You are currently viewing Cara Melempar Bola Kasti

Cara Melempar Bola Kasti

Olahraganesia.id – Teknik melempar bola sebenarnya tidak hanya bisa dilakukan dalam kasti. Teknik tersebut juga bisa diterapkan saat kamu melakukan olahraga bola lainnya seperti basket, volly, baseball, dan lain-lain.

Oleh sebab itu, mengetahui cara melempar bola kasti yang benar juga perlu banyak dilatih.

Sebagai teknik dasar pada permainan bola kasti, melempar bola tidak boleh dilakukan sembarangan.

Sebisa mungkin melempar bola kasti harus dilakukan dengan benar dan tidak merugikan tim lain. Jika teknik dasar bisa dimainkan sesuai aturan, maka permainan bola kasti bisa berlangsung lebih seru.

Yuk simak panduan cara melempar bola kasti secara lengkap di bawah ini.

Tujuan Melempar Bola

Sebenarnya, apa tujuan melempar bola? Melempar bola memang sering kali ditemui pada beberapa jenis olahraga bola besar maupun kecil.

Tujuan dari melempar bola sendiri bisa dilakukan untuk umpan kepada teman beregu untuk mematikan lawan atau bisa saja untuk memberikan bola kepada pemukul.

Jika dalam konsep permainan kasti, biasanya ada 3 teknik yang digunakan oleh tim pelempar bola yaitu secara melambung, lurus, dan menyusur tanah atau ke bawah. Setiap teknik lemparan tersebut tentunya memiliki tujuan masing-masing saat diterapkan langsung di lapangan.

Kamu yang bertugas sebagai pelempar bola secara melambung harus melambungkan bola dengan baik agar bisa diterima oleh tim pemukul. Sehingga pemukul bola bisa menghasilkan pukulan yang maksimal dan sulit dijangkau oleh tim penjaga yang tersebar di ruang bebas.

Teknik melempar bola secara melambung bertujuan menghasilkan pukulan bola yang tinggi, sehingga bola bisa melesat jauh di lapangan. Sedangkan melempar bola datar biasanya digunakan oleh tim penjaga untuk mematikan anggota lawan dengan memberikan lemparan pada bagian tubuh tertentu.

Lemparan menyusur tanah akan dilakukan oleh tim penjaga untuk mematikan lawan ketika ada tim pemukul yang terjatuh di ruang bebas. Cara melempar bola kasti akan lebih baik jika disesuaikan dengan tujuan, agar tidak meleset atau bisa membuat pemain lain mengalami cedera.

3 Cara Melempar Bola Kasti

Cara Melempar Bola Kasti

Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, cara melempar bola kasti bisa dilakukan dengan 3 teknik yaitu melambung, lurus, atau datar dan ke bawah.

Agar kamu bisa melakukannya dengan posisi yang benar dan sesuai tujuan, maka bisa mengikuti langkah-langkahnya sebagai berikut.

#1. Cara Melempar Bola Melambung

Lemparan melambung akan dilakukan oleh pemain yang bertugas untuk mengumpan bola kepada tim pemukul. Saat pelambung bola melemparkan bola kepada tim pemukul, maka kamu harus memperhatikan masalah jarak serta kekuatan lemparan yang akan dilakukan.

Dalam hal ini, kamu yang bertugas sebagai pelambung harus melempar bola sesuai dengan permintaan dari pemukul bola. Sehingga nantinya bola yang terlempar posisinya bisa sesuai tidak terlalu tinggi atau tidak terlalu rendah.

Bagi pemain yang melambungkan bola tidak sesuai dengan permintaan pemukul, maka pemukul bola bisa meminta pengulangan kembali sampai batas yang ditentukan. Lemparan melambung biasanya juga dilakukan untuk melemparkan bola pada teman satu tim yang jaraknya agak jauh.

Bagaimana posisi yang tepat dalam melemparkan bola secara melambung? Agar kamu tidak salah langkah, siapkan posisi tubuh sesuai dengan instruksi di bawah:

  • Silahkan arahkan pandangan fokus kepada target pemukul serta posisi tongkat yang sedang di pegang oleh pemukul bola.
  • Posisikan badan menyamping dengan kaki kiri mengarah ke depan sedangkan kaki kanan mengarah ke belakang.
  • Buka kaki selebar bahu atau seperti membentuk huruf A.
  • Silahkan pegang bola secara sejajar dengan posisi telinga, kemudian lemparkan dari belakang kepala.
  • Condongkan tubuh agak ke depan, lalu tekuk lutut kaki kanan
  • Lemparkan bola dengan kekuatan yang sesuai antara jarak pelambung dan pemukul bola.

#2. Cara Melempar Bola Secara Lurus

Lemparan lurus memang biasa dikenal dengan teknik lemparan datar. Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, tujuan melempar bola datar yaitu untuk mematikan lawan. Lemparan datar bisa dilakukan pada area penjagaan ketika tim lawan akan berpindah ke pos lain atau ruang bebas.

Cara melempar bola kasti secara datar tidak berlaku jika tim lawan berada dalam area pos. Lemparan datar juga bisa digunakan untuk melemparkan bola kasti pada tim satu regu yang jaraknya berdekatan. Teknik melempar bola lurus bisa dilakukan dengan persiapan berikut ini:

  • Pandangan menghadap ke arah sasaran tim lawan yang akan dilempar.
  • Kaki kiri berada di depan kemudian posisi lutut agak ditekuk.
  • Pegang bola kasti dengan menggunakan tangan kanan tepat di samping kepala.
  • Putar pinggang ke arah kanan, kemudian tarik ke bagian depan sejajar pada bahu.
  • Tarik badan ke belakang, maju selangkah, baru lemparkan bola lurus sesuai dengan arah yang dituju.

#3. Cara Melempar Bola ke Bawah

Cara melempar bola kasti ke bawah atau menyusur tanah sebenarnya jarang dilakukan dalam permainan kasti. Hal ini dikarenakan teknik lemparan menyusur tanah hanya dilakukan ketika ada tim lawan yang tiba-tiba terjatuh saat berlari menuju ke ruang bebas atau pos selanjutnya.

Walaupun terlihat mudah, melakukan lemparan ke bawah tidak boleh sembarangan. Sering kali pemain ada yang melakukan lemparan ke bawah dan mengenai bagian kepala tim lawan. Kondisi tersebut dianggap pelanggaran karena area lemparan hanya boleh di bagian bahu ke bawah.

Agar lemparan ke bawah tidak membuat cedera pemain lainnya, maka kamu perlu melakukannya dengan posisi tubuh yang benar. Selain itu, juga perhatikan masalah jarak dan kekuatan lemparan yang akan dilakukan terhadap tim lawan. Setidaknya persiapkan posisi tubuh sebagai berikut:

  • Arahkan pandangan melihat fokus ke arah depan, kemudian posisi badan menyamping.
  • Kaki kiri maju ke depan sedangkan kaki kanan berada di belakang. Buka kaki selebar bahu atau membentuk huruf A.
  • Pegang bola dengan posisi tegak lurus sekitar sudut 900, kemudian ayunkan tangan yang akan melempar bola ke bawah.
  • Lemparkan bola ke bawah dengan tangan yang rileks dan lemas, sehingga bisa mengenai target sesuai tujuan lemparan.

Tips Latihan Melempar Bola Kasti

Sebelum memulai permainan kasti, kamu perlu melakukan beberapa pemanasan agar badan tidak kaku dan tidak mudah mengalami cedera. Salah satu bentuk latihan lempar bola bisa dilakukan dengan melakukan pemanasan seperti memutar pinggang, memiringkan badan dan memutar badan.

Selain itu, melempar bola juga membutuhkan pemanasan mempartisi variasi gerak lokomotor. Coba untuk melakukan pemanasan dengan lari lurus atau lari dengan lintasan zig-zag. Dalam lapangan, pelempar bola juga perlu berlari kencang untuk memperhatikan jarak dalam mematikan lawan.

Untuk melatih kecakapan dalam melempar bola, maka kamu bisa mempraktekkannya dengan teman atau pendamping profesional. Lakukan lemparan bola dengan menggunakan 3 teknik yaitu melambung, lurus dan ke bawah secara berkali-kali agar tidak kaku saat bermain di lapangan.

Akhir Kata

Cara melempar bola kasti dilakukan dengan menggunakan 3 teknik, yaitu melempar melambung, melempar bola lurus, dan melempar ke bawah. Tujuan dari melempar bola kasti yaitu untuk memberikan bola pada tim satu regu, melambungkan bola kepada pemukul, dan mematikan lawan.

Kalau menurut kamu informasi ini bermanfaat, silahkan share artikel ini ke teman-teman kamu. Sekian, salam olahraga!

Dicky Efendi

Halo! Saya Dicky Efendi, founder dari Olahraganesia.id. Dengan blog ini, saya bisa berbagi banyak informasi dan hal bermanfaat mengenai dunia olahraga pada semua orang. Follow ig @dkyefendi

Leave a Reply