You are currently viewing Sejarah Tenis Meja

Sejarah Tenis Meja

Olahraganesia.id – Permainan tenis meja sendiri cukup populer hampir di seluruh dunia, hal ini karena alur permainannya yang sangat menyenangkan dan menyehatkan. Kendati demikian, meskipun kamu sudah mengenal permainan tenis meja dengan baik, apakah kamu juga pernah tahu sejarah dari tenis meja ini?

Nah, untuk kamu yang penasaran mengenai sejarah dari olahraga yang satu ini. Simak sejarah permainan tenis meja secara lengkap sampai bawah ya!

Pengertian dari Permainan Tenis Meja

Sebelum kita masuk ke pembahasan seputar sejarah tenis meja, ada baiknya jika kamu semakin memahami lagi apa pengertian dari permainan olahraga satu ini.

Permainan tenis meja atau yang biasa disebut juga dengan permainan ping pong ini memiliki arti jenis olahraga raket yang bisa dimainkan oleh 2 orang yang bersifat tunggal, atau berpasangan dengan sifat ganda, yang saling bersaing untuk memperebutkan sebuah kemenangan yang berharga.

Raket dalam permainan tenis meja juga sering disebut dengan Bet. Raket ini terbuat dari bahan utama kayu, yang dilapisi dengan karet khusus, Untuk lapangannya sendiri, permainan ini menggunakan meja yang dibuat secara khusus, dengan ukuran yang telah ditentukan.

Sementara itu, di Indonesia sendiri permainan ini memang sudah cukup terkenal, hingga ada organisasi sendiri yang mengurus jenis olahraga ini, yaitu PTMSI atau Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia.

Jika PTMSI adalah organisasi tenis meja khusus Indonesia, untuk yang bersifat internasional adalah ITTF atau International Table Tennis Federation. Dalam organisasi ini, sudah ada anggota yang sangat banyak, atau lebih tepatnya adalah diikuti oleh 140 negara. PTMSI telah bergabung disini sejak tahun 1961.


Baca Juga: Induk Organisasi Tenis Meja


Sejarah Tenis Meja Tahun Demi Tahun

Negara Inggris adalah negara asal dari permainan tenis meja, dan tepatnya permainan ini diciptakan di negara Inggris pada abad ke-19. Awalnya, tenis meja dimainkan oleh orang-orang berkelas sebagai permainan indoor setelah makan malam.

Setelah itu, sejarah dari permainan tenis meja ini terus berlanjut, hingga berkembang ke penjuru dunia. Supaya sejarah tenis meja bisa kamu pahami dengan lebih mudah, kami akan membagikannya berdasarkan tahun-tahunnya, yaitu:

1. Sejarah di Tahun 1901

Awalnya, ada desas-desus lain yang mengatakan bahwa permainan tenis meja ini pertama kali dikembangkan oleh seorang tentara asal Inggris yang sedang berada di India atau Afrika Selatan. Baru setelah itu, tentara tersebut membawa permainan ini kembali ke negaranya, yaitu negara Inggris.

Selain itu, awal mula permainan ini dimainkan adalah dengan menyusun sebaris buku di tengah meja, yang dalam hal ini memiliki peran sebagai net, dan kedua buku lainnya akan digunakan untuk memukul bola golf.

Mengikuti hal tersebut, membuat nama ping-pong semakin populer dan digunakan hampir di seluruh negara. Namun, sejak perusahaan Inggris J. Jaques dan Son Ltd mematenkan nama ini sebagai merek dagang di tahun 1901, yang menggunakan nama ping-pong mulai berkurang.

Akhirnya, nama ping-pong lebih sering digunakan untuk permainan yang dimainkan dengan peralatan dari perusahaan tersebut, yang dalam hal ini perusahaan Jaques menyebutnya sebagai permainan tenis meja.

Waktu terus berjalan dengan permainan ini yang mulai dikenal publik, sampai akhirnya perusahaan Jaques menjual hak paten dari nama ping-pong ini kepada Parker Brothers, yang merupakan perusahaan asal Amerika Serikat.

2. Sejarah di Tahun 1920-an

Setelah hak nama ping-pong ini telah dimiliki perusahaan Parker Brothers, akhirnya perusahaan asal Amerika Serikat ini mulai menjadikannya sebagai merek dagang di tahun 1920-an. Bahkan, perusahaan ini juga membuat organisasi lain dengan mengubah namanya menjadi tenis meja.

Dengan inovasi yang terus berkembang seperti ini, membuat salah satu penggemar permainan ini yang bernama James W.Gibb menciptakan terobosan baru. James berhasil menemukan bola yang terbuat dari bahan seluloid dalam perjalanannya menuju Amerika Serikat.

Pada saat menemukan bola unik tersebut, James langsung berpikir bahwa bola yang terbuat dari bahan seluloid ini sangat cocok untuk digunakan di permainan tenis meja.

Permainan Tenis Meja Mulai Populer di Banyak Kalangan

Setelah memahami sejarah tenis meja di atas, sekarang waktunya kamu untuk memahami kapan permainan ini mulai dikenal oleh banyak kalangan.

Disini, kami akan membagikan informasi terkait hal ini, dengan membaginya menurut tahunnya masing-masing, yaitu:

1. Awal Tahun 1900-an

Pada awal tahun 1900-an, Rusia memberikan larangan kepada semua orang untuk memainkan permainan bola kecil ini. Pasalnya, menurut pemimpin negara ini di masa itu, permainan tenis meja memiliki efek yang buruk terhadap penglihatan para pemainnya.

Kendati demikian, hal ini tidak berlaku di belahan dunia lainnya, karena pada tahun 1901 ada sebuah buku yang menceritakan tentang perjalanan tenis meja. Bahkan, di tahun 1902 juga mulai ada kejuaraan dunia yang pada saat itu belum ditetapkan sebagai pertandingan resmi dari permainan ini.

Dengan terus berkembangnya permainan tenis meja di seluruh penjuru dunia, akhirnya membuat sebuah organisasi khusus tenis meja diciptakan.

2. Tahun 1920-an

Waktu terus berjalan hingga memasuki tahun 1920-an. Di tahun ini, mulai ada Asosiasi Tenis Meja yang dibuat di Inggris, dan kembali muncul organisasi olahraga ini di tahun 1926 yaitu Federasi Tenis Meja Internasional.

Awalnya, yang ikut dalam organisasi Federasi Tenis Meja Internasional ini hanyalah 7 negara, yaitu Inggris, Perancis, Jerman, Swedia, Polandia, Cekoslowakia, dan India.

Sampai akhirnya, kejuaraan dunia yang telah ditetapkan sebagai pertandingan resmi mulai diadakan pertama di tahun 1926. Pertandingan ini diadakan di London, Inggris.

3. Memasuki Tahun 1930-1988

Pada tahun 1933, organisasi yang awalnya bernama Asosiasi Tenis Meja Amerika Serikat, akhirnya berganti nama menjadi Tenis Meja Amerika.

Kemudian waktu terus berjalan, dengan ketenaran tenis meja yang semakin meluas di seluruh dunia. Banyak orang mulai tertarik untuk mengetahui teknik dasar dari permainan ini.

Sampai akhirnya di tahun 1950-an, sebuah perusahaan alat olahraga di Inggris yang sangat terkenal, S.W, Hancock Ltd, mulai memperkenalkan inovasi baru mengenai raket atau bet yang akan digunakan dalam permainan ini.

Lembaran karet yang digabung dengan lapisan spons akhirnya mampu mengubah permainan ini menjadi lebih dramatis. Pasalnya, lembaran karet yang dilapisi spons ini mampu meningkatkan kecepatan dan juga perputaran bola.


Baca Juga: Ukuran Lapangan Tenis Meja


Sejarah Tenis Meja di Indonesia

Sejarah Tenis Meja di Indonesia

Permainan tenis meja mulai masuk ke negara Indonesia di tahun 1930-an. Namun, permainan ini pada saat itu hanya dimainkan oleh bali-balai pertemuan dari orang-orang Belanda. Bahkan, orang-orang yang bisa memainkan tenis meja juga pada saat itu sangat dibatasi.

Hingga akhirnya di tahun 1939 banyak tokoh terkenal yang akhirnya membentuk sebuah organisasi tenis meja di Indonesia, yang dalam hal ini adalah Persatuan Ping Pong Seluruh Indonesia atau PPPSI.

Organisasi ini memiliki banyak anggota hanya dalam waktu yang singkat. Kemudian, pada tahun 1958, organisasi ini berganti nama menjadi Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia atau PTMSI.

Tahun 1960 PTMSI ini mulai bergabung dengan Federasi Tenis Meja Tingkat Asia atau TTFA. Setelah pendaftarannya itu, membuat Indonesia selalu diundang pada kejuaraan-kejuaraan resmi di tingkat dunia.

Penemu Permainan Tenis Meja

Beberapa nama akan disebutkan ketika kamu bertanya siapa penemu dari permainan tenis meja ini. Sebab, ada sebagian orang yang berkata bahwa E.C. Goode-lah yang menjadi penemu tenis meja. Namun, di lain sisi ada juga yang mengatakan bahwa John Jacques ialah penemu dari permainan ini.

Selain kedua nama tersebut, ada juga beberapa orang yang mengatakan bahwa penemu sebenarnya dari permainan tenis meja adalah David Foster.

Kendati demikian, jika kita menjadikan website resmi ITTF sebagai acuan yang tepat, maka David Foster adalah penemu dan pencipta permainan tenis meja yang sebenarnya. Menurut data tersebut, David Foster mematenkan permainan ini di Inggris, di tahun 1890.


Baca Juga: Peraturan Permainan Tenis Meja


Akhir Kata

Dengan memahami sejarah tenis meja dengan lebih baik lagi, kamu pasti akan lebih menghargai sejarah dari permainan bola kecil yang sangat menyenangkan ini.

Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk memahami pemahaman di atas, karena sejarah permainan tenis meja merupakan pembahasan yang sangat bermanfaat.

Kalau menurut kamu informasi ini bermanfaat, silahkan share artikel ini ke teman-teman kamu. Sekian, salam olahraga!

Dicky Efendi

Halo! Saya Dicky Efendi, founder dari Olahraganesia.id. Dengan blog ini, saya bisa berbagi banyak informasi dan hal bermanfaat mengenai dunia olahraga pada semua orang. Follow ig @dkyefendi

Leave a Reply