You are currently viewing Formasi Futsal

Formasi Futsal

Olahraganesia.id – Permainan futsal termasuk jenis permainan yang membutuhkan kerjasama tim yang bagus dan strategi. Salah satu kunci untuk memenangkan pertandingan futsal ialah dengan merancang strategi. Di sini kamu bisa mempelajari formasi futsal terbaik agar kamu bisa menang.

Setiap pertandingan futsal, kedua tim pasti memiliki formasi tersendiri yang mereka terapkan sesuai dengan instruksi dari pelatih masing-masing tim. Bisa saja dalam suatu pertandingan, kedua tim menerapkan formasi yang sama tetapi hasil tergantung pada kemampuan dan kerjasama tim.

Yuk, simak formasi futsal terbaik dibawah ini!

Pentingnya Formasi Futsal Terbaik untuk Menyerang dan Bertahan

Formasi Futsal

Kamu bisa membayangkan sendiri jika bermain futsal tanpa menerapkan formasi yang baik, maka sangat sulit untuk menentukan taktik dalam menyerang maupun bertahan. Tanpa formasi, cara bermain suatu tim futsal terkesan berantakan dan tidak terarah, misalnya cenderung menguasai bola sendiri.

Apabila hal ini terjadi, kerjasama antar pemain kurang solid dan sulit mencetak gol. Sebaliknya, tim yang menerapkan formasi futsal cenderung bermain dengan rapi karena setiap pemain sudah menyadari peran masing-masing dan tahu apa yang harus mereka lakukan dalam situasi tertentu.

Dengan demikian, para pemain yang mengikuti formasi futsal dapat bekerjasama dengan baik dan mampu mengontrol egonya, sehingga dapat bermain sesuai porsi masing-masing. Tiap tim dapat menyerang ataupun bertahan sesuai dengan formasi futsal di bawah ini.


Baca Juga: Ukuran Lapangan Futsal


Formasi Futsal Cocok untuk Menyerang

Beberapa pelatih akan melihat situasi dan kondisi terlebih dahulu dalam menerapkan sebuah formasi, entah itu formasi menyerang atau juga formasi bertahan.

Yuk, simak terlebih dahulu mengenai formasi futsal terbaik yang cocok dalam menyerang.

1. Formasi The Y 1-1-2

Formasi The Y 1-1-2

Jenis formasi yang juga sering kamu lihat dalam pertandingan futsal ialah formasi 1-1-2. Pada dasarnya formasi 1-1-2 termasuk formasi futsal terbaik yang wajib kamu coba. Hal ini karena formasi 1-1-2 cukup efektif dalam penyerangan.

Wajar saja apabila tim yang menggunakan formasi 3-1 yang notabene kuat dalam pertahanan kemudian beralih ke formasi 1-1-2 untuk melancarkan serangan balik terhadap lawan. Jadi, formasi ini terdiri dari 2 penyerang di depan, 1 penyeimbang di tengah dan 1 pemain sebagai anchor di belakang.

2. Formasi The Diamond 1-2-1

Formasi The Diamond 1-2-1

Kamu tak perlu bingung mencari formasi yang ideal dalam pertandingan futsal. Kamu bisa mencoba formasi futsal terbaik yakni formasi 1-2-1 yang mampu menyeimbangkan kekuatan menyerang dan bertahan. Dengan kata lain, formasi ini cukup seimbang dalam permainan futsal.

Penerapan formasi 1-2-1 memerlukan 1 pemain yang berada di area lawan sehingga fokus pada penyerangan, 2 pemain di tengah lapangan yang tugasnya cukup flexible yakni membantu menyerang dan bertahan, serta 1 pemain lainnya ada di belakang, lebih tepatnya area pertahanan timnya sendiri.

Di samping itu, kelebihan dari formasi 1-2-1 yaitu memungkinkan tim kamu untuk menguasai bola. Hal ini dapat membantu pemain dalam melebarkan permainannya dan memudahkan menyerang lawan dari kedua sisi lapangan.

3. Formasi 0-4

Formasi 0-4

Kebalikan dari formasi 4-0 yang fokus pada pertahanan, formasi 0-4 lebih fokus pada penyerangan. Dalam formasi ini terdapat 4 pemain yang berada di area lapangan lawan sehingga mereka dapat memaksimalkan taktik menyerang pertahanan musuh.

Sebenarnya menerapkan 4-0 tanpa menggunakan variasi yang lain cukup riskan karena meninggalkan area pertahanan tanpa penjagaan kecuali penjaga gawang yang kompetensinya di atas rata-rata. Namun tak ada jaminan ketika musuh tiba-tiba menguasai bola dan menyerang secara intensif.

Untuk itu perlu adanya menggabungkan beberapa formasi futsal terbaik dalam pertandingan agar lebih bervariasi. Penggunaan formasi 0-4 dapat kamu kombinasikan dengan variasi lain seperti 1-1-2, 3-1 atau 1-2-1. Variasi formasi akan menyeimbangkan taktik menyerang dan bertahan.

4. Formasi Hail Mary 1-3

Formasi Hail Mary 1-3

Selain formasi 0-4, ada lagi formasi yang memfokuskan pada penyerangan seperti misalnya formasi 1-3. Dalam formasi 1-3, terdapat 3 pemain yang berada di area lawan dan fokus untuk menyerang lawan. Satu pemain yang ada di belakang garis tengah fokus pada pertahanan.

Formasi 1-3 memang cukup efektif dalam strategi penyerangan dan cukup fleksibel ketika kamu ingin berganti ke formasi lain. Dalam keadaan mendesak, kamu dapat berganti formasi dari 1-3 ke formasi 1-2-1. Perubahan variasi 1-3 ke 1-2-1 memang sangat ideal.


Baca Juga: Posisi Pemain Futsal dan Tugasnya


Formasi Futsal Cocok untuk Bertahan

Selain formasi menyerang, setiap pelatih dalam sebuah tim futsal juga harus mempunyai strategi untuk bertahan. Tentu hal ini cukup penting bagi tim yang ingin menahan kedudukan dalam keadaan unggul.

Formasi bertahan merupakan strategi yang bisa digunakan ketika menghadapi tim yang cukup kuat. Bermain defensive dan melakukan serangan balik merupakan cara yang dibilang tepat untuk menghadapi tim kuat tersebut.

Berikut ini formasi bertahan dalam dunia futsal.

1. Formasi The Box 2-2

Formasi The Box 2-2

Rupanya formasi 2-2 bukan hanya merupakan formasi futsal terbaik tetapi juga formasi yang paling terkenal karena sebagian besar tim futsal menerapkan formasi 2-2. Hal ini karena formasi 2-2 sangat ideal untuk menyerang maupun bertahan.

Beberapa orang menyebut formasi 2-2 sebagai formasi square karena posisi dua pemain di area depan dan dua pemain di area belakang terlihat seperti kotak. Formasi square ini membutuhkan komunikasi yang bagus antar pemain sehingga saling support dalam menyerang atau bertahan

Dalam kondisi di mana tim lawan sangat kuat dan kedua pemain belakang tidak mampu menghentikan serangan mereka, maka salah satu pemain yang ada di depan harus segera membantu pertahanan. Begitu pun sebaliknya dalam melakukan serangan, salah satu pemain belakang dapat turut membantu.

Strategi ini sangat tepat apabila dua pemain depan cukup kuat dalam melawan musuh one on one. Pemain depan juga harus mempunyai keahlian dalam menembak bola secara akurat dan kecepatan lari yang tinggi.

2. Formasi The 4-0

Formasi The 4-0

Seperti apa sih formasi 4-0? Formasi 4-0 adalah strategi pertahanan terbaik karena terdiri dari 4 pemain yang berada di belakang garis tengah. Tujuan dari formasi ini ialah menjaga gawang sendiri semaksimal mungkin dengan menghalau serangan musuh.

Apakah bisa menang hanya dengan bertahan terus-menerus menggunakan formasi 4-0? Oleh sebab itu, suatu tim tak hanya menerapkan satu formasi saja. Di tengah permainan bisa mencoba variasi lain seperti formasi 1-1-2, formasi 3-1, atau formasi 1-2-1.

3. Formasi Parking The Bus 3-1

Formasi Parking The Bus 3-1

Formasi futsal memang ada banyak, salah satunya adalah formasi 3-1. Dalam formasi 3-1, hanya ada 3 pemain yang berdiri sejajar di area pertahanan. Sedangkan 1 pemain lainnya bertugas menjadi penyerang tunggal atau target man.

Istilah lain yang mengacu pada 3-1 adalah the wall karena strategi ini lebih fokus pada defense atau pertahanan secara optimal. Strategi ini cukup aman dan efektif apabila suatu tim sudah unggul dan hanya tinggal fokus menjaga gawang saja agar tidak kebobolan.

Di tengah-tengah permainan, formasi ini mungkin saja dapat berubah ke formasi lain. Biasanya tim yang menerapkan formasi 3-1 di awal, ketika sudah mulai menyerang mereka dapat berubah ke formasi 1-1-2 atau 1-2-1. Perubahan formasi ini hanya sebagai variasi saja sesuai dengan kondisi saat itu.

Sebenarnya, formasi 3-1 lebih mengutamakan pertahanan dengan menempatkan tiga pemain sekaligus di belakang. Formasi ini sangat cocok untuk tim yang memiliki tiga pemain bertipe anchor. Pelatih harus pintar-pintar mengenali tipe dan potensi individu sebelum menerapkan suatu formasi.

4. Formasi The Pyramid 2-1-1

Formasi The Pyramid 2-1-1

Strategi lain dalam menyeimbangkan penyerangan dan pertahanan adalah dengan menerapkan formasi 2-1-1. Dua pemain berada di belakang, 1 pemain di tengah dan 1 lagi di depan.

Kamu harus mengenali potensi masing-masing pemain agar menemukan formasi apa yang paling efektif.


Baca Juga: Ukuran Bola Futsal


Akhir Kata

Jenis-jenis formasi futsal terbaik sudah tertera di atas, semoga dapat menginspirasimu dalam menentukan strategi yang tepat ketika bermain futsal. Tetapi jangan lupa untuk meningkatkan skill individu dan kerjasama yang bagus antar pemain.

Pelatih harus jeli dalam melihat potensi pemain-pemain futsal sehingga dapat menerapkan formasi futsal terbaik demi memenangkan pertandingan.

Kalau menurut kamu informasi ini bermanfaat, silahkan share artikel ini ke teman-teman kamu. Sekian, salam olahraga!

Dicky Efendi

Halo! Saya Dicky Efendi, founder dari Olahraganesia.id. Dengan blog ini, saya bisa berbagi banyak informasi dan hal bermanfaat mengenai dunia olahraga pada semua orang. Follow ig @dkyefendi

Leave a Reply