You are currently viewing Posisi Pemain Basket

Posisi Pemain Basket

  • Post author:

Olahraganesia.id – Dalam permainan bola basket ada sejumlah aturan yang harus dipatuhi oleh para pemain agar permainan dalam berlangsung dengan baik dan kondusif. Setiap pemain juga memiliki peran dan tugasnya masing-masing. Lantas, tahukah kamu jumlah dan posisi pemain basket?

Pemain basket berjumlah 10 orang yang terbagi menjadi 5 pemain inti dan 5 pemain cadangan. Setiap pemain juga memiliki peran masing-masing untuk menyeimbangkan permainan tim dan mengatur taktik.

Simak ulasan berikut untuk mengetahui posisi dan tugas pemain dalam permainan basket.

Posisi Pemain Basket dan Tugasnya

Dalam pertandingan atau kompetisi bola basket, setiap pemain sudah dipersiapkan dengan posisi dan tugasnya masing-masing sebagai strategi jitu untuk memenangkan pertandingan.

Berikut ini posisi pemain basket dan tugasnya.

1. Point Guard

Point guard atau yang sering disebut dengan pemain nomor 1 merupakan pemain yang memiliki peranan paling awal atau ujung tombak dalam permainan bola basket. Point guard adalah pemain yang paling sering mendapat sorotan karena berperan sebagai playmaker dalam sebuah tim.

Pemain yang mengisi posisi guard atau penjaga lebih banyak berkutat di daerah tengah lapangan atau luar garis perimeter. Pemain dengan posisi ini juga memiliki peran dalam mengatur ritme permainan dan paling sering menciptakan assist.

Pemain yang berada di posisi point guard harus memiliki kemampuan handling bola yang bagus dan mampu membaca jalannya pertandingan. Pemain dengan posisi ini harus memiliki kemampuan bertindak yang cepat dan efisien, serta skill passing di atas rata-rata daripada pemain lainnya.

Seorang point guard harus bisa membaca keadaan kapan harus memberikan umpan kepada teman, menembak, dan mengulur waktu untuk mematikan permainan lawan. Pemain ini di NBA biasanya memiliki tinggi badan kisaran 185 – 195 cm atau bisa dikatakan paling pendek dari pemain lainnya.

Hal ini menjadi strategi karena seorang point guard harus memiliki kecepatan, footwork, dan keluwesan yang baik. Dengan begitu, pemain dengan posisi lain dalam satu tim akan memiliki peluang yang bagus untuk mencetak gol sebanyak-banyaknya.

2. Shooting Guard

Posisi pemain basket selanjutnya yang berada di nomor 2 yaitu shooting guard. Pemain dengan posisi ini bertugas mengisi area garis perimeter ketika tim sedang melakukan offense dan menjadi pemain blocker untuk shooter dari tim lawan ketika dalam keadaan defense.

Pemain basket yang menduduki posisi ini juga harus memiliki kemampuan shooting yang bagus. Tidak hanya itu saja, posisi shooting guard juga harus memiliki kemampuan midrange shoot, lay up, fadeaway shoot, dunk, corner shoot, dan catch and shoot yang baik.

Pemain dengan posisi ini juga sering dijuluki sebagai pemain 3-and-D atau pemain yang memiliki tanggung jawab untuk melakukan shooting 3 point dan perimeter defense.

3. Small Forward

Posisi pemain selanjutnya dalam permainan basket yang berada di posisi nomor 3 yaitu small forward. Untuk menduduki posisi ini, pemain harus lincah, berbadan atletis, dan memiliki kemampuan bermain yang bagus mulai dari slam dunk, shooting, alley-oop, hingga skillset basket lainnya.

Posisi pemain small forward juga menjadi acuan untuk membangun tim yang baik karena biasanya posisi ini menjadi scoring utama dalam sebuah tim. Pemain small forward juga harus memiliki kemampuan menembak bola (shooting yang bagus) dan kelincahan dalam melakukan fast break.

4. Power Forward

Power forward merupakan pemain yang berada di posisi nomor 4. Pada posisi ini, pemain harus memiliki kemampuan defensive rebound yang bagus. Power forward juga sering disebut back-up center karena posisinya yang dekat dengan rim baik dalam posisi bertahan atau menyerang.

Seorang yang berada di posisi power forward harus memiliki gerakan yang lincah dan kemampuan shooting yang bagus. Dalam praktik di pertandingan atau kompetisi seperti NBA, pemain power forward biasanya paling sering menciptakan double-double dan triple-double.

5. Center

Di posisi nomor 5 ada pemain yang disebut dengan center. Pemain yang berada di posisi ini merupakan pemain yang paling tinggi di dalam tim atau biasa disebut dengan big man. Pemain center juga harus memiliki kemampuan rebounding yang baik.

Pemain center juga menjadi pemain paling sering terlibat permainan pick and roll dengan forward atau guard. Di NBA sendiri, pemain center memiliki tugas yang kompleks yaitu berperan sebagai shot blocker, rim protector, dan bertanggungjawab dalam sektor defense.

Sebagai pemain yang paling tinggi, center juga bertugas menjadi pemantul dan finisher bagi suatu tim dengan akurasi shooting paling tinggi karena selalu bermain di bawah ring dan close range. Pemain center juga harus memiliki kemampuan memanfaatkan wingspan untuk berbagai strategi defense.


Baca Juga: Isyarat Wasit Bola Basket 



Istilah-istilah Posisi Pemain dalam Permainan Bola Basket

Pemain basket secara umum dapat dibedakan menjadi 2 posisi besar yaitu backcourt yang banyak bermain di luar lingkar 3 point dan frontcourt yang bermain di barisan terdepan dan area ring lawan. Ada beberapa istilah posisi pemain basket yang wajib ketahui antara lain sebagai berikut.

1. General Floor

General floor merupakan sebuah istilah dalam permainan basket untuk menyebut pemain guard, terutama point guard untuk mendistribusikan bola dan membuat taktik penyerangan. Pemain di posisi ini juga bisa disematkan sebagai combo guard yang berperan untuk meng-handling bola.

2. Wing

Wing merupakan istilah untuk menyebut pemain basket yang berada di posisi perimeter area. Pemain di posisi ini biasanya diisi dengan 2 tipe pemain yaitu shooting guard dan small forward. Pemain ini juga sering beroperasi di daerah corner dan masuk ke elbow area.

3. Swingman

Swingman merupakan istilah bagi pemain basket yang mampu beroperasi di 2 posisi sekaligus yaitu berperan sebagai shooting guard dan small forward. Seorang pemain bisa disebut sebagai swingman apabila ia mampu melakukan switching di kedua posisi ini.

4. Pivot

Pivot merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut posisi pemain basket yang berperan sebagai center. Arti kata pivot sendiri yaitu sentral atau memiliki makna sebagai pusat pergerakan bola. Pivot juga menjadi titik pacu karena setiap tim membutuhkan pivot untuk menjalankan strategi big ball.

5. Combo Guard

Istilah combo guard digunakan untuk menyebut pemain yang berada di posisi shooting guard. Pemain ini harus memiliki kemampuan handling dan dribbling yang setara dengan point guard atau sebaliknya.

Dengan begitu, bisa dikatakan bahwa combo guard merupakan pemain bola basket yang memiliki 2 peran sekaligus dalam pertandingan sehingga dituntut untuk memiliki kemampuan switching yang baik.

6. Point Forward

Point forward merupakan istilah untuk menyebut pemain depan (frontcourt) yang memiliki kemampuan playmaking seperti posisi pemain point guard. Pemain ini harus memiliki kemampuan mengumpan dengan akurasi yang baik, court vision di atas rata-rata, dan finisher yang handal.

7. Bigman

Bigman atau disebut juga stretch four dan forward center merupakan pemain basket yang menjalankan peran pemain center dan power forward sekaligus. Bigman harus mampu melakukan rebound, rim protector, dan keterampilan mencetak poin dari jarak dekat.


Baca Juga: Teknik Dasar Bola Basket


Akhir Kata

Posisi pemain basket akan memudahkan sebuah tim dalam menyusun strategi dan taktik agar mencetak poin sebanyak-banyaknya. Setiap posisi pemain juga memiliki tanggungjawab dan tugasnya masing-masing sehingga perlu kekompakan dan kerja sama yang baik.

Kalau menurut kamu informasi ini bermanfaat, silahkan share artikel ini ke teman-teman kamu. Sekian, salam olahraga!

Dicky Efendi

Halo! Saya Dicky Efendi, founder dari Olahraganesia.id. Dengan blog ini, saya bisa berbagi banyak informasi dan hal bermanfaat mengenai dunia olahraga pada semua orang. Follow ig @dkyefendi

Leave a Reply