Dicky Efendi "Rajinlah latihan agar kemampuan tetap terasah dan fisik tetap terjaga."

Perlengkapan Permainan Softball

3 min read

Perlengkapan Permainan Softball

Olahraganesia.id – Setiap jenis olahraga tentunya membutuhkan perlengkapan khusus yang akan menunjang jalannya permainan, tidak terkecuali dengan olahraga softball. Perlengkapan permainan softball cukup beragam dan kamu perlu mengetahuinya sebelum melakukan permainan.

Softball sendiri dikenal sebagai salah satu permainan bola kecil yang dominan dengan aktivitas lari, melempar dan memukul bola. Berdasarkan hal itu, maka peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan dalam permainan softball akan sangat berhubungan dengan ketiga aktivitas tersebut.

Perlengkapan Permainan Softball dan Fungsinya

Secara garis besar, dalam permainan softball dibutuhkan beberapa perlengkapan penting, mulai dari sarung tangan, bola, alat pemukul, helm, dan lain sebagainya.

Untuk lebih memahami apa saja perlengkapan dalam permainan softball dan fungsinya, berikut ini penjelasan lengkapnya.

#1. Glove (Pelindung Tangan)

 

Perlengkapan pertama yang harus disiapkan dalam permainan softball adalah sarung tangan atau glove. Perlengkapan ini biasanya dipakai oleh semua pemain pertahanan untuk memudahkan dalam menangkap bola. Dengan bantuan sarung tangan maka bola yang ditangkap tidak akan mudah lepas.

Sarung tangan juga akan melindungi tangan dari resiko sakit atau cedera saat harus menangkap bola yang meluncur dengan sangat cepat. Untuk memberikan perlindungan yang terbaik, sarung tangan dibuat dari bahan kulit yang cukup tebal dengan ukuran 38 x 38 cm dan berat sekitar 283 gram.

Berbeda dari pemain bertahan yang menggunakan glove, untuk pemain dengan posisi catcher dan first baseman menggunakan mitt, yaitu semacam sarung tangan namun polos tanpa dilengkapi dengan jari-jari.

Secara garis besar, sarung tangan pada permainan softball ini bisa dibedakan menjadi tiga, yaitu:

  • Finger gloves yang dipakai oleh seluruh pemain softball di lapangan.
  • First base mills yang dipakai oleh pemain di posisi catcher.
  • Catcher gloves yang dipakai oleh pemain penjaga di base-1.

#2. Bola Softball

Bola softball memiliki ukuran yang berbeda dengan bola baseball karena cenderung lebih besar. Bola softball memiliki ukuran keliling sekitar 27,9 – 30,5 cm, sementara beratnya sekitar 178,9 – 198,4 gram. Bola softball terbuat dari kulit sintetis dengan warna kuning atau putih dan dijahit pada setiap sisinya.

#3. Pemukul (Bat)

Tongkat pemukul yang digunakan dalam permainan softball harus memenuhi aturan yang berlaku. Biasanya tongkat pemukul atau bat ini memiliki panjang sekitar 86,5 cm dan terbuat dari bahan kayu, besi atau alumunium. Fungsinya adalah untuk memukul bola yang telah dilemparkan oleh pitcher.

#4. Helm (Light Guard)

Perlengkapan permainan softball selanjutnya adalah helm atau light guard. Jenis perlengkapan ini tidak dipakai oleh semua pemain dan hanya digunakan oleh batting serta catcher saja. Itulah mengapa terdapat dua jenis helm yang digunakan, yaitu batting helmet dan catcher helmet.

Batting helmet adalah perlengkapan wajib yang harus dikenakan ketika pemain softball memukul bola. Sementara catcher helmet merupakan perlengkapan wajib yang harus dikenakan oleh setiap catcher saat berada di lapangan. Untuk jenis helm catcher biasanya juga dilengkapi dengan pelindung wajah.

#5. Topi

Selain helm, pemain softball juga membutuhkan perlengkapan lainnya seperti topi. Penggunaan topi berguna untuk meningkatkan fokus pemain saat mengawasi bola. Selain itu juga berfungsi untuk melindungi kepala saat bertanding karena permainan softball sendiri dilakukan di lapangan terbuka.

#6. Pelindung Badan (Body Protector)

Perlengkapan berupa body protector biasanya digunakan oleh seorang catcher. Tugas catcher dalam permainan softball ini adalah menangkap bola yang gagal dipukul oleh pemain lawan. Pelindung badan ini berfungsi untuk melindungi catcher dari risiko bola nyasar, karena posisinya yang sangat riskan.

Selain digunakan oleh catcher, body protector juga digunakan oleh wasit atau umpire dalam permainan softball. Tujuannya sama, yaitu untuk melindungi badan agar tidak cedera saat terkena lemparan bola.

#7. Masker

Selain menggunakan pelindung badan serta pelindung kepala, ada juga perlengkapan lainnya berupa masker yang berguna untuk melindungi wajah agar tidak cedera. Hal ini sangat penting karena bagian wajah bisa saja terkena lemparan bola liar saat permainan softball berlangsung.

#8. Sepatu Pool (Cleats)

Perlengkapan permainan softball selanjutnya yang tidak kalah penting adalah sepatu pool atau cleats. Adapun jenis sepatu yang sesuai aturan permainan adalah yang terbuat dari kulit halus, kanvas atau sejenisnya. Selain itu juga dilengkapi dengan sol yang rata atau dipahat dari bahan karet.

Untuk jenis sol logam dan plat yang terletak di tumit masih diperbolehkan asalkan paku yang menonjol tidak lebih dari ¼ inci atau 2 cm. Sementara untuk jenis sepatu yang dilengkapi metal spike di sekelilingnya tidak diperbolehkan karena bisa membahayakan diri sendiri dan pemain lainnya.

#9. Seragam

Setiap pemain yang menjadi anggota tim softball harus mengenakan seragam dengan warna dasar yang sama. Biasanya untuk pemain, jenis pakaiannya berupa celana panjang dan kaos yang dilengkapi nomor dada dan punggung. Sementara untuk wasit pakaiannya warna biru laut dengan celana biru tua.

#10. Pelindung Kaki (Leg Protector)

Dalam permainan softball bukan hanya membutuhkan pelindung badan saja tetapi juga pelindung kaki yang berfungsi untuk melindungi kaki dari resiko cedera saat bermain. Hal ini sangat penting mengingat olahraga softball termasuk jenis permainan yang aktif dengan gerakan lari yang beresiko jatuh.

#11. Home Plate

Dalam permainan softball, home plate juga bisa disebut sebagai base ke-4. Karena setelah pemain softball melewati base ke-3 maka pemain tersebut harus menginjak home plate agar mendapatkan poin.

Adapun ukuran dari home plate pada permainan softball adalah 45 cm x 22 cm x 31,8 cm. Bentuk home plate sendiri menyerupai format segi lima dan hal ini sangat berbeda dengan bentuk di base 1, 2, dan 3 yang bentuknya segi empat.

#12. Aksesoris Bat

Meskipun sifatnya tidak wajib seperti halnya jenis perlengkapan permainan softball lainnya, namun aksesoris bat juga diperlukan. Biasanya aksesoris diletakkan pada bagian grip agar pemain bisa berbeda dengan yang lain dan sekaligus memberikan rasa nyaman tersendiri.

#13. Lapangan Permainan Softball

Lapangan Permainan Softball

Lapangan dalam permainan softball memiliki bentuk bujur sangkar dengan dua bagian di dalamnya. Yaitu fair territory atau daerah fair dan foul territory atau daerah foul. Sementara di dalam daerah fairy masih dibagi menjadi dua, yaitu infield atau bagian dalam dan outfield yang merupakan bagian luar.

Untuk ukurannya sendiri bisa dijelaskan melalui rincian seperti berikut:

  • Panjang dari setiap sisi lapangan softball memiliki ukuran 16,76 meter.
  • Jarak antara home base ke base dalam permainan softball adalah 13,07 meter.
  • Tempat bagi pitcher atau pelempar berdiri memiliki luas 60 x 15 cm.
  • Base 1, 2, dan 3 pada permainan softball terbuat dari bahan karpet dengan ukuran 38 x 38 cm, sementara tebalnya sekitar 12,5 cm.
  • Untuk base 4 ukurannya adalah 43 x 21,5 cm dengan bagian sisi puncak berukuran 30 cm.

Akhir Kata

Perlengkapan permainan softball seperti sarung tangan, helm, pelindung badan, sepatu pool, dan lainnya merupakan perlengkapan wajib yang harus disiapkan sebelum memulai pertandingan. Selain itu, perlengkapan yang digunakan juga harus memenuhi syarat dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Kalau menurut kamu informasi ini bermanfaat, silahkan share artikel ini ke teman-teman kamu. Sekian, salam olahraga!

Dicky Efendi "Rajinlah latihan agar kemampuan tetap terasah dan fisik tetap terjaga."

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *