You are currently viewing Ukuran Bola Tenis Meja

Ukuran Bola Tenis Meja

Olahraganesia.id – Permainan tenis meja dibagi atas dua macam, yaitu kategori satu lawan satu (single) dan kategori dua lawan dua yang terdiri dari empat orang (double). Sementara itu, peralatan yang dibutuhkan antara lain adalah, meja lapangan, bola, bet dari kayu dengan lapisan karet di semua sisi, dan net.

Tenis meja adalah salah satu permainan dari bola kecil selain softball, kasti, dan bulu tangkis. Agar bisa menguasai permainan dan pertimbangan dalam memberikan pukulan, maka pemain memang sudah seharusnya mengetahui berapa ukuran bola tenis meja yang digunakan selama permainan.

Nah untuk ukuran, berat, tekanan, dan jenis bahan dari bola tenis meja, simak selengkapnya di bawah ini.

Ukuran Bola Tenis Meja

Jenis serta material bola yang digunakan dalam permainan tenis meja jauh berbeda dengan bola pada olahraga bola kecil lain. Dari segi ukuran, bola tenis meja memiliki diameter sekitar 40 mm.

Hanya saja, pada awalnya ukuran bola tenis yang dipakai dalam lapangan berbeda. Telah terjadi perubahan size bola yang digunakan dalam permainan tenis. Pada tahun 2000 silam, perubahan diameter ukuran bola tenis meja yang digunakan diubah dari diameter 38 mm ke 40 mm.

Organisasi Tenis Meja Internasional memiliki beberapa pertimbangan sebelum menetapkan ukuran baru, yaitu:

  • Penggunaan speed glue telah meningkatkan kecepatan dalam permainan, sehingga laju bola perlu diperlambat.
  • Bola berukuran besar dapat bergerak lebih lambat ketika melambung di udara.

NB: Biasanya, kualitas bola akan diketahui melalui simbol bintang yang ada di bagian bolanya. Peringkatnya akan dibagi dari angka 1-3, semakin banyak bintangnya, maka semakin berkualitas bola tersebut.


Baca Juga: Ukuran Lapangan Tenis Meja


Berat dan Tekanan dari Bola Tenis Meja

Berdasarkan aturan resmi yang dikeluarkan oleh Induk Organisasi Tenis Meja Internasional, disebutkan bahwa bola tenis ideal harus memiliki berat 2,7 gram. Akan tetapi, berat pada kisaran 2,67 gram – 2,77 gram masih bisa diterima. Namun, tidak boleh lebih dari berat tersebut.

Di pasaran, faktanya tidak semua bola tenis memiliki ukuran yang sama. Perbedaan berat dan tekanan bola biasanya dapat dikategorikan berdasarkan pada brand atau merk nya. Meskipun beratnya berbeda, tapi ukuran bola tenis meja yang diproduksi biasanya sama, yaitu 40 mm.

Perbedaan berat dan tekanan bola tenis berdasarkan merk:

  • DHS White : 2.755 gram
  • DHS Orange : 2.714 gram
  • Butterfly : 2.739 gram
  • Andro : 2.747 gram
  • Nittaku : 2.710 gram

Setiap bola tenis umumnya tanda bintang yang terletak di bagian bawah merek bola. Tanda tersebut menunjukkan kualitas dari bola yang digunakan. Oleh sebab itulah, saat membeli bola tenis, selain memperhatikan berat bola, Anda juga sebaiknya memilih produk bola dengan kualitas yang bagus.


Baca Juga: Cara Memegang Bet Tenis Meja


Bahan Bola Tenis Meja

Pada tahun 2011, ITTF memutuskan menggunakan bola dari material plastik dibandingkan seluloid. Hal tersebut dikarenakan bahwa masalah utama rekomendasi bola plastik terletak di proses pembuatan yang dilakukan saat membuat bola tenis meja dari bahan seluloid.

Sementara itu, di tahun 2012 Induk Organisasi Tenis Meja Internasional atau ITTF setuju, bahwa setiap acara tenis meja yang diselenggarakan oleh ITTF hanya akan menggunakan bola tenis yang terbuat dari bahan plastik. Namun, di Indonesia sendiri, bola tenis seluloid masih umum digunakan.

Sebab tidak ada peraturan yang mengatakan, bahwa penggunaan bola tenis meja dari seluloid tidak diperbolehkan. Hanya saja, untuk pertandingan atau turnamen, dianjurkan pakai bola plastik. Bola tenis dari material plastik terbaru yang disarankan untuk dipakai juga disebut dengan bola “Poly”.


Baca Juga: Induk Organisasi Tenis Meja


Akhir Kata

Ukuran bola tenis meja yang umum digunakan dalam permainan untuk sekedar have fun maupun turnamen umumnya berdiameter 40 mm. Bola terbuat plastik dengan ciri khas warna putih orange. Namun, bola tenis juga dibagi menjadi beberapa level bintang berdasarkan pada kualitasnya.

Kalau menurut kamu informasi ini bermanfaat, silahkan share artikel ini ke teman-teman kamu. Sekian, salam olahraga!

Dicky Efendi

Halo! Saya Dicky Efendi, founder dari Olahraganesia.id. Dengan blog ini, saya bisa berbagi banyak informasi dan hal bermanfaat mengenai dunia olahraga pada semua orang. Follow ig @dkyefendi

Leave a Reply