You are currently viewing Teknik Pukulan Servis Bulu Tangkis

Teknik Pukulan Servis Bulu Tangkis

Olahraganesia.id – Olahraga bulu tangkis bukan hanya sekadar tentang adu kecepatan dan kelincahan saja. Dalam permainan ini terdapat banyak teknik yang perlu dipahami, salah satunya yaitu servis bulu tangkis. Rupanya, teknik servis terdiri dari beragam jenis yang tentunya memiliki ciri khas masing-masing.

Berlatih pukulan servis yang tepat akan membantu kamu menjadi lebih unggul dalam mengawali serangan maupun mencetak poin. Servis merupakan salah satu teknik dasar permainan bulu tangkis yang berupa pukulan awal memulai pertandingan. Tujuannya yakni untuk melambungkan shuttlecock ke bidang lawan.

Pengertian Servis

Servis merupakan salah satu jenis pukulan dalam permainan bulu tangkis yang sangat penting dikuasai oleh para pemain. Pukulan ini harus dilakukan dengan teknik grip dan footwork yang tepat agar shuttlecock dapat melesat tajam ke wilayah lapangan lawan.

Dalam servis bulu tangkis, langkah kaki termasuk elemen yang perlu dipahami cara kerjanya oleh pemain. Seperti yang diketahui, sikap dan langkah kaki yang benar dalam bulu tangkis merupakan syarat utama untuk meningkatkan kualitas permainan saat memukul shuttlecock.

Servis adalah modal awal pemain untuk memenangkan pertandingan. Dengan kata lain, tidak akan mampu meraih poin jika tidak dapat menguasai teknik servis dengan baik.

Teknik Servis Bulu Tangkis yang Akurat

Teknik Servis Bulu Tangkis yang Akurat

Berlatih teknik servis perlu dikuasai oleh setiap pemain badminton agar lebih lincah dalam bermain. Untuk melakukan servis badminton terdiri dari beberapa teknik, mulai dari teknik sederhana hingga teknik tembakan yang bisa saja langsung mematikan lawan.

Beberapa teknik pukulan servis bulu tangkis yaitu sebagai berikut:

1. Servis Forehand Rendah

Jenis servis badminton yang pertama adalah servis forehand rendah. Umumnya, servis forehand rendah digunakan oleh para atlet dalam olahraga bulu tangkis tunggal. Teknik servis ini sangat mengandalkan pergelangan tangan supaya jarak pukul shuttlecok pendek dan jatuh di dekat area garis net.

2. Servis Forehand Tinggi

Jenis servis bulu tangkis yang berikutnya yaitu servis forehand tinggi. Seperti halnya servis forehand rendah, teknik yang satu ini juga masih berfokus pada jentikan pergelangan tangan. Teknik ini dilakukan agar jarak lintas shuttlecock bisa lebih aman.

Kamu perlu mengeluarkan energi yang lebih besar ketika memukul shuttlecock menggunakan servis forehand tinggi. Tujuannya agar shuttlecock dapat lebih melambung tinggi dan jatuhnya tegak lurus di bagian belakang garis area lawan. Agar hasil optimal, lakukanlah latihan ini  secara berulang.

3. Servis Backhand

Servis backhand merupakan jenis servis bulu tangkis yang sering diandalkan untuk memulai permainan. Selain itu, servis ini juga dipakai untuk menyerang di olahraga bulu tangkis ganda.

Jenis servis ini sangat berguna untuk menjatuhkan shuttlecock sedekat mungkin pada garis pemain lawan. bahkan, kamu dianjurkan untuk mendaratkan shuttlecock agar melewati net sedikit untuk dapat mencetak poin.

Sebelum berlatih servis backhand, mantapkanlah terlebih dahulu cara memegang raket dengan benar. Usahakan untuk tetap merasa luwes dalam menggerakkan tangan.

Lakukan gerakan memegang raket ke kanan dan kiri dengan menggunakan tenaga pada pergelangan tangan. Selain gerakan ke kanan dan ke kiri, lakukan juga gerakan ke depan dan ke belakang. Dengan begitu, maka kamu dapat betul-betul merasakan terjadinya lekukan di pergelangan tangan.

Ayunkan raket secara pendek dengan menggunakan jentikan pergelangan tangan dengan cepat. Hal ini akan membuat shuttlecock dapat terdorong dengan dukungan peralihan berat tubuh dari kaki belakang ke depan.

Hindarilah memaksimalkan tenaga pergelangan tangan karena dapat memengaruhi arah maupun akurasi pukulan shuttlecock.

Jika sudah lancar, maka berlatihlah untuk menembakkan shuttlecock ke arah tembok. Lakukanlah teknik ini dengan berulang-ulang supaya kamu semakin mahir dalam  bermain bulu tangkis.

4. Servis Panjang

Servis panjang merupakan teknik bulu tangkis yang umumnya digunakan untuk menyerang, bahkan sejak awal permainan. Pukulan ini dapat melambungkan shuttlecock setinggi dan sejauh mungkin ke wilayah lawan. Dengan begitu, maka shuttlecock dapat jatuh hingga mendekati garis belakang area lawan.

Hal ini tentunya akan mengganggu tingkat konsentrasi lawan dalam memprediksi masuk atau keluarnya shuttlecock dari lapangan pertandingan.

Kamu bisa berlatih teknik servis ini dengan cara menggenggam backhand ataupun forehand. Selanjutnya, panduan melakukan servis panjang yaitu sebagai berikut:

  • Atur posisi salah satu kaki, baik kaki kanan atau kaki kiri kamu di depan kaki satunya. Hal ini akan menyebabkan tumpuan berat badan berada di antara dua kaki.
  • Peganglah raket sembari mengarahkannya ke belakang setinggi bahu. Lalu,  pukul shuttlecock setelah ayunan sampai di bagian depan tubuh .
  • Selama berlatih teknik ini, cobalah untuk fokus mengatur arah serta kekuatan pukulan. Hal ini bertujuan agar kamu bisa menjatuhkan shuttlecock di sekitar garis belakang area lawan.

5. Servis Mendatar

Servis mendatar (servis drive) merupakan gerakan servis yang harus kamu pelajari dengan cara memukul shuttlecock dengan posisi raket yang mendatar. Saat mempraktikkan servis ini, kamu perlu mengendalikan energi dengan sehemat mungkin untuk menembakkan shuttlecock.

6. Servis Drive

Servis drive merupakan teknik servis yang dilakukan dengan cara memukul kok secepatnya, namun dengan posisi yang mendatar. Pukulan yang dilakukan juga harus setipis mungkin dalam melewati net.

Sasaran dari servis drive ini adalah sudut perpotongan antar garis belakang dengan garis tengah di lapangan. Cara melakukan pukulan servis drive yaitu dengan melemparkan shuttlecock lebih jauh dari badan.

7. Servis Flick

Servis flick merupakan servis badminton yang dilakukan dengan cepat atau tiba-tiba. Teknik ini bertujuan untuk mengelabui lawan, sehingga poin akan diberikan kepada kamu. Hal ini dapat terjadi karena shuttlecock akan jatuh secara cepat akibat kekuatan yang dikeluarkan dengan maksimal.

Servis ini dilakukan menggunakan pukulan backhand, namun shuttlecock dipukul dengan arah yang setengah tinggi. Pukulan cepat tersebut akan menyebabkan shuttlecock melesat kencang di belakang lawan.


Baca Juga: Teknik Pukulan Smash Bulu Tangkis


Langkah-langkah Latihan Servis Bulu Tangkis

Bagi kamu yang sudah tidak sabar ingin mengasah kemampuan servis pada bulu tangkis, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Saat memegang raket, posisi lengan dalam menghadap keluar, yakni menghadap lawan atau shuttlecock.
  • Jangan memegang raket dengan memakai telapak tangan seperti halnya memegang pisau.
  • Genggamlah raket secara rileks.
  • Pegang raket dengan tangan kiri seperti halnya menjabat tangan dengan letak kepala raket yang menyamping.
  • Jari manis, jari tengah, dan kelingking menggenggam raket. Sedangkan jari telunjuk sedikit berpisah dan ibu jari berada di antara tiga jari. Adapun jari telunjuk membentuk huruf “V”.
  • Bergeraklah dengan optimal agar posisi tubuh berada di depan shuttlecock.
  • Posisi kaki kiri berada di depan, sedangkan kaki kanan berada di belakang yang segaris lurus dengan shuttlecock.
  • Posisi badan miring dan sejajar dengan kaki.
  • Pukul shuttlecock sembari memutar bahu ke arah depan.
  • Gerakan tangan sampai ke bawah.
  • Pukul shuttlecock pelan dengan menggoyangkan tangan dari belakang tubuh dengan bagian depan raket. usahakan agar tidak terlalu lemas ketika memukul dan pastikan kamu sedikit melengkungkan siku. Selain itu, kamu juga perlu sedikit memiringkan tubuh.
  • Mintalah bantuan teman untuk mengoper shuttlecock dan kamu akan mengembalikNny dengan forehand rendah. Latihlah teknik ini berulang kali agar lebih menguasainya.

Baca Juga: Ukuran Lapangan Bulu Tangkis


Akhir Kata

Bulu tangkis merupakan olahraga yang populer di seluruh dunia,  tidak terkecuali di Indonesia. Ada berbagai kompetisi bulu tangkis yang menarik untuk dikuasai, sehingga kamu bisa lebih percaya diri dan memainkan shuttlecock dengan optimal.

Bermain badminton mempunyai banyak manfaat, termasuk dari segi kesehatann dan kebugaran. Dengan menguasai variasi teknik servis bulu tangkis, maka kamu bisa mengurangi risiko cedera dan lebih fokus untuk mencetak poin.

Kalau menurut kamu informasi ini bermanfaat, silahkan share artikel ini ke teman-teman kamu. Sekian, salam olahraga!

Dicky Efendi

Halo! Saya Dicky Efendi, founder dari Olahraganesia.id. Dengan blog ini, saya bisa berbagi banyak informasi dan hal bermanfaat mengenai dunia olahraga pada semua orang. Follow ig @dkyefendi

Leave a Reply