You are currently viewing Jumlah Pemain Tenis Meja

Jumlah Pemain Tenis Meja

Olahraganesia.id – Tenis meja adalah salah satu cabang olahraga yang tidak hanya populer di Indonesia, tetapi juga di seluruh duia. Tenis meja merupakan  permainan yang menggunakan raket khusus, bola pingpong, dan meja sebagai area permainannya. Lalu, berapa jumlah pemain tenis meja yang tepat?

Sebagai informasi, olahraga ini mempunyai nama lain bernama ping pong yang tentunya sudah akrab di telinga masyarakat Indonesia. Tenis meja merupakan olahraga resmi di Tiongkok yang memiliki aturan baku dan perlu diikuti dalam setiap pertandingannya.

Yuk, simak jumlah pemain tenis meja secara benar di bawah ini.

Jumlah Pemain Tenis Meja

Tenis meja merupakan olahraga resmi yang sering dipertandingkan dalam berbagai kompetisi internasional. Ada beberapa cara bermain tenis meja yang bisa dipilih, yaitu putra atau putri tunggal, putra atau putri ganda, serta ganda putra dan putri.

Jika dilihat dari segi jumlah pemain, tenis meja terbagi menjadi dua tipe permainan, yakni permainan tunggal dan permainan ganda. Permainan tunggal adalah permainan tenis meja yang diikuti oleh satu orang pemain dan lawannya.

Sedangkan permainan ganda adalah tipe permainan yang melibatkan dua orang pemain tenis meja pada masing-masing regu. Jika dilihat dari segi peraturan, kedua tipe permainan ini memang tidak berbeda jauh. Adapun perbedaannya terletak pada pemegang servis tenis meja.

Pada permainan tunggal, pemegang servis dapat bebas menentukan bola dari setiap penjuru lapangan. Sedangkan pada permainan ganda, pemegang servis hanya bisa menempatkan bola ke wilayah kanan lawan.


Baca Juga: Ukuran Lapangan Tenis Meja


Jumlah Pemain Tenis Meja Tunggal

Permainan tenis meja tunggal merupakan jenis tenis meja yang dilakukan oleh pemain secara satu lawan satu. Dalam permainan ini, satu poin akan berpindah ke lawan jika kamu melakukan kesalahan.

Dalam satu game, pemenang akan dihitung dengan perolehan angka 11 poin pertama. Namun jika mendapat skor sama, maka diperlukan penambahan game poin, yang mana pemenangnya adalah pemain yang memiliki dua poin lebih unggul.

Setelah satu game selesai, maka pemain perlu berpindah posisi. Pemain berhak untuk melakukan servis dua kali berturut-turut meskipun poinnya untuk lawan.


Baca Juga: Rekomendasi Sepatu Tenis Meja Terbaik


Jumlah Pemain Tenis Meja Ganda

Kompetisi ganda tenis meja dinilai memiliki keseruan tersendiri jika dibanding dengan tenis meja tunggal. Hal ini karena pergerakan dan penekanan bola cenderung lebih gesit di area meja tenis. Meskipun aturannya tidak berbeda jauh dengan tenis meja tunggal, namun tetap ada celah perbedaan dari segi strategi maupun gamplay-nya.

Permainan tenis meja ganda merupakan jenis permainan yang bisa dilakukan dengan melibatkan pemain ganda putra, ganda putri, atau ganda putra dan putri. Seperti halnya permainan tenis meja tunggal, jenis tenis meja ini juga memiliki aturan tertentu yang perlu dipatuhi oleh setiap pemain.

Dikarenakan permainan ganda, maka bola servis dipukul dengan cara bergantian. Selain servis, penerimaan bola dan waktu memukul bola juga dilakukan dengan mengandalkan kerja sama antar tim. Pemain perlu melakukan tukar posisi dalam melakukan servis. Adapun pemain yang menjalankan servis berpijak di sisi kanan lapangan.

Permainan tenis meja ganda juga mengharuskan pemain untuk memukul bola secara menyilang. Saat game kedua, pemain diperbolehkan untuk melakukan servis meskipun tanpa urut. Adapun penerima servis disesuaikan dengan penerima servis pada game pertama.


Baca Juga: Rekomendasi Bet Tenis Meja Terbaik


 Akhir Kata

Menguasai permainan tenis meja memang tidak cukup hanya dengan mempelajari teorinya saja. Kamu perlu memahami cara memukul bola, baik dari segi tunggal maupun ganda. Hal ini karena jumlah pemain tenis meja yang berbeda menyebabkan aturan permainannya juga ikut berubah, meskipun tidak semuanya.

Kalau menurut kamu informasi ini bermanfaat, silahkan share artikel ini ke teman-teman kamu. Sekian, salam olahraga!

Dicky Efendi

Halo! Saya Dicky Efendi, founder dari Olahraganesia.id. Dengan blog ini, saya bisa berbagi banyak informasi dan hal bermanfaat mengenai dunia olahraga pada semua orang. Follow ig @dkyefendi

Leave a Reply