Dicky Efendi "Rajinlah latihan agar kemampuan tetap terasah dan fisik tetap terjaga."

Manfaat Futsal

2 min read

Manfaat Bermain Futsal

Olahraganesia.id – Futsal awalnya merupakan jenis olahraga yang sangat digemari oleh kaum pria. Akan tetapi seiring berjalannya waktu, banyak juga wanita yang mengisi waktu luang dengan bermain futsal.

Selain menyenangkan, nyatanya olahraga futsal sendiri memiliki banyak manfaat lho.

Yuk, langsung saja simak apa saja manfaat olahraga futsal berikut ini.

Daftar Manfaat Bermain Futsal

Anda hobi bermain futsal? Bagus, Anda akan mendapatkan beberapa manfaat berikut ini:

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Menjaga Kesehatan Jantung

Para pemain futsal cenderung bergerak dengan gesit ke arah depan dan ke belakang saat pertandingan, karena umumnya permainan tersebut terdiri atas 5 orang. Banyak pemain yang tanpa sadar berjalan biasa, berlari, jogging dan melompat dalam pertandingan yang berlangsung selama 20-40 menit.

Jika ditinjau lebih dalam dari segi kesehatan tubuh, latihan futsal juga memiliki banyak manfaat lain. Latihan bisa membuat pemain bisa menjaga kesehatan jantungnya, terhindar dari risiko plak arteri, dapat membakar kalori serta mengurangi tekanan darah yang tinggi.


Baca Juga: Istilah Dalam Futsal


2. Membakar Lemak Serta Menambah Tinggi Badan

Membakar Lemak Serta Menambah Tinggi Badan

Pasti banyak yang sudah mengetahui bahwa latihan futsal bisa menjadi jalan keluar bagi Anda yang berniat untuk menurunkan berat badan. Karena konsepnya sama dengan bermain sepak bola, futsal bisa membantu mencegah terjadinya obesitas dan menguras keringat secara optimal.

Setelah keringat pada tubuh banyak yang keluar, kemudian lemak akan terbakar menjadi simpanan energi yang sempurna untuk memperkuat otot. Bagi Anda yang hobi bermain futsal pasti cenderung memiliki otot dan tubuh yang kuat dalam setiap sisi, termasuk pada bagian perut dan betis.

Tidak hanya bisa membantu membakar lemak tubuh, manfaat bermain futsal juga bisa meningkatkan tinggi badan. Mengapa demikian? Karena aktivitas futsal memungkinkan terjadinya gerakan aktif pada tulang sehingga dapat mempengaruhi ketinggian tubuh.

3. Membangun Kekuatan Otot

Membangun Kekuatan Otot

Karena teknik dasar permainannya sama dengan sepak bola, futsal juga bermanfaat untuk memperkuat otot paha, kaki, perut dan juga dada. Akan tetapi hal tersebut bisa terjadi ketika Anda bermain futsal secara rutin. Karena melatih kekuatan otot tidak bisa terjadi secara instan dan cepat begitu saja.

Saat Anda bermain futsal dengan tujuan untuk membangun otot, maka ada beberapa manfaat lain yang bisa dirasakan. Manfaat tersebut meliputi tidak mudah lelah saat beraktivitas, terlihat energik dan daya tahan tubuh lebih meningkat serta tidak mudah sakit.


Baca Juga: Ukuran Gawang Futsal


Lalu Apa Saja Manfaat Futsal Bagi Kesehatan Mental?

Dilansir dari Olahraganesia, futsal tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh manusia, tetapi juga mampu menjaga kesehatan mental. Bahkan banyak diyakini dengan bermain futsal akan membantu dalam pembentukan karakter seseorang.

1. Membangun Karakter Serta Tanggung Jawab

Membangun Karakter Serta Tanggung Jawab

Permainan futsal bukanlah jenis olahraga yang mementingkan keahlian individu, tetapi mengedepankan kerja sama tim. Salah satu manfaat bermain futsal yaitu bisa melatih karakter pemainnya untuk menjaga solidaritas dan tanggung jawab saat bola telah direbut oleh lawan.

2. Melatih Otak dan Menghilangkan Stress

Melatih Otak dan Menghilangkan Stress

Futsal dapat dipercaya untuk menurunkan tingkat stres atau depresi pada seseorang. Biasanya banyak orang yang lelah beraktivitas karena urusan kuliah, sekolah dan kerja memilih untuk melampiaskannya dengan bermain futsal. Dengan begitu, kepenatan akan hilang seketika.

Tidak hanya itu, bermain futsal juga bisa melatih kecepatan dalam berfikir otak dan melatih kreativitas. Disitu setiap pemainnya akan berusaha mengatur taktik untuk memenangkan pertandingan. Dari situlah para pemain dituntut untuk segera mengambil keputusan.


Baca Juga: Ukuran Lapangan Futsal


Akhir Kata

Manfaat bermain futsal tidak hanya bisa mempengaruhi kesehatan tubuh, tetapi juga kesehatan mental. Walaupun hasil akhirnya adalah rasa capek, akan tetapi futsal bisa menghapus kepenatan yang dialami oleh pemainnya. Dengan begitu futsal bisa mencegah stres yang biasa dialami dalam kehidupan.

Kalau menurut kamu informasi ini bermanfaat, silahkan share artikel ini ke teman-teman kamu. Sekian, salam olahraga!

Dicky Efendi "Rajinlah latihan agar kemampuan tetap terasah dan fisik tetap terjaga."

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *