You are currently viewing Isyarat Wasit Bola Basket 

Isyarat Wasit Bola Basket 

Olahraganesia.id – Saat melakukan pertandingan, isyarat wasit bola basket sangat penting untuk diperhatikan. Setiap isyarat akan menjadi suatu tanda atau keputusan tertentu. Itulah kenapa memahami isyarat ini harus dilakukan oleh semua orang, bukan hanya oleh mereka yang akan menjadi seorang wasit saja.

Seorang pemain atau official yang dimiliki oleh tim juga harus mengetahui cara tersebut agar bisa mengetahui keputusan dengan cepat. Begitu wasit membunyikan peluit paling memberikan isyarat maka semua orang bisa langsung melihat dan mengetahui kira-kira apa yang sedang terjadi.

Isyarat Wasit Bola Basket

Isyarat wasit permainan bola basket cukup beragam. Meski demikian secara umum isyarat yang dikeluarkan biasanya berhubungan dengan beberapa hal di bawah ini.

1. Isyarat Pelaporan Fouls

Syarat ini diberikan Ketika seseorang melakukan kesalahan. Biasanya kesalahan ini bisa terjadi karena disengaja ataupun tidak disengaja sehingga wasit akan menentukan apakah berhak mendapatkan peringatan atau tidak.

Biasanya ketika melakukan kesalahan di lapangan seorang wasit yang melihat akan langsung memberikan isyarat dengan menunjukkan nomor dari pemain. Nomor ini biasanya ditunjukkan dengan jari tangan dan apabila lebih dari 10 akan menggunakan kode yang lain seperti satu telapak tangan akan digenggam

Setelah melakukan kode ini selanjutnya wasit akan menunjukkan jenis kesalahan yang sudah dilakukan oleh para pemain.

  • Penggunaan tangan yang terlarang, isyarat yang ditunjukkan kepada official adalah mengarahkan pergelangan satu tangan menyentuh telapak tangan lain yang terbuka.
  • Blocking, bila terjadi pelanggaran pada masalah blocking biasanya wasit akan memunculkan isyarat berupa bertolak pinggang sehingga Semua orang bisa melihat secara jelas.
  • Kesalahan pemain yang menaikkan tangannya secara berlebihan sehingga menyebabkan musuh atau lawan tidak bisa bergerak dengan baik. Kesalahan ini akan ditunjukkan dengan isyarat berupa siku diangkat lalu diayunkan.

Setelah memberitahu kesalahan kepada official tahap selanjutnya adalah dengan mengisyaratkan berapa kira-kira tembakan bebas yang akan diberikan kepada tim yang sudah dirugikan.

Dari isyarat ini biasanya akan ditunjukkan apakah tembakan bebas sebanyak 1 kali atau dua kali yang akan diberikan. Selanjutnya juga akan ada tembakan hingga 3 kali apabila terjadi kesalahan yang lebih besar.

2. Isyarat Scoring

Karena posisi dari lapangan bola basket yang sangat lebar. Seseorang tidak bisa melihat secara langsung. Tetapi masih bisa menggunakan isyarat seperti yang tersaji di bawah ini.

  • Cetak 1 skor, wasit akan menunjukkannya dengan menggerakkan tangan ke atas dengan jari telunjuk terbuka lalu dilepaskan seperti bendera keatas dan kebawah.
  • Cetak 2 score, hampir sama dengan yang pertama tetapi dengan menggunakan dua jari yaitu telunjuk dan jari tengah lalu dikibaskan lagi seperti bendera sehingga lebih mudah dilihat oleh banyak orang.
  • Cetak tiga score, menggunakan tiga jari ke atas apabila seseorang berhasil mencetak skor dengan nilai tiga poin. Jari tangan ke atas akan digerakkan juga seperti bendera yaitu ke atas ke bawah.
  • Membatalkan skor yang sudah disebutkan sebelumnya. Caranya dengan membuat gerakan menyiku pada tangan lalu ada gerakan seperti menggunting sesuatu memakai dua tangan.

3. Isyarat Waktu Pertandingan

Lanjutnya isyarat juga akan berhubungan dengan waktu pertandingan ketika melakukan pertandingan bola basket.

Untuk memberikan isyarat dan diketahui oleh semua orang biasanya wasit akan menggunakan beberapa isyarat tangan berikut ini.

  • Menghentikan waktu pertandingan saat terjadi pelanggaran. Hal ini terjadi agar waktu tidak berjalan terus-menerus sehingga mengganggu pertandingan. Wasit biasanya akan membunyikan peluit panjang lalu mengangkat kedua tangannya terbuka
  • Menunjukkan terjadinya kesalahan pada posisi tertentu. Biasanya wasit juga akan membunyikan peluit lalu menggunakan tangan kanan ke atas dengan mengapa lalu tangan lain akan menunjukkan arah dari kesalahan itu terjadi.
  • Pertandingan dimulai kembali, untuk menunjukkan hal ini biasanya akan memberikan isyarat berupa melambaikan tangan sebelah kanan dan posisinya lurus dengan kepala.
  • Mengundurkan waktu selama 24 detik sehingga waktu akan bertambah. Caranya dengan memutar jari tangan yang telunjuknya menghadap ke atas.

4. Isyarat Administratif

Selanjutnya ada juga syarat yang berhubungan dengan administrasi. Biasanya wasit akan menunjukkan isyarat dengan menggunakan beberapa tanda di bawah ini.

  • Pergantian pemain, dilakukan dengan membuat silang di bagian dada yang menunjukkan apabila ada perhatian permanen dan membutuhkan perhatian. Sebelum melakukan tanda ini biasanya akan ada peluit yang panjang.
  • Mempersilakan pemain masuk. Biasanya terjadi saat pertandingan akan dilanjutkan. Caranya dengan melambaikan tangan kanan dan terbuka, jari tangan rapat ke arah dada.
  • Melakukan time out apa menghentikan permainan sementara. Isyarat yang dilakukan adalah dengan memberikan tanda berupa huruf T yang dibuat dengan menggunakan kedua tangannya.
  • Komunikasi dengan official, cara yang bisa dilakukan adalah dengan menaikkan ibu jari kanan lalu di tunjukan ke arah meja official.

5. Isyarat Jenis Pelanggaran

Selanjutnya adalah isyarat wasit bola basket terkait dengan jenis pelanggaran yang sudah dilakukan oleh pemain. Agar bisa dilihat oleh banyak orang maka isyarat itu akan terdiri dari:

  • Travelling, pelanggaran ini dilakukan ketika seseorang melangkah lebih dari dua kali ketika akan melakukan lay up. Untuk menunjukkan pelanggaran biasanya wasit akan menunjukkan isyarat berupa rotasi lengan di depan dada. Saat melakukan rotasi, kedua telapak menggenggam.
  • Dribble illegal, biasanya akan dikeluarkan apabila seseorang melakukan pelanggaran berupa dribble yang dihentikan selama beberapa saat. Isyarat yang ditunjukkan adalah wasit akan menggerakkan tangan selayaknya mendrible bola.
  • Membawa bola lari, seharusnya bola di dribble ke arah manapun sehingga apabila dibawa lari begitu saja akan dianggap sebagai pelanggaran. Isyarat yang dilakukan adalah wasit mengayunkan tangan kanan ke arah depan setengah putaran.
  • Three seconds, pelanggaran ini ditunjukkan Apabila seseorang berada di area lawan atau area tembakan bebas selama 3 detik. Syarat yang ditunjukkan adalah ibu jari, telunjuk, dan jari tengah ke bagian depan badan.
  • Five seconds, pelanggaran yang dilakukan ketika seseorang yang menguasai bola lebih dari 5 detik. Syarat yang ditunjukkan adalah wasit menggunakan 5 jarinya tentang di samping kepala.
  • Eight seconds, ketika para pemain berada di area sendiri selama 8 detik sehingga melakukan pelanggaran. Biasanya isyarat yang ditunjukkan adalah dengan mengangkat 8 jari kiri berjumlah 4 dan kanan sebelah 4 lalu dinaikkan ke samping.

Baca Juga: Posisi Pemain Basket dan Tugasnya


Isyarat Laporan Kesalahan ke Meja Official

Isyarat wasit bola basket terkait laporan kesalahan kemeja official biasanya dilakukan seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Seorang wasit akan memberikan tanda secara langsung sehingga harus diperhatikan oleh semua orang.

1. Nomor Pemain Pelanggar

Nomor Pemain Pelanggar

Pertama adalah dengan memberikan tanda kira-kira siapa pemain yang melakukan pelanggaran. Biasanya dalam suatu pertandingan setiap pemain akan memiliki nomor yang berbeda-beda sehingga proses pemberian tanda bisa berjalan dengan lebih mudah.

Apabila hanya nomor satuan maka bisa langsung menunjukkan dengan menggunakan satu atau dua telapak tangan. Sementara itu apabila menunjukkan nomor yang puluhan maka salah satu harus ditekuk lalu selanjutnya bisa menunjukkan nomor itu.

Untuk melihat siapa yang melakukan pelanggaran cukup mudah karena jumlah pemain yang ada di lapangan memang tidak melakukannya. Jadi dengan satu tanda saja dan menunjukkan posisi area atau tim yang melakukan pelanggaran bisa dilihat kira-kira siapa saja yang melanggar.

2. Jenis Pelanggaran yang Dilakukan

Jenis Pelanggaran yang Dilakukan

Untuk jenis pelanggaran juga sudah dijelaskan di atas yaitu dengan menggerakkan beberapa cari dan juga kombinasi dari dua telapak tangan.

Setiap pergerakan akan menunjukkan apakah seseorang melakukan pelanggaran seperti menguasai bola atau melakukan lay up dengan langkah yang lebih banyak.

Pelanggaran lain seperti berada di area sendiri selama lebih dari 8 detik juga dianggap sebagai pelanggaran sehingga akan ditunjukkan dengan 8 jari perangkat atas.

3. Jumlah Free-Throw yang Diberikan

Jumlah Free-Throw yang Diberikan

Jumlah dari tembakan bebas ditentukan dari jenis pelanggaran yang sudah dilakukan oleh tim lawan. Makin besar pelanggaran maka kesempatan untuk melakukan tembakan bebas juga akan semakin besar.

Normalnya tembakan bebas yang dilakukan adalah 2 kali dengan satu tembakan akan memiliki nilai 2. Jadi biasanya akan ada kode berupa angka ke atas sehingga seseorang akan mengetahui kira-kira tembakan bebas yang dilakukan ada berapa kali.

Biasanya setelah melakukan tembakan bebas seorang wasit juga akan menunjukkan lagi isyarat seperti masuk atau tidaknya tembakan itu. Dengan melakukan hal tersebut maka bisa diketahui Berapa skor yang akan masuk.

4. Perubahan Arah Permainan

Arah Permainan

Selanjutnya adalah adanya perubahan arah permainan yang juga ditunjukkan dengan isyarat yang dilakukan oleh wasit. Hanya wasit akan menunjukkan arah dengan menggunakan tangannya sehingga akan memudahkan semua orang untuk mengamati area tersebut dengan baik.

Itulah kenapa perubahan arah ini sangat penting untuk memudahkan proses pengamatan apabila terjadi pelanggaran atau pencetakan skor. Jadi semua kaset khususnya wasit pembantu dan bangsa terutama harus mengikuti dengan baik agar menghindari terjadinya kesalahan.

Isyarat Wasit Mengenai Free Throw

Apabila terjadi pelanggaran yang dilakukan oleh lawan sehingga wasit memberikan tembakan bebas atau free throw. Ketika akan melakukan tembakan ini biasanya isyarat wasit bola basket yang diberikan adalah:

  • Satu tembakan bebas, jari telunjuk dan tengah bagian tangan kanan diangkat.
  • Dua tembakan bebas, tangan kanan mengangkat  jari tengah,  jari telunjuk, dan ibu jari.

Area Terlarang

Tembakan bisa dilakukan pada area terlarang. Hanya orang yang berhak menerima saja yang berada di dalamnya sementara yang lain berada di luar.

Luar Area Terlarang

Orang lain berada di luar area terlarang sehingga tidak bisa mengganggu proses menembak. Dengan begitu prosesnya bisa berjalan dengan baik dan memudahkan proses pembuatan score.

Setelah kesempatan untuk melakukan lemparan bebas ini dilakukan bola bisa langsung direbut oleh siapapun. Jadi seorang yang akan melakukan lemparan bebas ini harus memastikan hasilnya sesuai dengan keinginan.


Baca Juga: Teknik Dasar Bola Basket


Akhir Kata

Memahami isyarat wasit bola basket sangat penting dilakukan untuk mencegah terjadinya kesalahan di lapangan. Hal ini harus dipahami oleh semua orang tidak hanya oleh seorang pemain saja tetapi juga official dari setiap tim yang ikut berada di pinggiran lapangan.

Ketika seorang wasit sudah membunyikan peluit selalu memberikan isyarat maka semua orang harus segera memperhatikan. Perlu diingat jika isyarat ini tidak selalu berhubungan dengan adanya kesalahan. Terkadang isyarat ini juga berhubungan dengan informasi lain yang tidak kalah penting.

Ada puluhan syarat yang bisa dikeluarkan oleh seorang wasit. Jadi semua orang harus memahami atau paling tidak memahami beberapa isyarat yang sering dikeluarkan sehingga tidak ada masalah atau kesalahpahaman yang terjadi di lapangan.

Kalau menurut kamu informasi ini bermanfaat, silahkan share artikel ini ke teman-teman kamu. Sekian, salam olahraga!

Dicky Efendi

Halo! Saya Dicky Efendi, founder dari Olahraganesia.id. Dengan blog ini, saya bisa berbagi banyak informasi dan hal bermanfaat mengenai dunia olahraga pada semua orang. Follow ig @dkyefendi

Leave a Reply