You are currently viewing Macam Macam Gaya Renang

Macam Macam Gaya Renang

Olahraganesia.id – Hampir semua orang sudah tahu kalau olahraga renang memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Apalagi ada juga macam-macam gaya renang yang memang fokus untuk manfaat tertentu bagi tubuh kamu.

Gaya renang ini juga akan membuat olahraga berenang yang kamu lakukan tidak akan membosankan sama sekali. Sehingga renang jadi lebih seru dan pastinya menyenangkan dengan mempraktikkan berbagai macam gaya.

Nah, langsung saja simak beberapa macam gaya renang dan penjelasannya, di bawah ini!

Mengenal Macam-Macam Gaya Renang

Jika kamu bandingkan dengan olahraga lain, tampaknya renang ini paling cocok dilakukan oleh semua kalangan umur. Selain itu olahraga renang juga dikenal sangat minim sekali risiko cedera. Sehingga olahraga bisa dilakukan dengan nyaman tanpa perlu khawatir sama sekali.

Tidak heran banyak anak-anak yang sudah mulai diajari berbagai gaya berenang. Karena selain bisa membantu pertumbuhan tubuh yang jauh lebih maksimal, orang tua juga tidak perlu khawatir anak akan cedera.

Kalau kamu masih takut tenggelam, maka pilih saja kolam renang yang memiliki kedalaman yang rendah. Kolam renang yang rendah juga akan mempermudah kamu dalam usaha mempraktikkan berbagai macam-macam gaya renang.

Agar proses mempelajarinya bisa lebih mudah, berikut beberapa gaya renang dan teknik dasar renang dalam mempraktikkannya:

1. Renang dengan Gaya Bebas

Renang dengan Gaya Bebas

Renang gaya bebas dinamakan juga dengan front crawl atau biasanya freestyle. Gaya renang yang satu ini disebut gaya bebas karena gerakannya lebih umum dilihat dan paling mudah dipraktekkan.

Gaya bebas juga dikenal mampu memberikan kecepatan yang cukup maksimal. Tapi kamu perlu perhatikan, meski namanya gaya bebas, masih ada banyak teknik gerakan yang harus diikuti.

Sehingga kamu bisa berenang dengan benar dan tidak mengalami kegagalan. Berikut langkah gerakannya:

  • Sejajarkan tubuh dengan permukaan air dan kondisinya telungkup. Cobalah untuk bertahan selama mungkin. Tujuannya untuk melatih tubuh agar terbiasa dalam posisi seperti ini.
  • Lalu cobalah untuk menggerakkan kaki ke atas dan ke bawah seperti menendang. Gerakan inilah yang akan kamu lakukan ketika sedang dalam posisi renang gaya bebas.
  • Mulailah untuk mengangkat kedua tangan ke atas kepala dan mempertemukan kedua telapak tangan. Kayuh satu tangan dengan telapak tangan ke sisi bawah dan tarik ke belakang sampai ke samping paha.

Kemudian angkat ke permukaan air dan kembalikan ke posisi semula.

  • Pada saat itu lakukan hal yang sama untuk tangan satunya. Sehingga akan saling bergantian mengayuh ke sisi belakang agar menciptakan dorongan.
  • Ketika tangan sudah di samping paha, kamu bisa menolehkan kepala dan badan ke sisi tangan yang bergerak tersebut untuk mengambil nafas.

Kembalikan dengan segera saat tangan sudah kembali ke atas kepala dan arahkan kepala ke sisi satunya lagi.

  • Lakukan gerakan kepala ini senada dengan gerakan tangan untuk proses pengambilan nafas.

2. Renang dengan Gaya Dada

Renang dengan Gaya Dada

Renang gaya dada sebenarnya yang paling direkomendasikan untuk kamu yang masih pemula. Karena mudah dipelajari dan proses penyeimbangan tubuhnya juga lebih gampang. Secara sederhana, gaya ini tampak seperti katak yang berenang. Berikut langkahnya:

  • Sejajarkan tubuh lurus dengan permukaan air.
  • Mulai tekuk lutut ke sisi depan dan tendang dengan lebar ke arah luar agar menciptakan dorongan. Ulangi secara stabil.
  • Kayuh kedua tangan ke arah samping dengan rotasi dari arah kepala kemudian ke samping lalu masuk ke dada dan kembali ke kepala.

Ketika tangan sudah ke kepala, angkat kepala dan dada dan manfaatkan dorongan kayuhan tangan tadi untuk mempermudah gerakan.

  • Kembalikan kepala ke air ketika tangan sudah sampai di samping badan. Bisa ulangi gerakan ini setiap kali tangan akan mengayuh dan bisa menciptakan ritme yang rapi.

3. Renang dengan Gaya Punggung

Renang dengan Gaya Punggung

Macam-macam gaya renang yang satu ini memang berbeda dari lainnya. Karena posisi badan kamu harus terlentang tidak telungkup. Renang gaya ini biasa dimanfaatkan bagi orang yang ada masalah pada otot punggung. Berikut langkah gerakannya:

  • Posisikan badan terlentang di atas permukaan air dan pandangan mata terus lurus ke atas.
  • Tendang kaki ke arah atas dan bawah secara bergantian untuk membuat dorongan.
  • Tariklah lengan tangan ke sisi luar dengan mendahulukan ibu jari untuk memecah air. Kemudian kayuh dan arahkan kedua lengan tangan ke paha untuk membuat dorongan.
  • Lakukan semua gerakan tangan dan kaki tersebut secara terus menerus. Untuk pernafasan kamu bisa lebih bebas karena posisi kepala mengarah ke atas.

4. Renang dengan Gaya Kupu-Kupu

Renang dengan Gaya Kupu-Kupu

Gaya renang berikutnya adalah gaya kupu-kupu yang merupakan pengembangan yang lebih sulit dari renang gaya dada. Kalau memakai gaya ini, tubuh kamu bisa jauh lebih aktif dan manfaatnya akan membakar kalori yang jauh lebih banyak.

Berikut cara berenang dengan gaya kupu-kupu:

  • Posisikan badan kamu seperti saat mau melakukan renang gaya dada.
  • Gerakkan kaki dengan menendang untuk memberikan dorongan awal.
  • Ketika sudah mulai bergerak, angkat kedua lengan tangan secara bersamaan dan kayuh ke sisi depan. Dorong ke belakang sampai ke samping badan dan angkat lagi seperti semula. Ulangilah gerakan tangan ini secara terus menerus.
  • Saat tangan mau diangkat, tarik juga dada dan kepala ke atas permukaan air dan ambil nafas. Kemudian saat tangan turun untuk mengayuh di dalam air, kamu bisa menurunkan kembali dada dan kepala.
  • Gerakan badan ketika melakukan gaya ini biasanya akan membentuk huruf S. Jadi saat kepala turun maka bagian kaki dan pinggul akan sedikit naik.

5. Renang dengan Gaya Anjing

Renang dengan Gaya Anjing

Gaya renang yang satu ini cukup jarang ditemukan pada pertandingan resmi. Secara tampilan, renang gaya anjing sangat mirip dengan posisi anjing ketika berenang. Jadi kepala akan tetap berada di atas air dengan tangan dan kaki yang terus aktif bergerak di bawah air.

6. Renang dengan Gaya Samping

Renang dengan Gaya Samping

Kalau kamu sudah bosan dengan gaya-gaya renang yang normal, mungkin bisa mencoba renang gaya samping ini. Karena posisi tubuh akan sedikit miring sehingga membuat gerakan tangan dan kaki akan lebih sulit lagi.

Jadi gerakannya pertama bisa memposisikan tubuh menyamping dan buka kaki secara lebar layaknya gunting yang sedang terbuka. Kemudian gerakkan satu lengan yang berada di dalam air dengan model kayuhan.

Sementara lengan satunya yang ada di permukaan air tetap santai. Gerakkan kaki dengan terus menyilang agar bisa memberikan dorongan ke badan. Sementara kepala sebagian ada yang di dalam air dan di permukaan.

7. Trudgen

Trudgen

Renang gaya trudgen ini banyak yang menilai lebih mirip dengan gaya bebas. Bedanya hanya pada posisi kaki ketika sedang berenang. Untuk gaya trudgen, kaki akan bergerak dengan model menggunting.

Umumnya gerakan tangan dan badan tidak ada bedanya dengan gaya bebas. Jadi tangan akan saling bergantian mengayuh dari atas ke dalam air. Tendang kaki secara terus-terusan sehingga menciptakan gerakkan seperti menggunting.

Akhir Kata

Macam-macam gaya renang di atas bisa kamu pelajari untuk membuat gerakan renang yang bervariasi. Kalau masih kesulitan, disarankan menggunakan pelatih saja. Agar gerakkan yang dilakukan bisa benar dan tidak mengalami kegagalan.

Kalau menurut kamu informasi ini bermanfaat, silahkan share artikel ini ke teman-teman kamu. Sekian, salam olahraga!

Dicky Efendi

Halo! Saya Dicky Efendi, founder dari Olahraganesia.id. Dengan blog ini, saya bisa berbagi banyak informasi dan hal bermanfaat mengenai dunia olahraga pada semua orang. Follow ig @dkyefendi

Leave a Reply