Dicky Efendi "Rajinlah latihan agar kemampuan tetap terasah dan fisik tetap terjaga."

Posisi Pemain Softball dan Tugasnya

1 min read

Posisi Pemain Softball

Olahraganesia.id – Softball termasuk jenis permainan bola kecil yang dimainkan oleh dua tim dengan jumlah pemain 9 orang dalam setiap tim. Beberapa posisi dalam permainan ini memiliki tugasnya masing-masing. Posisi pemain softball dan tugasnya berfungsi untuk membuat pola serangan serta pertahanan yang efektif.

Sebelum memainkan permainan ini, kamu harus mengetahui apa saja posisi pemain softball dan tugasnya. Karena setiap pemain memiliki posisi dan tugas yang berbeda antara satu dengan yang lain.

Posisi Pemain Softball dan Tugasnya

Secara garis besar ada 8 posisi di dalam permainan ini yang salah satunya merupakan outfielders. Adapun posisi dan tugas pemain softball adalah seperti berikut:

Batter

Batter dalam permainan softball merupakan posisi pemukul. Tugasnya memukul bola yang dilemparkan oleh pitcher untuk mencetak angka atau run dan berlari ke base. Kemudian batter akan berlari dan menyentuh atau menginjak semua base berurutan dan kembali ke home plate.

Pitcher

Pitcher merupakan posisi pelempar bola. Tugas utama seorang pitcher adalah melemparkan bola kepada batter. Tugas lainnya adalah membantu pemain belakang di home plate dan menjaga base pertama.

Catcher

Catcher merupakan posisi penangkap bola. Tugasnya adalah menangkap bola yang dilemparkan pitcher namun gagal dipukul oleh batter. Tugas lainnya adalah menjaga home plate dan melempar bola ke base 1,2,3 untuk mematikan pelari lawan.

First Baseman

First baseman dalam permainan softball merupakan posisi pertahanan. Tugasnya adalah menangkap bola yang dipukul dan mengarah ke base pertama.

Second Baseman

Posisi second baseman berada di antara first baseman dan base ke-2, namun biasanya lebih mendekati base ke-2. Tugasnya adalah menjaga areanya dan mematikan lawan dengan cara melemparkan bola ke arah base 1 dan mematikan pelari lawan di base ke-2.

Shortstop

Posisi shortstop ada di area sekitar base ke-2 hingga base ke-3. Tugasnya adalah menangkap semua bola yang dilempar dan mengarah ke wilayahnya. Shortstop juga bertugas menjaga base ke-2 membantu second baseman.

Third Baseman

Posisi third baseman berada di dekat base ke-3 hingga ke posisi belakang shortstop. Tugasnya adalah menjaga base ke-3 dan melempar bola ke arah first baseman untuk mematikan pelari lawan.

Outfielders

Posisi outfielders berada di area luar, yaitu di belakang infield. Dalam permainan ini ada tiga posisi outfielders dengan tugasnya masing-masing. Mulai dari right fielder dan left fielder, hingga center fielder.

Posisi right fielder berada di sisi kanan area outfield dan left fielder berada di sebelah kiri. Tugas dari kedua pemain tersebut adalah menjaga lemparan bola yang mengarah ke area masing-masing.

Sedangkan center fielder berada di posisi tengah outfield. Adapun tugasnya adalah menjaga wilayah kekuasaannya dan mengarahkan right fielder maupun left fielder.

Secara umum, posisi pemain outfielders memiliki tugas menangkap bola lambung yang dihasilkan batter dengan menggunakan kedua tangan dan melemparkan kepada posisi lainnya.

Pada posisi outfielders ini daerah kekuasaannya cukup luas karena hasil pukulan bola tidak hanya melambung tetapi juga bergulir. Untuk mematikan pelari lawan, pemain di posisi outfielders harus melakukan lemparan cepat dan tepat menuju ke arah infield.

Akhir Kata

Setiap pemain dalam permainan softball harus menempati posisinya dan mengetahui wilayahnya masing-masing. Tujuannya agar permainan bisa berjalan dengan baik dan peluang untuk mendapatkan kemenangan semakin besar.

Dengan mengetahui bagaimana posisi pemain softball dan tugasnya secara mendalam, maka kamu akan lebih mudah untuk mengatur strategi permainan. Termasuk merencanakan pola pertahanan yang efektif untuk memenangkan permainan.

Kalau menurut kamu informasi ini bermanfaat, silahkan share artikel ini ke teman-teman kamu. Sekian, salam olahraga!

Dicky Efendi "Rajinlah latihan agar kemampuan tetap terasah dan fisik tetap terjaga."

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *