You are currently viewing Strategi Futsal

Strategi Futsal

Olahraganesia.id – Dalam setiap pertandingan olahraga, para pemain atau atlet harus memiliki strategi yang menjadi kunci untuk memenangkan pertandingan. Begitupun dengan futsal yang melibatkan 5 orang pemain. Kelima pemain harus menerapkan strategi futsal untuk mendominasi jalannya pertandingan.

Umumnya, pelatih futsal yang memberikan instruksi kepada para pemain dalam menerapkan strategi yang tepat dalam pertandingan.

Menjadi pelatih berarti harus pintar dalam mengetahui potensi masing-masing individu, sehingga dapat menerapkan strategi yang tepat untuk menang.

Penerapan Strategi Futsal untuk Memenangkan Pertandingan

Strategi dalam bermain futsal bisa mengacu pada teknik-teknik ataupun formasi yang kamu lakukan untuk menguasai bola dan mencetak gol. Poin penting dalam memenangkan pertandingan futsal adalah terus menyerang dan memperkuat pertahanan.

Ada banyak strategi dalam permainan futsal yang menuntut keterampilan tinggi dari setiap individu maupun kerjasama tim. Masing-masing strategi memiliki tingkat keefektifan berbeda bagi tiap tim. Jadi penerapan strategi ini juga tergantung pada potensi pemain dan situasi pertandingan.

Bisa saja dalam satu pertandingan, kamu menggabungkan beberapa strategi dan formasi futsal sesuai dengan kondisi saat itu. Apa saja strategi yang harus kamu ketahui ketika bermain futsal? Simak strategi dan formasi futsal yang penting di bawah ini.

1. Strategi Total Football

Mungkin beberapa orang belum familiar dengan istilah total football. Pada dasarnya strategi total football adalah strategi yang populer dalam permainan sepakbola di Belanda. Kini justru para pemain futsal kerap menggunakan strategi tersebut dalam pertandingan.

Tujuan dari strategi total football adalah untuk melakukan penyerangan dan mencetak gol. Sebagian orang menyebutnya dengan istilah Power Play. Strategi ini menuntut penjaga gawang untuk ikut andil dalam menyerang.

2. Strategi Negative Football

Strategi negative football lebih cocok apabila tim tersebut sudah unggul beberapa gol sehingga bisa menerapkan formasi 3-1 yang fokus pada pertahanan dengan menempatkan 3 pemain bertahan, dan 1 pemain penyerang.

Pada hakikatnya, para pemain bebas menggunakan strategi apapun ketika mereka sudah berada dalam kondisi menang demi mempertahankan skor serta meraih kemenangan. Tetapi bagi sebagian orang, strategi seperti ini terkesan membosankan.


Baca Juga: Sejarah Futsal


3. Strategi Tiki Taka

Bagi kamu yang lebih suka bermain futsal dengan rapi dan teratur bisa mencoba strategi tiki taka. Strategi futsal yang satu ini cukup efektif untuk mengacaukan permainan lawan yakni dengan menarik pemain lawan keluar dari area pertahannya.

Ketika pemain lawan keluar dari area pertahanannya, formasi mereka cenderung acak-acakan dan akan mudah terkecoh. Biasanya mereka dapat kehilangan fokus ketika permainan mereka berantakan. Inilah kesempatanmu untuk menerobos daerah pertahanan mereka dan mencetak gol.

4. Strategi One Two

Mungkin kamu sudah familiar dengan istilah one two karena para pemain sepakbola sering menerapkan strategi ini dalam pertandingan. Strategi one two atau yang biasa kamu kenal dengan istilah satu dua sentuhan ternyata juga cocok untuk kamu terapkan di olahraga futsal.

Cara mengaplikasikan strategi one two cukup mudah yakni dengan memainkan bola satu atau dua sentuhan antar pemain, lalu mengumpankan bola tersebut ke pemain yang lainnya. Setelah pemain pertama mengoper kepada pemain kedua, pemain pertama harus segera berlari menuju ruang kosong.

Di ruang kosong yang tak ada musuh, pemain pertama harus siap untuk menerima kembali umpan dari pemain kedua tadi. Sebenarnya strategi ini cukup menarik dan efektif dalam penyerangan. Agar lebih efektif, maka proses umpan bola harus berlangsung dengan cepat.

Teknik umpan bola yang cepat dalam strategi one two meminimalisir lawan dalam merebut bola. Untuk melakukan strategi one two, para pemain harus mempunyai fokus yang cukup tinggi dan kerjasama yang bagus sehingga mudah mengacaukan pertahanan lawan lalu mencetak gol.


Baca Juga: Latihan Fisik Pemain Futsal


5. Strategi Melebar

Strategi melebar juga termasuk strategi futsal yang cukup efektif apabila tim kamu menggunakan formasi square atau 2-2. Formasi square adalah formasi yang fleksibel dan memungkinkan para pemain melebar ke posisi di empat sudut lapangan.

Kelebihan dari strategi ini ialah para pemain lebih leluasa dan bebas memainkan bola dengan memanfaatkan luas area di empat titik sudut lapangan. Ketika pemain depan sudah berhasil menginvasi daerah pertahanan lawan, pemain belakang harus maju ke posisi depan.

Pemain belakang yang maju ke posisi depan akan siap membantu melakukan penyerangan terhadap tim lawan. Sayangnya, strategi ini cenderung beresiko apabila lawan berhasil melakukan serangan balik sementara pemain belakang berada di area depan.

Hal ini mengakibatkan area belakang atau pertahanan menjadi kurang penjagaan. Jika serangan lawat cukup kuat dan intensif, mereka bisa saja menerobos pertahanan yang sudah rentan karena kurang penjagaan dan mencetak gol.

6. Strategi Rotasi Pemain

Rotasi pemain dapat kamu lakukan dengan cara bertukar posisi antara pemain yang satu dengan yang lainnya. Tujuan dari strategi rotasi pemain ialah membuka ruang sehingga tim kamu dapat menemukan celah untuk melancarkan serangan dan menginvasi area pertahanan lawan.

Kekompakan dan komunikasi yang bagus antar pemain menjadi kunci penting dalam menerapkan strategi rotasi pemain. Tim yang kompak dan mampu memahami maksud satu sama lain cenderung menciptakan serangan yang efektif dan variatif.

7. Strategi Pergantian Formasi

Biasanya para pelatih yang berperan dalam mengatur strategi sebuah tim futsal ketika bertanding. Para pelatih dan pemain harus mengenali potensi individu. Hal ini akan memudahkan pembentukan formasi dan menentukan posisi yang cocok untuk tiap-tiap individu saat berada di lapangan.

Sebagai contoh, para pemain yang mempunyai kecepatan lari dan skill mengontrol bola yang tinggi sangat efektif untuk melakukan formasi 2-1-1 atau the counter. Dalam formasi ini, satu pemain berada di depan, satu lagi di tengah dan dua pemain lainnya di belakang untuk menjaga area pertahanan.

Dalam formasi the counter, pemain tengah memiliki peran yang penting untuk mengarahkan bola dari posisi bertahan di belakang maju ke depan untuk menyerang. Dengan skill kontrol bola dan kecepatan lari yang tinggi, maka kamu bisa melakukan serangan balik dan menembak gol dengan secara efektif.

Saat melakukan serangan balik, kamu juga bisa menggunakan formasi 2-1-1. Dan ketika kamu sudah cukup unggul dan pertandingan akan segera berakhir, kamu bisa mengganti formasi menjadi 3-1. Kamu bisa mengkombinasikan beberapa jenis formasi dalam satu pertandingan untuk mengecoh lawan.

8. Strategi Serangan Posisi Pivot

Salah satu strategi futsal yang cukup efektif untuk memenangkan pertandingan ialah serangan posisi pivot. Seorang pivot merupakan pemain yang berada di baris depan dan memiliki misi untuk mencetak gol. Tentu saja pemain pivot harus memiliki kemampuan kontrol bola dan shooting yang bagus.

Apabila kamu berhadapan dengan musuh yang lebih kuat, maka pemain pivot dapat berputar melewati penjagaan tersebut lalu menciptakan gol, asalakan tendangannya presisi. Strategi ini cukup ampuh melawan tim yang lebih kuat sekalipun.


Baca Juga: Jumlah Pemain Futsal


Akhir Kata

Memenangkan pertandingan futsal membutuhkan skill yang baik bagi masing-masing individu dan strategi penyerangan dan pertahanan yang efektif. Kamu boleh menerapkan strategi futsal di atas untuk mencetak gol dengan mudah.

Kalau menurut kamu informasi ini bermanfaat, silahkan share artikel ini ke teman-teman kamu. Sekian, salam olahraga!

Dicky Efendi

Halo! Saya Dicky Efendi, founder dari Olahraganesia.id. Dengan blog ini, saya bisa berbagi banyak informasi dan hal bermanfaat mengenai dunia olahraga pada semua orang. Follow ig @dkyefendi

Leave a Reply