Dicky Efendi "Rajinlah latihan agar kemampuan tetap terasah dan fisik tetap terjaga."

Ukuran Bola Softball

1 min read

Ukuran Bola Softball

Olahraganesia.id – Permainan bola pukul yang dilakukan dua regu di lapangan ini memang tidak terlepas dari berbagai komponen dan perlengkapan, termasuk bola. Jika kamu ingin memenangkan permainan, maka ada banyak hal yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah ukuran bola softball yang digunakan.

Softball dimainkan sembilan orang player yang bermain dalam tujuh putaran / inning (masing-masing tim dapat giliran untuk jadi pemain bertahan dan menyerang tujuh kali). Aturan pada permainan softball sangat simple namun menyenangkan. Wajar, jika softball sangat diminati berbagai kalangan.

Ukuran Bola Softball

Diameter bola softball cukup bervariasi, dan umumnya disesuaikan dengan tipe permainan yang akan dimainkan. Secara umum, terdapat tiga jenis bola softball berdasarkan kelilingnya, diantaranya adalah untuk fast-pitch, slow-pitch, dan slow-pitch play yang populer dengan sebutan bola Chicago.

Uniknya, pada permainan softball yang menggunakan bola jenis Chicago tidak mengharuskan pemain menggunakan sarung tangan. Pasalnya, bola Chicago memiliki tekstur yang lembut. Di bawah ini adalah tiga tipe ukuran bola yang umum dipakai pada permainan softball:

#1. 11 Inch

Bola softball berukuran 11 inci digunakan pada permainan softball yang melibatkan lemparan cepat. Ukuran bola ini lebih besar dibandingkan bola bisbol, dengan tekstur cukup keras. Namun, pitcher memiliki peran besar dalam kekuatan dan kecepatan pukulan bola.

#2. 12 Inch

Bola ukuran 12 Inch adalah standar untuk permainan softball slowpitch. Karakteristik bola sedikit lebih lembut dari tipe 11 Inch. Tekstur dan ukuran bola tersebut pula yang membuatnya sedikit sulit dilempar, khususnya jika dibandingkan dengan bola lebih kecil.

#3. 16 Inch

Ukuran bola softball 16 Inch digunakan dalam permainan tanpa sarung tangan. Permainan softball ini cukup populer dimainkan di kawasan metropolitan Chicago. Bola 16 Inch memiliki tekstur lebih lembut, sehingga menuntut pemain bisa memukul dengan kecepatan tinggi.

Berat dan Tekanan Bola Softball

Bola softball ukuran 12 Inch yang biasa digunakan pada pertandingan resmi umumnya memiliki berat sekitar 6,25 – 7 ons (177 – 198 gram). Sedangkan bola berukuran 16 Inch dan banyak dimainkan di Chicago serta kawasan Midwest lain memiliki berat 9 – 10 ons (225 – 283 gram).

Tidak bisa dipungkiri, bahwa kunci kemenangan dalam bermain softball bukan hanya menguasai lapangan, namun juga bola yang ada di dalam genggaman. Oleh karena itulah, penting bagi setiap pemain untuk mengetahui berat dan ukuran bola softball sebelum mengikuti pertandingan.

Bahan Bola Softball

Bola softball terdiri dari dua bagian, yaitu core (inti) dan covering (penutup). Bahan yang digunakan sebagai covering biasanya terbuat dari material kulit sintetis, dan komposit atau alami.

Biasanya diberi warna kuning untuk membantu visibilitas. Sedangkan kulit sekitar bola dijahit dari benang katun atau linen berwarna merah. Sementara itu, bagian core bola softball terbuat dari berbagai variasi bahan, tergantung pada kualitas bola yang diproduksi.

Bola softball berkualitas tinggi menggunakan bahan serat kapuk panjang sebagai core. Bahan tersebut memiliki peran penting terhadap daya tahan dan ketahanan bola. Selain itu, jarak terbang bola dengan material core serat kapuk juga cenderung lebih tinggi dibandingkan bola biasa.

Sedangkan bola yang umum digunakan pada permainan have fun biasanya memiliki core dari material karet atau gabus. Bahan-bahan tersebut lebih lembut sehingga cukup efektif dalam meminimalisir resiko mengalami cedera, khususnya pada pemain pemula yang belum begitu terampil.

Akhir Kata

Ukuran bola softball cukup bervariasi, baik berat maupun diameternya. Oleh sebab itulah, sebelum memutuskan melangsungkan permainan, sebaiknya sesuaikan ukuran bola dengan kebutuhan bermain. Dengan begitu, aktivitas bermain softball menjadi lebih nyaman dan menyenangkan.

Kalau menurut kamu informasi ini bermanfaat, silahkan share artikel ini ke teman-teman kamu. Sekian, salam olahraga!

Dicky Efendi "Rajinlah latihan agar kemampuan tetap terasah dan fisik tetap terjaga."

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *