You are currently viewing Sejarah Karate

Sejarah Karate

Olahraganesia.id – Sejarah karate tidak banyak yang mengetahuinya kecuali orang-orang yang memang tertarik mempelajari ilmu seni bela diri satu ini. Karate sendiri masuk ke dalam cabang olahraga dan awal mulanya dikenalkan dari negara Jepang.

Karate dapat dipraktikkan sebagai seni (budo), sebagai olahraga, sebagai olahraga tarung, atau sebagai latihan bela diri. Lalu, bagaimana sejarah adanya karate itu sendiri? Belajar teknik karate rasanya belum lengkap jika tidak mengulik seperti apa sejarahnya bukan?

Yuk, simak sejarah kareti untuk lebih jelasnya di bawah ini.

Sejarah Singkat Karate

Karate awalnya adalah sebuah seni dan juga bisa diartikan sebagai olahraga atau latihan bela diri. Karate tradisional menekankan pada pengembangan diri atau budo dalam istilah Jepang. Karate sendiri berasal dari daerah Okinawa.

Awalnya karate terinspirasi dari olahraga Cina bernama Kenpo yang kemudian dikembangkan menjadi sebuah olahraga karate.

Namun, seiring waktu karate dalam gaya Jepang modern lebih menekankan unsur-unsur psikologis yang dimasukkan ke dalam sikap yang tepat seperti ketekunan, keberanian, kebajikan, keterampilan dan kepemimpinan.

Dalam sejarah bela diri karate menurut Jepang, latihan umumnya dibagi menjadi kihon (dasar atau fundamental), kata (bentuk), dan kumite (sparring).

  • Kihon

Gaya karate menempatkan berbagai kepentingan pada latihan dasar atau kihon. Biasanya, kihon adalah teknik atau kombinasi teknik oleh sekelompok karateka. Kihon juga merupakan latihan yang telah diatur sebelumnya dalam kelompok yang lebih kecil atau berpasangan.

  • Kata

Kata secara harfiah berarti “bentuk” atau “model”. Kata adalah urutan gerakan formal yang mewakili berbagai postur ofensif dan defensif. Gerakan ini didasarkan pada kuda-kuda yang diidealkan. Aplikasi yang diterapkan dalam demonstrasi gerakan kata disebut dengan bunkai.

Bunkai menunjukkan bagaimana setiap sikap dan gerakan digunakan. Bunkai adalah gerakan yang berguna untuk memahami sebuah model.

  • Kumite

Sparring dalam karate disebut kumite. Secara harfiah, kumite berarti “pertemuan tangan”. Kumite dipraktekkan baik sebagai olahraga dan sebagai pelatihan bela diri.

Tingkat kontak fisik selama sparring sangat bervariasi. Karate knockdown seperti Kyokushin misalnya menggunakan teknik kekuatan penuh untuk menjatuhkan lawan ke tanah. Lalu, bagaimana karate yang diperkenalkan di Jepang bisa masuk ke Indonesia?

Ternyata, karate bisa masuk ke Jepang karena banyak mahasiswa yang bersekolah di Jepang berhasil mengenalkan seni bela diri ini ke Indonesia. Pada akhirnya kesenian bela diri ini makin dikenal dan dipelajari di Indonesia berkat pelajar-pelajar tanah air yang merantau ke Jepang.

Akhir Kata

Sejarah karate memang cukup unik. Meski dikenalkan oleh Jepang, namun olahraga satu ini ternyata terinspirasi dari negara Cina. Saat ini, karate menjadi salah satu kesenian bela diri yang banyak dipelajari oleh orang di dunia.

Kalau menurut kamu informasi ini bermanfaat, silahkan share artikel ini ke teman-teman kamu. Sekian, salam olahraga!

Dicky Efendi

Halo! Saya Dicky Efendi, founder dari Olahraganesia.id. Dengan blog ini, saya bisa berbagi banyak informasi dan hal bermanfaat mengenai dunia olahraga pada semua orang. Follow ig @dkyefendi

Leave a Reply