Dicky Efendi "Rajinlah latihan agar kemampuan tetap terasah dan fisik tetap terjaga."

Induk Organisasi Softball

1 min read

Induk Organisasi Softball

Olahraganesia.id – Olahraga dengan teknik memukul bola softball memang kurang populer di Indonesia. Meskipun faktanya, prestasi pemain softball di tanah air cukup membanggakan. Cabang olahraga ini tergabung dalam sebuah induk organisasi softball dunia atau World Baseball Softball Confederation (WBSC).

Dalam hal ini, WSBC bergerak bersama dengan International Softball Federation (ISF). WSBC merupakan federasi gabungan baru untuk bisbol dan softball. Sedangkan ISF hanya fokus softball saja. Sementara itu, di Indonesia terdapat organisasi nasional yang mewadahi softball, Perbasasi.

Induk Organisasi Softball International

Induk Organisasi Softball International

Federasi Softball Internasional (ISF) merupakan badan pengatur olahraga softball bertaraf internasional dengan kantor pusat pelatihan di Florida. Organisasi inilah yang bertugas membuat peraturan-peraturan softball untuk diberlakukan secara universal di seluruh bagian negara dunia.

Sejarah Berdirinya ISF

ISF diprakarsai oleh Nick Barack, yang kemudian menjadi Presiden Asosiasi Softball Amatir (ASA). Pada pertemuan Dewan Komisaris di tahun 1950 yang sekaligus menjadi awal berdirinya Federasi Softball Internasional, sekitar 250.000 tim softball aktif di seantero AS dan Kanada sudah terdaftar.

Pada tahun 1952, Nick Barack diangkat menjadi Presiden ISF. Setahun kemudian, berbagai organisasi softball nasional dari berbagai negara mulai bergabung, termasuk Australia dan Jepang. Sejak ISF resmi didirikan, berbagai turnamen dan Kejuaraan Softball Dunia mulai diselenggarakan.

Tugas ISF

Federasi Softball Internasional bertugas mengatur dan menyelenggarakan kejuaraan regional dan dunia reguler untuk pria dan wanita. Selain itu, ISF juga memberikan sanksi pada kejuaraan regional, serta memberi aturan bermain resmi untuk kompetisi internasional, termasuk olimpiade.

Visi dan Misi ISF

ISF memiliki visi mengembangkan dan memberikan dukungan teknis pada pertandingan regional (multi-olahraga). Misi yang dilakukan adalah dengan mengkampanyekan permainan softbal untuk memperkenalkan jenis permainan bola kecil ini secara lebih luas, dan mengadakan turnamen.

Induk Organisasi Softball Nasional

Induk Organisasi Softball Nasional

Sementara itu, permainan softball dan baseball di Indonesia dinaungi oleh organisasi Perbasasi atau Persatuan Baseball dan Softball Seluruh Indonesia, yang dibentuk pada tahun 1967 silam.

Dikutip dari sebuah buku berjudul “Softball dan Baseball (Teori dan Praktik)”, yang ditulis oleh Dr. Anggi Setia Lengkana, M.Pd dan Rana Gustian Nugraha, M.Pd, disebutkan bahwa perkembangan softball di tanah air sebenarnya sudah dimulai sejak sebelum perang kemerdekaan.

Akan tetapi, masa saat itu cakupan lingkungannya masih sangat terbatas. Pada awalnya, softball juga dianggap sebagai permainan yang cocok untuk kaum perempuan saja. Di pertandingan yang diselenggarakan hingga tahun 1966, kompetisi softball hanya diikuti oleh peserta putri saja.

Setelah organisasi Perbasasi didirikan pada tahun 1967, kompetisi softball tingkat nasional mulai diselenggarakan pada tahun yang sama. Kejuaraan tingkat nasional pertama, yaitu Kejuaraan Nasional I Baseball/Softball di Jakarta dilangsungkan secara perdana pada tahun 1967.

Tugas Perbasasi

Persatuan Baseball dan Softball Seluruh Indonesia dibentuk untuk menjalankan beberapa tugas dan fungsi krusial yang secara keseluruhan bertujuan untuk mendukung aktivitas bermain. Secara umum, Perbasasi memiliki tugas untuk membina, mengatur, mewadahi, dan mendukung kegiatan softball.

Visi dan Misi Perbasasi

Seiring berjalannya waktu, softball terus mengalami perkembangan, dan saat ini telah menjadi salah satu event wajib untuk diselenggarakan dalam acara tahunan Pekan Olahraga Nasional (PON).

Sementara itu, Perbasasi memiliki visi dan misi untuk memperbaiki pembinaan baseball dan softball di tanah air. Hal tersebut diimplementasikan dalam bentuk menyelenggarakan pertandingan dan turnamen teratur, termasuk dengan memasukkan softball sebagai salah satu olahraga di sekolah.

Akhir Kata

Induk organisasi softball memiliki peran penting untuk menaungi, memfasilitasi, dan mendukung pemain softball sebagai upaya mengembangkan permainan ini. Dengan begitu, maka peminta permainan bola pukul ini merasa lebih antusias dalam melatih diri dan mencetak prestasi.

Kalau menurut kamu informasi ini bermanfaat, silahkan share artikel ini ke teman-teman kamu. Sekian, salam olahraga!

Dicky Efendi "Rajinlah latihan agar kemampuan tetap terasah dan fisik tetap terjaga."

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *