Dicky Efendi "Rajinlah latihan agar kemampuan tetap terasah dan fisik tetap terjaga."

Sejarah Bulu Tangkis

3 min read

Sejarah Bulu Tangkis

Olahraganesia.id – Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan olahraga bulu tangkis, karena hampir semua orang suka dengan permainan ini. Sebelum dikenal sebagai salah satu cabang olahraga yang banyak digemari seperti saat ini, tahukah kamu jika sejarah bulu tangkis ternyata cukup panjang?

Seperti jenis olahraga lainnya, permainan bulu tangkis juga memiliki kisah sejarah yang panjang dan menarik untuk diperbincangkan.

Nah, agar lebih memahami tentang asal usul sejarah olahraga ini kamu bisa menyimak ulasan berikut.

Mengenal Asal Usul Bulu Tangkis

Asal Usul Bulu Tangkis

Ada beberapa versi pendapat yang mengemukakan tentang asal usul bulu tangkis dan perkembangannya hingga menjadi olahraga seperti saat ini. Salah satu pendapat menyebutkan bahwa kemungkinan bulu tangkis sudah berkembang sekitar 2000 tahun lalu di wilayah Mesir Kuno.

Selain itu ada pula yang menyebutkan bahwa kemungkinan permainan bulu tangkis berasal dari Tiongkok yang dulu dikenal dengan nama Jianzi. Dalam permainan ini para pemain tidak menggunakan raket sebagai alat pukul tetapi menggunakan kaki agar bola tidak jatuh ke tanah.

Sejarah Bulu Tangkis Dunia dan Perkembangannya

Pendapat lain juga mengemukakan bahwa bulu tangkis dikenal sebagai permainan yang populer di Inggris. Jika di Tiongkok menggunakan kaki untuk menjaga bola agar tidak jatuh, maka di Inggris menggunakan alat yang disebut battledores.

1854 Bulu Tangkis menjadi Permainan yang sangat Populer di Inggris

Di Inggris pada zaman pertengahan sudah dikenal sebuah permainan anak-anak yang saat itu sangat populer. Permainan tersebut adalah Battledores dan Shuttlecock. Anak-anak menggunakan tongkat atau dayung (battledores) dan menjaga kok agar tidak jatuh.

Dengan menggunakan tongkat atau dayung tersebut, kok dijaga selama mungkin agar tetap melayang di udara dan tidak menyentuh tanah. Permainan ini sangat populer dan banyak ditemukan di jalan-jalan di London pada tahun 1854.

Bulu Tangkis dan Misi Kolonisasi Asia

Bulu tangkis dibawa penduduk Inggris ke Tiongkok, Jepang dan Thailand bersamaan dengan misi mereka mengkolonisasi Asia. Permainan ini pun menarik perhatian penduduk setempat dan kemudian menjadi salah satu jenis permainan yang banyak dimainkan oleh warga setempat.

Selanjutnya tentara Britania menciptakan olahraga bulu tangkis di wilayah Pune atau Poona, India dengan menambahkan jaring dan memainkannya secara kompetitif. Olahraga tersebut kemudian dikenal dengan nama Poona.

Pemberian Nama Badminton pada Tahun 1860

Pada tahun 1850-an tentara Inggris membawa kembali permainan tersebut dan mendapatkan nama baru di tahun 1860 melalui pamflet yang dibuat Isaac Spratt, seorang distributor mainan di Inggris. Pamflet tersebut berjudul “Badminton Battledore-a new game”.

Pamflet tersebut juga menggambarkan bagaimana permainan telah dimainkan di Gedung Badminton. Badminton sendiri merupakan nama sebuah istana di Inggris yang dimiliki oleh Duke of Beaufort, tepatnya di wilayah Gloucestershire.

Dari tempat inilah konon badminton berasal dan mulai dikenal oleh kalangan atas dan akhirnya menyebar ke seluruh lapisan masyarakat secara global hingga dikenal seperti sekarang ini.

Rancangan Pertama Peraturan Bulu Tangkis

Pada tahun 1877, Klub Badminton Bath di Inggris membuat rancangan pertama peraturan bulu tangkis. Kemudian di tahun 1893 dibentuklah Asosiasi Bulutangkis Inggris yang kemudian mengikuti kejuaraan internasional pertama di Kejuaraan All England tahun 1899.

Sejarah Bulu Tangkis di Indonesia

Sejarah Bulu Tangkis di Indonesia

Bulu tangkis mulai dikenal di Indonesia pada tahun 1930-an. Organisasi yang sangat berjasa dalam menaungi bulu tangkis di Indonesia saat itu adalah ISI (Ikatan Sport Indonesia). Setelah semakin berkembang, pada tahun 1947 dibentuklah PORI (Persatuan Olahraga Republik Indonesia).

1. Terbentuknya PBSI

Setelah sebelumnya terbentuk PORI yang menaungi berbagai macam cabang olahraga, pada tanggal 5 Mei 1951 terbentuklah PBSI (Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia) yang menjadi organisasi khusus bulu tangkis di Indonesia.

Tim bulu tangkis dari Indonesia sendiri pernah ikut berpartisipasi dalam gelaran IBF pada tahun 1953 dan mengikuti kejuaraan dunia Piala Thomas pada tahun 1958 di Singapura.

2. Bulu Tangkis Indonesia mulai Diperhitungkan

Pada tahun 1950-an beberapa negara seperti Malaysia, Amerika, Denmark, Inggris dan Thailand merupakan tim bulu tangkis yang terkuat pada zamannya.

Namun tidak disangka jika tim Indonesia yang digawangi Tan Joe Hook dan Fery Sonneville justru tampil maksimal dan berhasil masuk dalam All Indonesian Final. Hal itu merupakan prestasi yang sangat membanggakan mengingat kondisi Indonesia sedang sulit dan minim dana.

Jejak Prestasi Bulu Tangkis di Indonesia

Prestasi bulu tangkis di Indonesia sudah tercatat sejak tahun 1960 hingga tahun 1970-an dan menjadi masa kejayaan bulu tangkis Indonesia. Pada tahun 1961 Indonesia berhasil mengalahkan Thailand di final dan menyabet gelar juara.

Sementara di tahun 1964, Indonesia berhasil mengalahkan Denmark sehingga menjadi juara dalam ajang kejuaraan Piala Thomas di Tokyo, Jepang.

1. Pemain Legenda Indonesia

Dalam sejarah bulu tangkis Indonesia, munculnya beberapa pemain legenda memberikan kebanggaan tersendiri bagi Bangsa Indonesia. Salah satu legenda bulu tangkis Indonesia yang tidak akan dilupakan adalah Rudy Hartono.

Namanya bahkan tercatat di Guinness Book of World Records sebagai juara All England. Selain itu juga ada legenda lainnya yang tidak kalah berprestasi, yaitu Tjuntjun dan Johan Wahyudi yang tergabung dalam tim ganda putra dengan gelar juara hingga 6 kali.

Namun sayangnya pada kejuaraan Piala Thomas yang diselenggarakan tahun 1967 di Jakarta, tim Indonesia justru mengalami kekalahan sebagai tuan rumah. Kekalahan tersebut berhasil ditebus ketika tim Indonesia mengikuti kejuaraan Piala Thomas di Kuala Lumpur, Malaysia.

2. Persaingan dengan China

Pada ajang kejuaraan All England tahun 1980, China menjadi salah satu saingan terberat tim Indonesia. Liem Swie King menjadi juara All England di tahun 1981, sementara di ajang Piala Thomas hanya memenangkan pertandingan di Kuala Lumpur tahun 1984.

3. Mendapat Medali Emas Pertama

Sejarah bulu tangkis Indonesia kembali mencatat prestasi luar biasa dari tim Indonesia yang berhasil bangkit dan mencetak sejarah baru pada Olimpiade Barcelona di tahun 1992. Untuk pertama kalinya tim Indonesia berhasil membawa pulang medali emas.

Selanjutnya pada Olimpiade Atlanta di tahun 1996, Indonesia juga kembali membawa pulang medali emas melalui ganda putra Ricky Subagja dan Rexy Mainaky.

4. Juara Piala Uber dan Thomas

Tim Indonesia telah menunjukkan kemampuannya di berbagai ajang piala bergengsi seperti Piala Thomas, Uber dll. Tercatat sejak tahun 1994-2002, Indonesia telah berhasil memenangkan kejuaraan Piala Thomas.

Sementara pada kurun waktu 1994-1996, tim Indonesia juga berhasil meraih kemenangan di Kejuaraan Piala Uber sebanyak dua kali.

Akhir Kata

Sebelum populer seperti saat ini bulu tangkis memiliki sejarah yang cukup panjang dengan berbagai versi cerita mengenai asal usul kemunculannya. Sebagian meyakini bahwa permainan ini sudah ada sejak 2000 tahun silam di Mesir Kuno, sementara versi lainnya meyakini permainan berasal dari China.

Sedangkan untuk versi lainnya menyebutkan bahwa permainan bulu tangkis berasal dari Inggris dengan nama Badminton Battledores yang merujuk pada tempat diselenggarakannya permainan ini. Bagaimana, sekarang sudah lebih paham kan tentang sejarah bulu tangkis di dunia dan di Indonesia?

Kalau menurut kamu informasi ini bermanfaat, silahkan share artikel ini ke teman-teman kamu. Sekian, salam olahraga!

Dicky Efendi "Rajinlah latihan agar kemampuan tetap terasah dan fisik tetap terjaga."

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *