You are currently viewing Rekomendasi Sepatu Bulu Tangkis

Rekomendasi Sepatu Bulu Tangkis

Olahraganesia.id – Setiap jenis olahraga selalu memiliki sepatu khusus, seperti halnya sepatu futsal, sepatu lari, dan sepatu mendaki. Bulu tangkis juga membutuhkan sepatu khusus agar dapat bermain secara maksimal. Sepatu bulu tangkis wanita dan laki-laki tidak sama karena tergantung dengan beberapa faktor.

Menggunakan sepatu badminton adalah pilihan yang sangat tepat karena kamu bisa lebih leluasa untuk bergerak. Kebebasan bergerak ini tentunya tidak bisa kamu dapatkan jika memakai sepatu jenis lainnya saat bermain bulu tangkis di lapangan khusus.

Tips Memilih Sepatu Bulu Tangkis

Memilih sepatu yang berkualitas dan tepat untuk kegiatan bulu tangkis tentu tidak mudah.

Oleh karena itu, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan, di antaranya sebagai berikut:

#1. Lakukan Riset Kecil-kecilan

Langkah kedua yang bisa kamu praktikkan yaitu dengan riset kecil-kecilan di beberapa toko sepatu. Meskipun demikian, kamu juga bisa melakukan riset secara praktis melalui review di internet.

Riset ini akan sangat membantu dalam menentukan sepatu yang paling tepat di kaki kamu. Lakukan penelusuran terkait jenis-jenis sepatu bulu tangkis dari berbagai brand. Jangan segan untuk membandingkan antara produk satu dengan lainnya agar sepatu yang dipilih adalah yang terbaik.

Jika kamu memiliki teman pemain bulu tangkis, jangan segan untuk meminta pendapat darinya tentang sepatu bulu tangkis yang terbaik. kamu juga bisa bertanya tentang brand sepatu bulu tangkis apa yang mereka kenakan.

Dengan mengetahui berbagai sepatu yang direkomendasikan, maka kamu dapat mengetahui kekurangan dan kelebihan dari berbagai produk sepatu tersebut.

#2. Ketahui Ukuran Sepatu

Ukuran termasuk salah satu aspek penting yang harus diperhatikan ketika membeli sepatu. Kamu perlu memilih ukuran sepatu badminton yang benar-benar dapat membuat kakimu nyaman saat bergerak. Perlu diketahui bahwa sepatu yang berbeda merk maka berbeda pula detail ukurannya.

Jika kamu memilih sepatu merk A dengan ukuran 40, bisa jadi ukuran yang pas pada kaki kamu adalah 39 pada produk B. Oleh karena itu, jika ragu-ragu, maka belilah sepatu di toko konvensional agar kamu bisa mencobanya langsung. Jadi, jangan malas untuk memastikan ukuran sepatu yang yang tepat di kaki kamu.

Seperti yang dijelaskan pada poin sebelumnya, membeli sepatu bulutangkis jangan dilakukan dengan buru-buru. Dengan begitu, maka kamu dapat meluangkan  waktu untuk mencoba sepatu ketika sedang berada di pusat perbelanjaan.

Cobalah sepatu badminton yang menarik perhatianmu, lalu hafalkan ukurannya. Jika sepatu yang kamu incar adalah sepatu termahal, maka kamu bisa membelinya secara online di marketplace. Umumnya, marketplace menyediakan tarif produk yang lebih terjangkau karena banyak diskon.


Baca Juga: Pengertian Bulu Tangkis


#3. Perhatikan Outsole Sepatu

Bagian outsole pada sepatu badminton menjadi suatu bagian yang benar-benar perlu diperhatikan. Outsole sepatu badminton tidak boleh bertekstur licin karena dapat menyebabkan penggunanya mudah tergelincir.

Seperti yang diketahui, bulu tangkis merupakan jenis olahraga yang sangat mengandalkan kecepatan dan kelincahan dalam bergerak. Oleh karena itu, sepatu badminton didesain secara khusus untuk membantu setiap pergerakan agar lebih ringan. Sepatu badminton memang didesain sedemikian rupa untuk memaksimalkan stabilitas gerakan lateral yang cepat.

Gerakan lateral tidak dapat dioptimalkan jika kamu memakai sepatu yang dibuat untuk berlari. Pasalnya, sepatu lari desainnya lebih mengedepankan laju ke depan serta ke belakang. Itulah mengapa sepatu lari tidak dapat memenuhi kebutuhan dalam bermain olahraga badminton.

Ingat, saat bermain, kamu perlu bergerak dengan aktif seperti berlari, melompat, atau berhenti dengan cepat. Jadi, kamu membutuhkan outsole yang kesat ketika bergesek dengan lapangan. biasanya, outsole sepatu bulutangkis mempunyai banyak lubang dan sedikit tebal.

#4. Pastikan ada Bantalan yang Lembut

Sepatu badminton didesain agar pemain dapat merasa nyaman ketika bergerak lincah dan aktif ke sana dan ke mari untuk memainkan raketnya. Itulah mengapa kamu perlu memastikan agar kakimu nyaman dalam memakai sepatu.

Sepatu badminton yang nyaman biasanya mempunyai busa atau bantalan di bagian insole. Bantalan yang lembut tersebut yang dapat membuat kaki kamu lebih leluasa ketika melompat atau mendarat di lapangan yang keras.

#4. Pilih Warna yang Tidak Mudah Luntur

Harus diakui bahwa warna sepatu adalah hal yang cukup penting untuk dipertimbangkan, terutama bagi pemain wanita. Menggunakan sepatu dengan warna favorit akan membuat kamu lebih bersemangat dalam berlatih.

Sebagai opsi, kamu bisa memilih sepatu yang berwarna gelap agar saat terkena kotoran tidak akan terlalu terlihat.  Hal ini akan membuat kamu lebih percaya diri, sehingga dapat berkonsentrasi untuk memenangkan permainan.

#5. Pilih Sepatu yang Memberi Sedikit Ruang

Tipe memilih sepatu badminton yang berikutnya adalah dengan memastikan bahwa sepatu tersebut memiliki sedikit ruang. Artinya, sepatu tersebut tidak terlalu longgar dan juga tidak terlalu sempit. Dengan sedikit ruang, kaki kamu tidak akan mudah pengap dan bau.

Selain itu, cara ini berguna supaya kamu dapat bergerak seefektif mungkin.


Baca Juga: Ukuran Lapangan Bulu Tangkis


Rekomendasi Sepatu Bulu Tangkis Terbaik

Sepatu Bulu Tangkis Terbaik

Setelah mengetahui beberapa tips di atas, saatnya mengetahui aneka merk sepatu khusus bulu tangkis yang berkualitas. Apa saja brand sepatu tersebut?  Mari simak informasi yang ada di bawah ini:

1. Yonex All England 17

Yonex All England merupakan tipe sepatu original yang diluncurkan pada tahun 2020. Sepatu ini mampu memperkecil risiko guncangan, sehingga lebih memudahkan kaki dalam bergerak.

Sepatu badminton ini memang didesain supaya kaki dapat melakukan mobilitas dengan cepat dan halus. Hal ini karena All England 17 menyematkan round sole yang berfungsi untuk memperhalus gerakan dan mentransfer energi lebih optimal.

2. Eagle SSPro1

Jika kamu sedang mencari sepatu yang tampilannya stylish, maka Eagle SSPro1 bisa dijadikan sebagai opsi untuk menemani pertandingan kamu. memiliki bagian upper yang dibuat menggunakan bahan material mesh dengan kombinasi synthetic leather.

Dengan begitu, sepatu kamu akan memiliki sirkulasi udara yang cukup baik sehingga tidak membuat kaki berkeringat. teknologi Power Grid sehingga durabilitasnya bagus. Kemudian, sepatu badminton ini juga Ankle Support yang dapat membuat kaki kamu merasa nyaman.

3. Ardiles BDP GLISSANDO

Tipe Ardiles Glissando mempunyai tampilan desain yang sporty. Sepatu brand lokal ini semakin menarik karena kombinasi warna yang dapat membuat kamu semakin energik dalam bermain badminton.

Bagian upper pada Glissando sangat  ringan dan fleksibel, sehingga membuat setiap gerak lebih nyaman. Hal ini tidak dipungkiri karena Glissando menyematkan bahan Synthetic Leather yang elastis dan kuat, sehingga mampu menyesuaikan setiap perubahan gerak kaki kamu.

4. Spotec Titanium

Spotec Titanium mempunyai midsole yang terbuat dari bahan EVA, sehingga sepatu ini terasa lebih lembut dan fleksibel. Sepatu yang harganya murah ini juga mampu menahan guncangan yang tentunya meminimalisir risiko cedera.

Keunggulan lainnya dari produk ini yaitu terdapat Breatheble Sandwitch Mesh yang menunjang sirkulasi udara lebih baik. Pada bagian outsole juga disematkan High Quality Rubber non-marking, sehingga tidak akan memicu scratch pada permukaan lapangan bulu tangkis.


Baca Juga: Induk Organisasi Bulu Tangkis


Akhir Kata

Dari pemaparan di atas, dapat diketahui bahwa memilih sepatu bulu tangkis memang tidak bisa dilakukan secara asal-asalan. Rupanya, ada banyak hal yang perlu diperhatikan agar dapat memilih sepatu berkualitas dan nyaman.

Kalau menurut kamu informasi ini bermanfaat, silahkan share artikel ini ke teman-teman kamu. Sekian, salam olahraga!

Dicky Efendi

Halo! Saya Dicky Efendi, founder dari Olahraganesia.id. Dengan blog ini, saya bisa berbagi banyak informasi dan hal bermanfaat mengenai dunia olahraga pada semua orang. Follow ig @dkyefendi

Leave a Reply