tulang kering dan juga sepatu. Nah, pelindung tulang kering dan sepatu yang digunakan oleh karateka sendiri selalu dijual terpisah.

Biasanya per satu pasang shin guard dibanderol Rp 200.000-an. Jika kamu ingin lebih aman bermain karate, ada baiknya kamu membeli dua alat ini lengkap.

  • Hand Protector

Hand Protector

Sesuai dengan namanya hand protector, maka jelas bahwa perlengkapan satu ini berfungsi untuk melindungi tanganmu ketika berlatih karate. Hand protector menjadi perlengkapan yang wajib digunakan oleh siapapun yang sedang berlatih.

Sangat disarankan untuk memiliki 1 set hand protector yakni Aka dan Ao. Adapun harga hand protector sendiri per pasangnya dibanderol Rp100.000-an.

  • Gum Shield

Gum Shield

Terakhir, ada gum shield atau pelindung gigi. Gum shield sendiri jarang sekali ada di toko olahraga. Kalaupun memang tersedia di toko, maka pastikan untuk secara detail menyampaikan jika kamu beli jenis untuk karate.

Hal ini dikarenakan banyak jenis-jenis gum shield yang berbeda di tiap olahraga bela diri. Jadi pastikan tidak salah ketika membelinya. Satu pcs gumshield sendiri dibanderol sekitar Rp25.000.

Akhir Kata

Body protector, gum shield, faceshield, hand protector, dan shin guard adalah jenis-jenis perlengkapan karate yang perlu ada ketika kamu sedang berlatih karate. Jadi, pastikan untuk memilikinya karena harganya terbilang lumayan terjangkau.

Kalau menurut kamu informasi ini bermanfaat, silahkan share artikel ini ke teman-teman kamu. Sekian, salam olahraga!

Dicky Efendi

Halo! Saya Dicky Efendi, founder dari Olahraganesia.id. Dengan blog ini, saya bisa berbagi banyak informasi dan hal bermanfaat mengenai dunia olahraga pada semua orang. Follow ig @dkyefendi

Leave a Reply