You are currently viewing Sejarah Sepak Takraw

Sejarah Sepak Takraw

Olahraganesia.id –Sepak takraw merupakan salah satu jenis olahraga favorit orang Asia. Cara memainkannya cukup sulit, sehingga hanya segelintir orang yang sanggup melakukannya. Permainan ini lebih populer di wilayah Asia karena sejarah sepak takraw berhubungan dengan zaman kesultanan Melayu.

Permainan sepak takraw merupakan perpaduan dari tiga olahraga lain, yaitu voli, sepak bola, serta bulu tangkis. Hal yang unik dari sepak takraw adalah bentuk dan bahan bolanya yang berasal dari rotan. Sehingga jauh lebih ringan daripada bola untuk sepak bola, basket, atau voli.

Pembahasan artikel kali ini mengenai sejarah dari sepak takraw, penasaran? Yuk baca selengkapnya di bawah ini.

Mengenal Apa Itu Sepak Takraw

Sepak takraw merupakan permainan yang lumayan sulit karena bola tidak boleh menyentuh tanah. Cara memainkannya pun harus menggunakan anggota badan selain tangan. Dengan berbagai aturan yang cukup sulit tersebut, para pemain pun akan semakin tertantang dalam memainkannya.

Sepak takraw adalah kombinasi permainan bola voli, bulu tangkis, dan sepak bola karena alasan-alasan berikut ini.

  • Mirip olahraga bulu tangkis karena memiliki ukuran net dan lapangan yang menyerupai permainan bulu tangkis. Sistem penilaian pun juga sama dengan bulu tangkis.
  • Mirip olahraga bola voli karena terdapat teknik smash, blok, dan umpan.
  • Mirip olahraga sepak bola karena cara memainkannya menggunakan kaki serta anggota badan lain kecuali tangan.

Banyak ahli yang mengungkapkan pendapat mereka mengenai pengertian sepak takraw seperti berikut ini:

  1. Darwis dan Basa (1992:2) mengungkapkan bahwa sepak takraw merupakan perpaduan tiga permainan yaitu sepak bola, bulu tangkis, dan voli.
  2. Prawirasaputra (2000:5) berpendapat bahwa sepak takraw adalah permainan yang terdiri dari dua regu. Setiap regu permainan terdiri dari 2 pemain mengapit kanan dan kiri, sedangkan 3 pemain lainnya menjadi tekong yang berdiri di belakang.
  3. Iyakrus (2012:1) mengungkapkan bahwa sepak takraw merupakan permainan yang memakai takraw (bola) dari rotan. Permainannya ini sendiri terjadi di lapangan berukuran 13,42 m dan lebar 6,1 m.
  4. Suliaman (2004:4) berpendapat bahwa sepak takraw adalah permainan yang menggunakan bola rotan. Tempat permainannya berada di lapangan berukuran 13,40 m dan lebar 6,10 m. Di tengah lapangan terdapat net yang memiliki tinggi 1,55 m.
  5. PB. PERSETASI (1999:16) mengungkapkan bahwa sepak takraw merupakan permainan olahraga beregu yang cara memainkannya di atas lapangan persegi panjang. Permainan ini memiliki lapangan dengan permukaan rata, bisa terbuka atau tertutup.

Sejarah Sepak Takraw Dunia

Sejarah Sepak Takraw Dunia

Permainan sepak takraw memiliki sejarah panjang yang bermula sekitar satu abad lalu. Permainan ini tergolong eksklusif di masa tersebut karena para pemainnya hanyalah orang-orang yang berada di istana kerajaan Melayu.

Sepak takraw juga terkenal sebagai sepak raga atau sepak rago dalam bahasa Melayu sebelum akhirnya bernama sepak takraw pada 1940-an.

Asal sebutan tersebut merupakan penggabungan dari bahasa Melayu dan Thai. Sepak berarti menendang (Bahasa Melayu) dan takraw berarti anyaman (Bahasa Thai). Penamaannya juga berdasarkan pada kesepakatan antara Thailand dan Malaysia.

Jadi, Malaysia dan Thailand yang telah mengenalkan olahraga sepak takraw ke dunia internasional.

Tahun 1980-an merupakan awal mula sepak takraw mulai terkenal di Asia. Hingga akhirnya pada tahun 1982 terbentuklah Asian Sepak Takraw Federation (ASTAF). Induk organisasi tersebut menjadi awal terbentuknya federasi sepak takraw di kawasan Asia.

Sejarah Sepak Takraw di Indonesia

Sejarah Sepak Takraw di Indonesia

Sebagai salah satu negara yang berdekatan dengan Malaysia dan Thailand, tentunya sepak takraw juga masuk ke Indonesia. Olahraga sepak takraw ini mulai masuk ke Indonesia sekitar tahun 1970. Malaysia dan Singapura adalah negara yang membawanya ke tanah air.

Saat itu Malaysia berkunjung sekitar September 1970 di bawah pimpinan Encik Khir Johari. Demonstrasi permainan sepak takraw terjadi di beberapa kota, seperti Medan, Bandung, dan Jakarta.

Mereka berharap rakyat bersedia turut serta untuk ikut bermain, karena telah banyak orang yang memainkan sepak takraw di sejumlah daerah Indonesia.

Bulan berikutnya, tepatnya pada tanggal 5 Oktober 1970, berlangsung sebuah pertemuan di Cipayung, Bogor. Dari pertemuan itu, Direktur Jenderal Pendidikan dan Pemuda memberikan perintah bahwa olahraga sepak takraw di Indonesia perlu pengembangan lebih lanjut.

Setelah itu, sepak takraw mulai berkembang pesat di Indonesia hingga terbentuk induk organisasi khusus.

Induk Organisasi Sepak Takraw

Induk-Organisasi Sepak Takraw

Seiring dengan berjalannya waktu, sepak takraw yang terbilang cukup sulit akhirnya mulai berkembang luas di kalangan masyarakat Asia maupun dunia. Berikut ini adalah beberapa nama induk organisasi sepak takraw di Indonesia, Asia, sampai dunia:

1. Induk Organisasi Sepak Takraw Indonesia

Setelah sepak takraw berkembang dengan baik di Indonesia, segera terbentuk induk organisasi khusus pada tahun 1971. Induk organisasi tersebut bernama Perserasi (Persatuan Sepak Raga Seluruh Indonesia).

Saat itu namanya memang masih belum berubah menjadi sepak takraw. Tapi sekarang namanya telah berubah menjadi Induk Organisasi Sepak Takraw Indonesia (PSTI).

2. Induk Organisasi Sepak Takraw Asia

Induk organisasi sepak takraw Asia terbentuk pada tahun 1982. Sebagai wadah untuk permainan sepak takraw Asia, namanya adalah Asian Sepak Takraw Federation atau ASTAF.

3. Induk Organisasi Sepak Takraw International

Bukan hanya di Asia, induk organisasi sepak takraw internasional juga akhirnya terbentuk. Apalagi ketika olahraga ini telah berkembang luas di seluruh dunia. Organisasi sepak takraw internasional terbentuk pada tahun 1992 dengan nama International Sepaktakraw Federation atau ISTAF.

Bukan hanya sejarahnya, ada juga beberapa hal lain yang perlu kamu ketahui mengenai olahraga sepak takraw. Misalnya, teknik dasar, ukuran bola untuk pemain, serta ukuran lapangannya.

Akhir Kata

Awalnya, sepak takraw bernama sepak raga hingga akhirnya berkembang ke seluruh Asia dan dunia. Permainan ini tergolong cukup sulit sehingga hanya beberapa orang yang bisa memainkannya. Kendati demikian, sepak takraw tetap populer sampai saat ini.

Dari penjelasan di atas, sejarah sepak takraw tidak terlepas dari negara Malaysia dan Thailand. Hingga akhirnya menyebar ke berbagai negara di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Bahkan, di Indonesia maupun luar negeri juga telah ada induk organisasinya sendiri.

Kalau menurut kamu informasi ini bermanfaat, silahkan share artikel ini ke teman-teman kamu. Sekian, salam olahraga!

Dicky Efendi

Halo! Saya Dicky Efendi, founder dari Olahraganesia.id. Dengan blog ini, saya bisa berbagi banyak informasi dan hal bermanfaat mengenai dunia olahraga pada semua orang. Follow ig @dkyefendi

Leave a Reply