You are currently viewing Cara Menangkap Bola Kasti

Cara Menangkap Bola Kasti

Olahraganesia.id – Walaupun permainan kasti kini sudah sulit ditemui, akan tetapi kamu sering mengetahuinya lewat pelajaran olahraga di sekolah. Bahkan, teknik bermain dan peraturannya dibahas lengkap dalam sebuah buku. Banyak yang belum memahami dengan baik, bagaimana cara menangkap bola kasti?

Menangkap bola kasti merupakan keahlian yang perlu dikuasai dengan baik oleh tim penjaga. Biasanya, cara menangkap bola kasti bergantung dengan arah datangnya bola. Tim penjaga perlu menyesuaikan diri dengan baik dan mampu menangkapnya dengan tepat tanpa tergesa-gesa.

Tujuan Menangkap Bola

Dari keseluruhan, tim penjaga dalam permainan kasti ada yang nantinya bertugas untuk menangkap bola dari tim pemukul. Apa tujuan pemain kasti menangkap bola?

Tentu saja untuk bisa mendapatkan nilai poin kemudian dapat melemparkannya langsung ke tim pemukul agar bisa mencapai kemenangan. Dalam konsep permainan bola kasti, bagian penangkap bola harus mendapatkan bola dari tim pemukul secara cepat dengan teknik apapun.

Jika penangkap bola melemparkannya langsung ke bagian tubuh tim pemukul, maka tim tersebut dinyatakan kalah dan pergantian posisi perlu dilakukan.

3 Teknik Cara Menangkap Bola Kasti Paling Tepat

Sebenarnya, teknik menangkap bola yang biasa dilakukan dalam permainan kasti ada 3 teknik, yaitu menangkap bola melambung, menyusur tanah, dan mendatar. Dalam teknik ini membutuhkan gerak koordinasi antara mata, tangan, dan kaki yang tepat sesuai dengan aturan waktu.

Kamu yang bertugas sebagai tim penjaga harus sebisa mungkin bergerak atau berlari dengan cepat saat di lapangan untuk menangkap bola. Jika belum biasa, maka tiap pemain bola kasti biasanya akan kesulitan dalam menangkap bola dan lebih lama untuk mencapai kemenangan tentunya.

Butuh yang namanya keterampilan teknik serta latihan keras untuk bisa menjadi penangkap bola yang handal dan tidak keliru. Latihan yang cocok dilakukan untuk menangkap bola yaitu latihan tangkap banyak bola secara berulang-ulang dan aktif bergerak dalam kurun waktu tertentu.

Dalam olahraga bola kasti, apabila tim penjaga berhasil menangkap bola dari pemain pemukul akan lebih mudah untuk memenangkan permainan.

Hal ini dikarenakan, pemain lebih mudah melempar bola pada bagian tubuh tim pemukul. Setidaknya lakukan teknik yang benar dalam menangkap bola kasti berikut.

#1. Menangkap Bola yang Menyusur Tanah

Menangkap Bola Menyusur Tanah

Setiap pemukul bola ataupun bentuk lemparan dari tim regu tidak semuanya melambung tinggi dan mendatar. Ada juga model datangnya bola yang menyusur tanah sehingga akan lebih menyulitkan kamu saat akan menangkap bola.

Cara menangkap bola kasti yang menyusur tanah membutuhkan ketangkasan dan persiapan yang lebih rumit dibandingkan cara-cara sebelumnya. Untuk memudahkan kamu dalam memenangkan permainan bola kasti, maka bisa mencoba langkah-langkah berikut ini:

  • Dalam menangkap bola model apapun, pastikan kondisi tubuh dalam keadaan tegak.
  • Letakkan kaki kiri maju sedikit kedepan, kemudian fokuskan pandangan mata menuju arah datangnya bola.
  • Tekuk kaki kiri, kemudian tempelkan lutut kaki kanan di tanah untuk bersiap-siap menangkap bola dengan tepat.
  • Pastikan kedua telapak tangan saling berhadapan dan letakkan di depan kaki kanan. Jangan terlalu tergesa-gesa menangkap bola agar hasil tangkapannya tidak meleset dan membuat bola semakin sulit dijangkau.

#2. Menangkap Bola Kasti yang Datang Mendatar

Menangkap Bola Kasti yang Datang Mendatar

Selain ada model menangkap bola yang melambung tinggi, ada juga model lemparan bola yang mendatar. Sebagai pemain bola kasti yang baik, kamu perlu mengetahui cara menangkap bola yang benar sesuai dengan arah datangnya bola, walaupun agak sulit sekalipun.

Pukulan atau lemparan bola yang mendatar terkadang akan sangat merepotkan kamu sebagai tim penjaga karena kemungkinan bola sulit untuk dijangkau. Namun, untuk menguasai teknik menangkap bola mendatar, bisa ikuti langkah mudahnya sebagai berikut:

  • Sama seperti posisi sebelumnya, usahakan badan dalam kondisi tegak, kemudian kaki kanan diletakkan maju sedikit ke depan.
  • Fokuskan pandangan ke arah datangnya bola kasti sambil menyiapkan posisi untuk memenangkan bola yang datang.
  • Tekuk bagian siku dimana tangan ada di posisi saling berhadapan tepatnya di depan bagian dada.
  • Regangkan jari-jari tangan supaya lebih rileks dan lemas, kemudian lanjutkan untuk menangkap bola sesuai dengan lemparan atau pukulan dari pemain lainnya.

#3. Menangkap Bola yang Melambung

Menangkap Bola yang Melambung

Bola yang melambung tinggi biasanya terjadi ketika bola dilempar dari pemain regu lainnya sebagai bentuk umpan. Terkadang ada tim pemukul yang memukul bola langsung dari arah bawah sehingga hasil pukulannya melambung tinggi ke atas.

Bagaimana cara menangkap bola kasti yang melambung tinggi ke atas? Sebagai tim penjaga, kamu harus fokus terhadap arah datangnya bola. Kalau perlu segera berlari untuk menuju arah jatuhnya bola dengan bersiap-siap menempatkan posisi berikut ini:

  • Pastikan kondisi tubuh dalam keadaan berdiri tegak sehingga mudah untuk menentukan posisi untuk menangkap bola.
  • Letakkan kaki kanan maju sedikit ke depan dengan bagian siku ditekuk lebih dulu. Posisi kedua tangan bisa saling berhadapan, baik di depan dada ataupun di atas kepala tergantung dengan arah datangnya bola.
  • Jari-jari kedua tangan coba direnggangkan lebih dulu secara rileks dan lemas sehingga saat bola datang bisa kamu tangkap sebaik mungkin. Jika bola meluncur tinggi, maka berusahalah untuk berlari menuju arah datangnya bola kemudian baru ambil posisi tubuh yang tepat.

Tips Latihan Menangkap Bola Kasti

Menangkap Bola

Sebagai pemain yang bertanggung jawab untuk menangkap bola kasti, maka kamu perlu banyak berlatih untuk menjadi seorang fielders yang handal. Dalam menangkap bola, pemain membutuhkan ketangkasan serta gerak koordinasi antara tangan, mata dan kaki dengan cepat.

Tips untuk menjadi seorang fielders yang handal adalah kamu perlu melakukan latihan dengan menangkap ratusan bola secara bergantian.

Minta bantuan temanmu untuk melakukan umpan bola dengan teknik bermacam-macam seperti melambung tinggi, mendatar atau lurus dan menyusur tanah.

Jika kamu sudah terbiasa dan mengetahui berbagai cara menangkap bola kasti yang tepat, maka saat berada di lapangan akan lebih mudah menyusun strategi mendapatkan pukulan bola. Selain latihan tangkap bola, kamu juga perlu latihan base running atau berlari cepat dalam permainan kasti.

Walaupun terkadang terkesan sepele, cara menangkap bola kasti akan semakin mudah dengan teknik berlari yang cepat.

Banyak lakukan latihan berlari zig-zag dan lari maraton selama sekitar 10 menit setiap harinya. Melalui banyak latihan secara rutin, maka tubuh kamu tidak akan terasa kaku dan aktif bergerak.

Akhir Kata

Tujuan menangkap bola kasti yaitu untuk mendapatkan bola dengan cepat, kemudian bisa melemparkannya kepada tim lawan. Jika lemparan bola terkena bagian tubuh tim pemukul, maka akan terjadi perubahan posisi karena tim pemukul dianggap mati.

Cara menangkap bola kasti dapat dilakukan dengan 3 teknik yaitu menangkap bola yang melambung tinggi, tangkapan bola mendatar, dan tangkapan bola menyusur tanah. Ketiga teknik tersebut dapat dilakukan sesuai dengan arah datangnya bola dari pemain lawan.

Kalau menurut kamu informasi ini bermanfaat, silahkan share artikel ini ke teman-teman kamu. Sekian, salam olahraga!

Dicky Efendi

Halo! Saya Dicky Efendi, founder dari Olahraganesia.id. Dengan blog ini, saya bisa berbagi banyak informasi dan hal bermanfaat mengenai dunia olahraga pada semua orang. Follow ig @dkyefendi

Leave a Reply