You are currently viewing Ukuran Kolam Renang

Ukuran Kolam Renang

Olahraganesia.id – Sebagai salah satu olahraga yang ikut dipertandingkan secara resmi, renang juga memiliki ukuran lapangan pertandingan khusus. Ukuran kolam renang biasanya dibagi ke kelas nasional dan juga internasional.

Perbedaan ukuran antara lapangan untuk pertandingan dalam negeri atau nasional dan luar negeri atau internasional disebabkan oleh adanya organisasi yang berbeda.

Jadi kalau kamu mau membuat kolam untuk nasional, maka ikut aturan PRSI dan internasional ikut FINA.

Ukuran Kolam Renang Sesuai Standar

Ada beberapa penjelasan mengenai berapa ukuran tempat kolam renang yang harus dipatuhi kalau mau menyelenggarakan pertandingan nasional dan internasional. Karena biasanya ketika ada pertandingan internasional, maka para pemainnya berasal dari banyak negara.

Sehingga tingkat tinggi badan mereka juga berbeda-beda dan membuat batas ketinggian minimal juga tidak sama dibandingkan kolam pertandingan nasional.

Berikut ini beberapa ketentuan ukuran kolam renang:

1. Kolam Renang untuk Standar Nasional

Organisasi yang membawahi olahraga renang di Indonesia adalah PRSI atau Persatuan Renang Seluruh Indonesia. Untuk aturan ukurannya ada di bawah ini:

  • Panjang kolam renang = 50 meter.
  • Ukuran lebar kolam renang = 25 meter.
  • Tingkat kedalaman kolam renang paling rendah = 2 meter.
  • Ukuran lebar lintasan kolam renang = 2,5 meter.
  • Total jumlah lintasan pada kolam renang sebanyak = 8 lintasan.
  • Tingkat temperatur air di dalam kolam renang = 25 derajat Celcius sampai 28 derajat Celcius.

2. Kolam Renang untuk Standar Internasional

Kalau untuk ukuran area kolam renang skala internasional juga sangat berbeda jika dibandingkan kolam renang untuk nasional. Organisasi yang membawahi olahraga renang skala internasional adalah FINA atau Federation Internationale de Natation.

Berikut ini ukurannya:

  • Panjang arena kolam renang = 50 meter.
  • Lebar arena pertandingan kolam renang = 25 meter.
  • Tingkat kedalaman kolam renang minimal = 1,35 meter.
  • Tingkat suhu air pada kolam renang = 25 derajat Celcius sampai 28 derajat Celcius.
  • Lebar jalur lintasan renang = 2,5 meter.
  • Total banyak lintasan dalam satu arena kolam renang = 8 lintasan.

Baca Juga: Manfaat Olahraga Renang


3. Jumlah Lintasan Kolam Renang

Sebenarnya ada lagi pembagian ukuran kolam renang untuk bagian jumlah lintasannya. Nah untuk jumlah lintasan, dikelaskan lagi dengan didasarkan pada tipe dan juga ukuran dari kolam renang tersebut.

Sehingga setiap tipe dan ukuran punya jumlah lintasan yang berbeda-beda.

Berikut ini jumlah lintasannya berdasarkan tipe-tipe dari kolam renang tersebut:

  • Kolam Renang Tipe A

Kolam renang pertama adalah Tipe A yang digunakan untuk pertandingan dalam tingkatan Asia dan untuk Asia Tenggara. Untuk kolam renang tipe ini, jumlah lintasan dalam satu kolam renang ada 10 buah.

  • Kolam Renang Tipe B

Kemudian tingkat kedua adalah Tipe B yang merupakan kolam renang untuk pertandingan dalam tingkatan nasional, tingkat provinsi dan juga antar klub.

Karena untuk skala dalam negeri, maka jumlah lintasan yang ada dalam satu kolam ada 8 buah.

  • Kolam Renang Tipe C

Tingkat yang paling rendah ada Tipe C yaitu digunakan untuk pertandingan renang dalam skala kabupaten atau tingkatan kota. Untuk jumlah lintasan pada kolam renang Tipe C ada sebanyak 8 buah.

  • Kolam Renang Tipe A (Ukuran 50x26x3 Meter)

Ada juga pembagian jumlah lintasan pada kolam renang didasarkan pada tipe dan ukurannya. Pertama ini ada Tipe A dengan ukuran 50 x 26 x 3 meter. Jumlah total lintasan pada kolam tipe dan ukuran ini ada 10 lintasan.

  • Kolam Renang Tipe B (Ukuran 50×21 x1,3 – 2 Meter)

Pada tingkatan kedua ada kolam renang Tipe B yang ukurannya 50 x 21 x 1,3 – 2 meter. Kalau untuk kolam renang tipe dan ukuran ini, maka jumlah lintasannya ada 8 lintasan.

  • Kolam Renang Tipe C (Ukuran 50×21 x minimal 1,35 Meter)

Kemudian terakhir ada kolam renang Tipe C yang memiliki ukurannya 50 x 21 x minimal 1,35 meter. Jumlah totalnya sama dengan Tipe B yaitu sebanyak 8 buah.

4. Tali Lintasan

Bagian yang tidak boleh lupa untuk kolam renang pertandingan adalah tali lintasan. Ukuran panjangnya tali ini bebas sesuai dengan panjangnya kolam renang.

Untuk bahannya biasanya yang tahan korosi seperti nilon atau bahan lain yang kuat dan awet.

5. Ukuran Papan Landasan Kolam Renang

Untuk kolam renang pertandingan, sudah sangat wajar sekali terdapat papan landasan. Fungsinya biasanya sebagai lokasi peluncuran bagi para perenang yang bertanding. Ukurannya juga sudah ditentukan sebelumnya.

Panjang papan landasan kolam renang adalah sekitar 50 cm dengan lebar juga 50 cm. Kemudian tingginya berkisar 50 cm sampai 70 cm dan memiliki sudut maksimal 10 derajat.

Ada aturan khusus jika kolam mau dipakai lomba gaya punggung yaitu harus ada pegangan bagi perenang. Pegangan ini digunakan sebelum perenang meluncur lewat papan landasan dengan panjang 30 cm sampai 60 cm.


Baca Juga: Renang Gaya Dada


Ukuran Kolam Renang Non-Pertandingan

Selain ukuran resmi kolam renang untuk pertandingan, kamu bisa mempelajari ukuran pada kolam renang yang bukan untuk pertandingan. Untuk jenis ini biasanya dibedakan sesuai dengan kebutuhannya seperti untuk rumah, pribadi, anak-anak dan lain-lain.

Berikut penjelasannya:

1. Kolam Renang Rumah

Ukuran kolam untuk berenang khusus di dalam rumah, sebenarnya tidak ada aturan yang baku. Semua akan disesuaikan kembali dengan ketersediaan lahan di rumah kamu.

Namun biasanya jika untuk kolam renang pribadi, ukurannya 3×7 meter, 3×8 meter sampai 5×12 meter. Kedalamannya bertingkat mulai 60 cm dan paling dalam 2,5 meter. Sementara untuk kolam renang rumah khusus anak-anak, pastinya ukurannya jauh lebih kecil.

Bisa mulai dari 80 cm x 120 cm, 1,5×2 meter dengan kedalaman 30 cm dan maksimal 60–80 cm. Selain itu ukuran kolam renang untuk rumah juga bisa dibentuk menarik seperti huruf L. Biasanya kolam seperti ini khusus yang bersifat indoor atau di dalam ruangan.

Kalau mau menempatkannya secara indoor, harap kamu perhatikan tingkat keamanannya dari anak-anak. Mungkin bisa juga membuat kolam indoor khusus anak-anak dan kemudian orang dewasa dibuatkan kolam renang yang outdoor.

2. Kolam Renang Rumah Minimalis

Kolam renang untuk rumah minimalis biasanya tidak mementingkan lebar. Kamu hanya perlu membuat kolam yang cukup panjang tapi lebarnya juga tetap proporsional dan nyaman untuk berenang. Umumnya ada yang memakai ukuran 8 x 2 meter.

Jika ingin yang lebih kecil, bisa sekitar 6 x 2 meter. Perlu kamu ingat, usahakan lebarnya tidak kurang dari 2 meter. Karena ukuran 2 meter ini sudah jadi batas paling sempit agar tubuh bisa bergerak dengan bebas ketika berenang.

Walaupun memang lebih baik membuatnya sedikit lebar lagi demi kenyamanan dan keamanan saat berenang.


Baca Juga: Desain Kolam Renang


Akhir Kata

Ukuran kolam renang berbeda-beda sesuai dengan keperluannya. Tapi kalau kamu mau membuat kolam renang sendiri, maka ukurannya bisa bebas sesuai lahan yang kosong dan bisa dipakai.

Kalau menurut kamu informasi ini bermanfaat, silahkan share artikel ini ke teman-teman kamu. Sekian, salam olahraga!

Dicky Efendi

Halo! Saya Dicky Efendi, founder dari Olahraganesia.id. Dengan blog ini, saya bisa berbagi banyak informasi dan hal bermanfaat mengenai dunia olahraga pada semua orang. Follow ig @dkyefendi

Leave a Reply