You are currently viewing Daftar Kejuaraan Bulu Tangkis

Daftar Kejuaraan Bulu Tangkis

Olahraganesia.id – Bulu tangkis adalah salah satu olahraga yang sangat seru dan bisa dimainkan oleh siapa saja. Menjadi cabang olahraga Internasional, ada banyak kejuaraan bulu tangkis yang sering ditayangkan di televisi. Bulu tangkis sendiri merupakan olahraga yang dimainkan dengan menggunakan kok dan raket.

Bulu tangkis adalah olahraga yang pertama kali dilakukan oleh masyarakat Mesir. Ada juga yang mengatakan bahwa pertama kali berasal dari Tiongkok. Ajang kejuaraan pertama dilakukan di Poona oleh Tentara Britania sehingga sebelum disebut bulu tangkis, dulu masih disebut dengan istilah Poona.

Kejuaraan BWF

Kejuaraan BWF

Salah satu kejuaraan dari cabang olahraga bulu tangkis adalah kejuaraan BWF. Termasuk ke dalam kejuaraan tertinggi yang diadakan oleh BWF dan memiliki banyak jenis kejuaraan. Ada kejuaraan dunia, kejuaraan dunia junior, Piala Sudirman, Piala Thomas, Piala Uber dan Olimpiade.

1. Kejuaraan Dunia

Jenis kejuaraan BWF yang pertama adalah kejuaraan dunia. BWF sendiri merupakan singkatan dari Badminton World Federation. Turnamen kejuaraan dunia sendiri dimulai pada tahun 1977 dan diadakan selama tiga tahun sekali. Akan tetapi berubah menjadi setahun sekali selama tahun 2006.

Pernah diadakan di berbagai negara seperti Swedia, Indonesia, Denmark, Spanyol, Inggris, Amerika Serikat, Tiongkok dan masih banyak lagi. Hanya negara dari Benua Afrika yang belum pernah meraih juara pada turnamen ini.


Baca Juga: Cara Memegang Raket Bulu Tangkis


2. Piala Thomas

Piala Thomas adalah kejuaraan bulu tangkis pada kategori beregu pria. Dulunya turnamen ini diadakan tiga tahun sekali akan tetapi sekarang berubah menjadi dua tahun sekali sejak 1982. Turnamen ini diambil dari nama mantan presiden IBF yang bernama Sir George Alan Thomas.

3. Piala Uber

Piala Uber adalah salah satu kejuaraan dalam bulu tangkis untuk kategori beregu putri. Diadakan juga dua tahun sekali dan nama turnamen diambil dari nama mantan pemain dari Inggris yaitu H.S. Betty Uber. Turnamen ini pertama kali diadakan di Inggris pada tahun 1957.

4. Piala Sudirman

Terakhir adalah Piala Sudirman yang merupakan kategori beregu campuran. Nama turnamen ini diambil dari salah satu nama mantan pemain bulu tangkis yaitu Dick Sudirman. Dick Sudirman merupakan bapak bulu tangkis Indonesia.


Baca Juga: Ukuran Lapangan Bulu Tangkis


Kejuaraan Super Series

Kejuaraan Super Series

Selain kejuaraan BWF ada juga turnamen lain yang bernama Kejuaraan Super Series. Terdapat 13 daftar turnamen pada kejuaraan yang satu ini. Diadakan oleh Federasi Bulu Tangkis Dunia yang diadakan di berbagai negara.

1. Malaysia Open

Malaysia Open adalah salah satu kejuaraan super series yang diadakan di Kuala Lumpur. Kejuaraan ini dimulai pada tahun 1937 dan diadakan di beberapa kota. Contoh kotanya adalah di Kuantan, Selangor, Penang, Bahru, Johor, Kuching dan Kinabalu.

2. Indonesia Open

Sama seperti kejuaraan sebelumnya, Indonesia juga turut menggelar turnamen bernama Indonesia Open. Diadakan sejak tahun 1982 dan kini telah berganti nama menjadi Indonesia Super Series. Pernah diadakan di beberapa kota seperti Bandung, Semarang, Denpasar, Surabaya, Samarinda dan sebagainya.

3. Korea Open

Korea Selatan juga mengadakan kejuaraan bulu tangkis bernama Korea Open. Diadakan di Seoul Korea Selatan yang dimulai pada tahun 1991. Hadiah yang diberikan juga sangat besar yaitu 10 miliar dan sudah dilaksanakan di berbagai kota seperti Cheju Island, Seoul dan Yeosu.

4. Swiss Open

Swiss Open juga merupakan salah satu kejuaraan yang dilaksanakan di Swiss sejak tahun 1995. Pada tahun 2011, turnamen yang satu ini diturunkan menjadi Grand Pix Gold Event lalu digantikan dengan ajang India Terbuka.


Baca Juga: Sejarah Permainan Bulu Tangkis


Akhir Kata

Daftar kejuaraan bulu tangkis yang telah disebutkan di atas adalah kejuaraan tingkat internasional. Diikuti dari berbagai negara dan Indonesia tentunya pernah menyabet gelar juara. Bulu tangkis adalah cabang olahraga yang bisa mengharumkan nama Indonesia.

Kalau menurut kamu informasi ini bermanfaat, silahkan share artikel ini ke teman-teman kamu. Sekian, salam olahraga!

Dicky Efendi

Halo! Saya Dicky Efendi, founder dari Olahraganesia.id. Dengan blog ini, saya bisa berbagi banyak informasi dan hal bermanfaat mengenai dunia olahraga pada semua orang. Follow ig @dkyefendi

Leave a Reply