You are currently viewing Induk Organisasi Renang

Induk Organisasi Renang

Olahraganesia.id – Hampir setiap bidang olahraga yang ada di Indonesia selalu memiliki organisasi yang menjadi induknya termasuk renang. Selain dalam tingkat nasional setiap negara, induk organisasi renang juga ada untuk skala dunia atau internasional.

Dengan keberadaan induk organisasi tersebut, olahraga renang menjadi lebih tertata. Selain itu juga biasanya lewat organisasi inilah bisa dicetak para atlet-atlet renang yang profesional. Sehingga benar-benar memberikan banyak manfaat untuk kemajuan olahraga.

Induk Organisasi Renang Indonesia ( PRSI )

Organisasi-Renang-Indonesia

Sebagai satu negara yang cukup sering menerjunkan atlet cabang olahraga renang, Indonesia juga memiliki organisasi khusus yang membawahi olahraga ini. Nama organisasinya adalah PRSI atau Persatuan Renang Seluruh Indonesia.

Bahkan organisasi ini sudah ada dan dirintis sejak sebelum Indonesia Merdeka dengan nama buatan Belanda. Kemudian barulah ketika Indonesia merdeka, dilakukan perubahan dan penyesuaian lagi sehingga memiliki nama yang mencirikan negara ini.

Sekarang induk organisasi renang yang ada di Indonesia ini sudah resmi dan memiliki landasan hukum. PRSI didaftarkan di depan Notaris Irmawati Habie SH, alamat Jl. Dewi Kartika No. 1-2 Jakarta Timur dengan akta pendirian 5 Maret tahun 2012.


Baca Juga: Renang Gaya Dada


Sejarah PRSI

Memang kalau kamu baca, sejarah pendirian secara sah dan resmi organisasi PRSI ini baru dilakukan pada tahun 2012 kemarin. Sementara itu sejarah rintisan organisasi ini sebenarnya sudah dimulai sejak sebelum Indonesia merdeka, tepatnya pada 1917 lalu.

Pertama kali ketika masih dalam penguasaan Belanda, telah didirikan organisasi renang dalam tingkat daerah yang bernama Bandungse Zwembond pada tahun 1917. Setelah itu baru muncul banyak sekali organisasi renang kedaerahan.

Di antara organisasi yang masih bersifat lokal itu seperti West Java Swemobond yang berdiri pada 1918. Organisasi ini sepertinya yang didirikan paling dekat dengan organisasi renang pertama tadi. Setelah itu baru muncul yang lainnya seperti Netherland Indische Zwembond pada 1924.

Kemudian muncul juga untuk daerah Jawa Timur yang bernama East Java Zwembond pada 1927 lalu. Karena masih bersifat kedaerahan, tugas dan tanggung jawab semua organisasi itu juga hanya di sekitar daerah yang dikuasainya.

Meski hanya kedaerahan, organisasi ini punya peran yang penting dalam sejarah pembentukan organisasi renang di Indonesia dalam skala nasional. Pada akhirnya setelah Indonesia memproklamasikan kemerdekaan, tahun 1951 mulai berdiri organisasi skala nasional.

Nama organisasinya adalah  Zwembond Voor Indonesia. Tapi kemudian pada 21 Maret 1951, ada organisasi yang bernama PBSI sebagai pengganti Zwembond Voor Indonesia tersebut. Setelah berdiri, dilangsungkan beberapa kongres penting dalam upaya memajukan dan menghidupi organisasi renang ini.

Berikut beberapa sejarah kongresnya:

  • Kongres I

Kongres yang pertama dilangsungkan pada tahun berdirinya organisasi PRSI ini yaitu tahun 1951. Pada kongres ini, dilakukan pertemuan dalam pembahasan berbagai permasalahan. Termasuk di antaranya nama organisasi dan lain-lain.

Hasil Kongres I PRSI menghasilkan Prof. dr. Poerwo Soedarmo sebagai ketua umum yang pertama. Ini akan menjadi sejarah renang awal organisasi di Indonesia.

  • Kongres II

Kongres berikutnya berlangsung pada 1954 dengan pembahasan beberapa agenda penting. Di antara hasil kongres in adalah mengganti kepemimpinan ke orang yang baru yaitu D. Soeprajogi sebagai ketua umum.

  • Kongres III

Kongres lanjutannya berlangsung tidak begitu lama dan lokasinya di Cirebon. Pada pertemuan penting ini tidak ada pergantian ketua umum. Namun ada penambahan kepengurusan sebanyak tiga orang.

  • Kongres IV

Pada kongres yang ke empat inilah terjadi perubahan nama yang sangat penting sekali. Dari awalnya bernama Zwembond Voor Indonesia yang masih sangat khas Belanda, kemudian ke PBSI dan terakhir berganti ke PRSI atau Persatuan Renang Seluruh Indonesia.

Setelah itu, PRSI juga masih sering melangsungkan kongres rutin sebagai agendanya. Minimal dilangsungkan sebanyak 1 kali dalam periode empat tahun. Selain itu kongres juga akan dilakukan jika ada permasalahan yang sulit diselesaikan.

Visi PRSI

Sebagai sebuah organisasi, pastinya Persatuan Renang Seluruh Indonesia juga memiliki visi. Pada dasarnya visi ini merupakan sebuah keinginan terpendam yang dimiliki sebuah organisasi. Tanpa adanya visi, maka organisasi hanya akan berjalan tanpa arah dan tujuan.

Visi yang dipegang PRSI yaitu berupa “Membangun Karakter dan Mengharumkan Nama Bangsa Melalui Olahraga Akuatik”. Dari visi ini bisa kamu lihat bahwa PRSI memiliki tujuan organisasi untuk mencetak generasi penerus yang memiliki karakter terbaik.

Mereka akan diterjunkan untuk bertanding dan mengharumkan nama Indonesia lewat olahraga renang.

Misi PRSI

PRSI juga memiliki misi sebagai bentuk penjabaran lebih lanjut dari visi. Ada sekitar 5 misi yang dipegang oleh PRSI sebagai sebuah organisasi. Berikut misinya:

  1. Memasyarakatkan Olahraga Renang Sebagai Kebutuhan Hidup Dasar;
  2. Menjadikan Olahraga Renang Sebagai Gaya Hidup Sehat;
  3. Mendorong Lahirnya Atlet-Atlet Akuatik yang Berprestasi;
  4. Merangkul Semua Pihak dalam Mengembangkan Olahraga Akuatik; dan
  5. Memastikan Perbaikan Kualitas SDM yang Merata di Semua Daerah.

Baca Juga: Sejarah Renang


Induk Organisasi Renang Dunia ( FINA )

Organisasi Renang Internasional

Selain harus tahu organisasi yang membawahi olahraga renang di Indonesia, kamu juga harus mengerti apa organisasi renang internasional. Nah nama organisasinya adalah FINA atau Federation Internationale de Natation.

Organisasi ini mulai dirintis pada tahun 1908 lalu tepatnya di negara Inggris dengan kotanya di Manchester. Organisasi dalam skala internasional atau dunia ini dibentuk bersamaan dengan dilangsungkannya Olimpiade London.

Awalnya ada sekitar 8 negara yang mendeklarasikan diri untuk berada di bawah naungan FINA induk organisasi renang dunia. Negara itu seperti Belgia, Jerman, Denmark, Britania Raya, Swedia, Perancis, Finlandia dan juga Hongaria.

Memang secara resmi organisasinya baru saja didirikan pada tahun 1908. Namun perkembangan dimulainya renang sebagai olahraga yang dilombakan sudah terjadi sejak tahun 1896. Pada tahun tersebut bahkan sudah ada cabang olahraga renang dalam Olimpiade dunia.

Perkembangan organisasi internasional ini sendiri juga sangat pesat sekali. Awalnya memang hanya ada 8 negara yang menyatakan diri berada di bawah FINA. Namun seiring berjalannya waktu, sudah ada sekitar 197 negara yang tergabung dalam organisasi ini.

Meski dideklarasikan di Inggris, untuk markas atau kantor utama FINA ada di Lausanne, Swiss. Lokasi ini bersama dengan beberapa organisasi internasional besar lainnya yang memiliki peranan sangat penting.


Baca Juga: Cara Berenang


Visi dan Misi

Sebenarnya selain membawahi olahraga renang, FINA juga menaungi beberapa olahraga air lain. Di antara olahraga tersebut seperti polo air, selam, renang indah dan juga olahraga renang perairan terbuka. Sebagai organisasi yang memiliki cakupan luas, FINA juga punya visi dan misi tersendiri.

Untuk hal-hal yang dilakukan FINA sejauh ini seperti melangsungkan kejuaraan dalam tingkat internasional antar negara dan per regional. Selain itu FINA juga berupaya untuk memajukan olahraga renang dunia.

Bentuk dari visi itu adalah dengan menjalankan misi menambah fasilitas olahraga renang agar semakin banyak dan memadai. FINA juga menjadi pihak yang mengatur peraturan internasional kejuaraan untuk olahraga yang dibawahinya.

Akhir Kata

Ada dua organisasi penting yang membawahi olahraga renang yaitu untuk dalam negeri ada PRSI dan internasional dipegang oleh FINA. Kamu harus tahu kalau fungsi induk organisasi renang ini sangat penting untuk memajukan olahraga renang untuk segala tingkatan.

Kalau menurut kamu informasi ini bermanfaat, silahkan share artikel ini ke teman-teman kamu. Sekian, salam olahraga!

Dicky Efendi

Halo! Saya Dicky Efendi, founder dari Olahraganesia.id. Dengan blog ini, saya bisa berbagi banyak informasi dan hal bermanfaat mengenai dunia olahraga pada semua orang. Follow ig @dkyefendi

Leave a Reply