You are currently viewing Ini Dia Jumlah Pemain Futsal yang Benar

Ini Dia Jumlah Pemain Futsal yang Benar

Olahraganesia.id – Futsal dan sepak bola merupakan olahraga yang sama, sama-sama menggunakan bola dan bermain di lapangan. Akan tetapi ada perbedaan yaitu terletak pada jumlah pemain futsal. Futsal memiliki nama lain indoo soccer yang artinya permainan sepak bola di dalam lapangan.

Olahraga futsal pertama kali dimainkan di Negara Uruguay pada tahun 1930 merupakan sebuah olahraga bola dengan dua tim yang bermain. Futsal merupakan singkatan dari futbol dan sala yang artinya sepak bola dalam ruangan.

Simak uraian di bawah ini mengenai jumlah pemain pada olahraga futsal.

Jumlah Pemain Futsal Dalam Satu Tim

Jumlah Pemain Futsal Dalam Satu Tim

Berdasarkan peraturan futsal dari internasional adapun untuk jumlah pemain futsal dalam satu tim adalah lima orang. Futsal bisa berjalan apabila sudah ada dua tim yang akan bertanding. Lima orang dalam futsal itu sudah termasuk penjaga gawang, jadi yang bertanding adalah 4 orang.

Dalam permainan futsal juga memiliki peraturannya sendiri. Peraturan pertama adalah tidak ada hakim garis dan menggunakan 2 wasit. Adapun untuk metode pergantian pemain menggunakan metode melayang.

Metode melayang adalah sebuah metode yang memperbolehkan pemain futsal untuk mengganti pemain kapan saja kecuali kiper. Penjaga gawang bisa diganti apabila disetujui oleh wasit atau saat bola sedang tidak dimainkan.

Peraturan berikutnya adalah mengenai wasit yang tidak diizinkan untuk masuk ke arena lapangan. Wasit yang diperbolehkan berdiri di luar garis lapangan, wasit boleh masuk ke arena apabila terjadi pelanggaran saja. Adapun lama permainan bola futsal adalah 2 x 20 menit.

Jumlah Pemain Cadangan Futsal

Jumlah Cadangan Pemain Futsal

Berikutnya mengenai jumlah pemain futsal untuk pemain cadangan. Pada peraturan internasional sudah dijelaskan bahwa maksimal setiap tim memiliki 2 pemain cadangan dengan total semua pemain termasuk pemain inti adalah 7 orang.


Baca Juga: Nama Tim Futsal Keren


Jumlah Pemain Minimal untuk Mengakhiri Pertandingan

Adapun untuk jumlah pemain futsal minimal yang bisa mengakhiri pertandingan adalah 2 orang tidak termasuk pemain cedera. Sedangkan untuk lama waktu istirahat permainan futsal adalah 10 menit. Perpanjangan waktu pada pertandingan adalah 2 x 5 menit.

Batas Jumlah Pergantian Pemain Futsal

Adapun batas jumlah pergantian pemain futsal adalah sebanyak 9 kali dan tentunya berbeda dengan sepak bola biasa. Pergantian pemain futsal juga tidak harus menunggu persetujuan dari wasit kecuali jika ada pergantian kiper. Pergantian kiper harus berdasarkan persetujuan wasit.

Nama Posisi dan Peran Pemain Futsal

Setiap orang dalam futsal memiliki perannya masing-masing. Adapun untuk peran dan fungsi dari posisi para pemain futsal adalah sebagai berikut:

Anchor

Anchor merupakan posisi yang dijadikan sebagai pemain bertahan. Anchor adalah orang yang bertugas untuk mengatur serangan tim dan posisi anchor berada di depan penjaga gawang. Selain itu tugas lain anchor adalah mengamankan daerah pertahanan agar tidak dibobol lawan.

Seorang anchor harus memiliki fisik yang prima dan kuat serta memiliki kemampuan penguasaan bola dengan baik.

Flank

Posisi kedua adalah flank yang bertugas untuk motor serangan dan posisinya berada di sebelah kanan atau kiri lapangan. Tugas lain dari flank adalah menghubungkan serangan antara anchor dan pivot. Flank berada di posisi yang strategis untuk menjebol gawang lawan.

Pivot

Posisi ketiga ini berada di paling depan dan dijadikan sebagai pemimpin serangan. Pivot juga memiliki peran untuk membuat serangan, menjebol gawang lawan dan menjaga agar bola tidak masuk ke daerah pertahanan tim.

Penjaga Gawang

Penjaga gawang atau kiper adalah orang yang menjaga bola agar tidak masuk ke gawang. Posisinya tepat berada di depan gawang dan membutuhkan orang yang memiliki kelincahan, kecepatan dan kekuatan. Seorang penjaga gawang juga harus mahir menangkap bola yang ditendangkan ke gawangnya.


Baca Juga: Kata Kata Anak Futsal


Akhir Kata

Jumlah pemain futsal dalam setiap tim adalah 5 orang termasuk penjaga gawang. Perbedaan futsal dengan sepak bola adalah dari peraturan pergantian pemain. Pergantian pemain futsal tidak meminta persetujuan dari wasit, berbeda dengan sepak bola.

Kalau menurut kamu informasi ini bermanfaat, silahkan share artikel ini ke teman-teman kamu. Sekian, salam olahraga!

Dicky Efendi

Halo! Saya Dicky Efendi, founder dari Olahraganesia.id. Dengan blog ini, saya bisa berbagi banyak informasi dan hal bermanfaat mengenai dunia olahraga pada semua orang. Follow ig @dkyefendi

Leave a Reply