You are currently viewing Teknik Pukulan Backhand Tenis Meja

Teknik Pukulan Backhand Tenis Meja

Olahraganesia.id – Cara melakukan pukulan backhand tenis meja atau pingpong merupakan sebuah permainan bola kecil yang umumnya dimainkan secara tunggal (perorangan) maupun ganda (beregu). Sebelum terjun ke arena bermain, permainan diharuskan untuk menguasai berbagai teknik dasar.

Saat melakukan servis backhand, pemain akan mengambil sikap tubuh dengan kedua kaki berdiri sejajar meja. Sedangkan tungkai kanan berada di bagian depan. Biasanya, tindakan backhand dilakukan secara cepat dan kerap kali membuat lawan main menjadi sangat kewalahan.

Pengertian Pukulan Backhand

Dikutip dari buku berjudul “Variasi Pembelajaran Tenis Meja Menggunakan Injection Machine”, yang diterbitkan oleh Uwais Inspirasi Indonesia, disebutkan bahwa pukulan backhand adalah sebuah pukulan bola dengan telapak tangan memegang raket atau bet menghadap ke arah belakang.

Pada pukulan backhand tenis meja, maka posisi punggung tanganlah yang difungsikan sebagai memegang bet. Meskipun dorongan tenaga pada pukulan ini tidak terlalu keras, namun cukup sebagai upaya pertahanan sehingga bisa menghalau berbagai serangan yang datang.

Pukulan backhand tidak membutuhkan rotasi badan atau transfer berat, khususnya saat berada dalam posisi forehand drive. Akan tetapi, sebagian pemain tenis meja tidak memiliki kemampuan melakukan backhand yang konsisten. Meskipun manfaat menguasai teknik backhand sangat besar.

Tujuan Pukulan Backhand Pada Tenis Meja

Tujuan backhand adalah untuk mengembalikan serangan lawan, sehingga biasanya dilakukan secara refleks. Dalam banyak kasus, umumnya pemain tidak sadar saat menggunakan teknik backhand.

Backhand kurang cocok digunakan melakukan pukulan keras. Pasalnya, posisi tangan memang kurang pas mendapatkan power optimal dari ayunan tangan. Meskipun sekilas teknik pukulan backhand hampir sama dengan forehand, namun letak posisi bola berbeda.

Pada backhand, posisi bola berada di sisi tangan yang tidak memegang raket. Untuk melakukan pukulan ini, maka pemain perlu merendahkan posisi badan, kemudian menggerakkan tangan ke arah pinggang kiri (jika tidak kidal), menggunakan sudut siku sembilan puluh derajat.

Menguasai pukulan backhand sangat penting karena memungkinkan pemain untuk mengontrol reli dan membalas serangan lawan. Apabila pemain tenis meja gagal mempelajari backhand, maka akan menemukan banyak kesulitan di kemudian hari, terutama dalam memblokir serangan dadakan.


Baca Juga: Ukuran Lapangan Tenis Meja


Cara Melakukan Pukulan Backhand Pada Tenis Meja

Cara Melakukan Pukulan Backhand

Untuk menguasai backhand tenis meja memang tidak mudah. Oleh sebab itulah, pemain harus berlatih secara teratur agar dapat mengembangkan kemampuan memukul dengan punggung tangan. Berikut ini adalah langkah-langkah melakukan gerakan pukulan backhand pada tenis meja:

  • Sikap awal dalam melakukan backhand adalah berdiri dengan posisi di belakang meja dan menghadap ke arah lawan, kemudian kaki kiri ditarik sedikit mundur ke belakang.
  • Tangan memegang raket di depan atau samping kiri badan, dan lengan atas membentuk sudut kecil setengah badan atau menyerong.
  • Lengan bawah membentuk sudut kecil sejajar lengan atas, dan posisi bet terbuka selama pemain melakukan servis,
  • Gerakan pukulan dilakukan dari arah belakang ke depan, sisi kiri ke kanan. Kemudian, dari atas ke bawah dan lengan direntangkan. Namun, untuk melakukan gerakan ini, pemain harus memusatkan perhatian pada lengan bawah.
  • Setelah bet mengenai bola, maka pemain dapat meneruskan gerakan secara rileks. Dengan bet berada di posisi depan.
  • Perkenaan bet dengan bola tergantung pada kecepatan gerakan permainan pemain. Jika bola datangnya pelan, maka dipukul saat mencapai titik paling tinggi. Akan tetapi, jika bola datangnya cepat, maka dipukul sebelum mencapai ke titik tertinggi.

Baca Juga: Teknik Pukulan Forehand Tenis Meja


Kelebihan dari Pukulan Backhand Pada Tenis Meja

Pukulan menggunakan teknik backhand memang tidak sekuat forehand. Sebab backhand merupakan pelengkap forehand untuk menutupi datangnya bola. Mayoritas pemain tenis meja biasanya memiliki backhand lemah, oleh karena itulah penting bagi pemain untuk terus melatih skill backhand.

Lantas, apa saja kelebihan dari backhand? Berikut ini adalah beberapa keuntungan menguasai teknik backhand dalam permainan tenis meja yang harus diketahui oleh setiap pemain:

#1. Memberikan Serangan Mematikan

Pemain yang berhasil mengembangkan teknik drive backhand dapat menghasilkan lebih banyak pukulan, sedikit topspin, dan bisa menyerang backspin menggunakan backhand.

#2. Pukulan Lebih Konsisten

Backhand loop akan memberikan lebih banyak pilihan pada pemain untuk mendorong atau menyerang. Melancarkan serangan dengan backhand akan memberi konsistensi lebih daripada topspin.

#3. Antisipasi Serangan Lawan

Kalau kamu hanya bisa menyerang secara efektif menggunakan forehand, maka lawan akan lebih mudah dalam mendorong serangan lebar menuju backhand kamu. Backhand saat berguna sebagai upaya antisipasi serangan dari lawan, seperti mengembalikan servis.

#4. Mengembalikan Serangan

Pemain tenis meja dapat mengembalikan serangan dari lawan dengan teknik backhand, seperti backhand drive. Dalam permainan yang sengit, dimana kedua pihak saling menyerang dengan brutal. Backhand efektif dalam memblokir dan mengembalikan serangan.


Baca Juga: Cara Memegang Bet Tenis Meja


Akhir Kata

Memiliki kemampuan servis forehand dan backhand tenis meja mempunyai peranan penting dalam permainan. Dengan begitu, maka pemain bisa mengarahkan bola secara lebih akurat dan seimbang. Skill backhand juga cukup mumpuni meminimalisir kemungkinan lawan menyerang sisi lemah kamu.

Kalau menurut kamu informasi ini bermanfaat, silahkan share artikel ini ke teman-teman kamu. Sekian, salam olahraga!

Dicky Efendi

Halo! Saya Dicky Efendi, founder dari Olahraganesia.id. Dengan blog ini, saya bisa berbagi banyak informasi dan hal bermanfaat mengenai dunia olahraga pada semua orang. Follow ig @dkyefendi

Leave a Reply