You are currently viewing Ukuran Lapangan Takraw

Ukuran Lapangan Takraw

Olahraganesia.id – Olahraga campuran dari sepak bola dan bola voli ini telah menarik perhatian banyak orang. Jumlah pemainnya yang hanya tiga orang serta ukuran lapangan takraw yang berbeda dari olahraga sepak bola juga menjadi daya tarik tersendiri.

Jika lapangan sepak bola berukuran 90-120 meter dan berlandaskan rumput, olahraga sepak takraw justru berlangsung di lapangan yang lebih kecil.

Simak semua hal yang perlu kamu ketahui mengenai lapangan sepak takraw berikut ini.

Ukuran Lapangan Sepak Takraw dan Perlengkapannya

Ukuran Lapangan Sepak Takraw

Olahraga sepak takraw yang berasal dari Asia Tenggara ini memang memiliki banyak keunikan sendiri. Mulai dari cara bermain, bola yang digunakan, hingga ukuran lapangannya.

Ukuran lapangan untuk bermain sepak takraw pun memiliki standarisasi sebagai berikut.

Ukuran Lapangan Takraw

Sebenarnya, lapangan untuk bermain sepak takraw tidak jauh berbeda dari kebanyakan lapangan olahraga lainnya. Hanya saja, jika lapangan sepak bola dan american football biasanya beralaskan rumput, sepak takraw memiliki alas dari kayu dan beton.

Maka dari itu, olahraga sepak takraw terkenal sebagai campuran olahraga sepak bola dan bola voli. Berikut ini keterangan lengkap mengenai ukuran lapangan takraw.

Luas Lapangan

Pada umumnya, lapangan sepak takraw berbentuk persegi adalah 13, 40 meter untuk panjangnya dan 6, 10 meter untuk lebar. Atau jika dalam ukuran kaki adalah 44 x 20 kaki. Jika lapangan berada di luar bangunan, alas permukaannya terbuat dari tanah atau beton yang rata.

Sedangkan jika lapangan berada di dalam ruangan, maka alas permukaannya terbuat dari kayu untuk meningkatkan kelenturan selama bermain. Tinggi atap lapangan sepak takraw (roof) dalam bangunan juga minimal 8 meter dari lantai agar permainan sepak takraw berjalan lancar.

Garis Pinggir Lapangan (Lines)

Untuk menandai tepi lapangan, olahraga sepak takraw menggunakan berbagai cara. Mulai dari menggunakan cat atau lakban pada lapangan indoor, hingga kapur untuk lapangan outdoor. Biasanya, lakban untuk lapangan indoor memiliki lebar 4 cm yang diukur dari dalam lapangan.

Garis Tengah

Lapangan sepak takraw yang berbentuk persegi memiliki garis tengah yang terbagi menjadi dua bagian. Kedua sisi garis tengah lapangan tersebut berbentuk setengah lingkaran dengan jari-jari berukuran 91 cm.

Hal ini membuatnya membentuk dua buah lingkaran ¼ pada masing-masing garis sisi tepi lapangan, yang mana keduanya tegak lurus dengan garis tengah.

Lingkaran Tempat Servis

Lapangan sepak takraw juga memiliki area yang kita kenal sebagai lingkaran tempat servis. Fungsi dari area ini adalah untuk para pemain melakukan servis  bola. Area servis ini berbentuk lingkaran dengan diameter 60 cm yang berada pada kedua sisi lapangan.

Jarak yang ada dari tengah lingkaran hingga garis belakang atau baseline adalah 2,45 meter. Sedangkan dari garis tengah atau centre line adalah 4,25 dan dari garis tepi atau side line berukuran 3,05 meter.

Kedudukan Tiang Net

Olahraga campuran sepak bola dan bola voli ini memiliki net yang berada di tengah lapangan. Fungsi dari net adalah untuk menentukan wilayah kedua grup pemain.

Net memiliki tiang penyangga yang membuatnya berdiri tegak memberikan batasan antara tiap grup yang bertanding. Net tersebut perlu kamu pasang minimal 30 cm dari garis tepi lapangan. Lebih tepatnya pada garis tepi ujung pangkal garis tengah lapangan.

Area Bebas

Area bebas olahraga ini tidak berbeda jauh dengan cabang olahraga lain yang menyediakan area kosong untuk menjaga keamanan dan kenyamanan. Dalam olahraga sepak takraw nasional maupun internasional pun perlu memiliki area bebas.

Fungsi dari keberadaan area bebas ini adalah untuk menjaga pertandingan agar tidak terganggu. Biasanya area bebas ini berjarak minimal 3 meter dari garing lapangan bagian luar.

Perlengkapan pada Lapangan Sepak Takraw

Tentunya, untuk melakukan olahraga sepak takraw tidak hanya membutuhkan pengetahuan mengenai ukuran lapangan takraw saja. Kamu juga perlu mempersiapkan semua perlengkapan untuk memainkannya. Berikut ini daftar perlengkapan yang kamu butuhkan saat bermain sepak takraw.

Jenis Lapangan

Olahraga sepak takraw memiliki dua jenis lapangan, yaitu di dalam bangunan atau indoor dan di luar bangunan atau outdoor. Kedua jenis lapangan ini memiliki perlengkapan yang sedikit berbeda untuk menyesuaikan keadaan lapangannya.

Net/Jaring

Sepak takraw menggunakan net yang terbuat dari bahan nilon. Pemilihan bahan nilon ini berfungsi untuk membuatnya lebih kuat, karena benang nilon termasuk ke dalam jenis benang yang kuat.

Biasanya, benang nilon yang terdapat dalam olahraga sepak takraw memiliki ukuran mata jaring atau lubang jaring sekitar 6-8 cm. Sementara panjang dari netnya adalah 6,1 m dengan lebar kurang lebih 70 cm.

Tiang Net/Tiang Jaring

Biasanya, tiang net yang ada dalam olahraga sepak takraw terbuat dari bahan besi yang berdiameter 4 cm dengan tinggi 155 cm. Namun, saat pertandingan nasional maupun internasional terdapat sedikit perbedaan ukuran tinggi net untuk pemain putra maupun putri sebagai berikut.

  • Untuk pemain putra, tinggi netnya adalah 155 cm dengan bagian tengahnya adalah 152 cm.
  • Untuk pemain putri, tinggi netnya adalah 145 cm dengan bagian tengahnya yang berukuran 142 cm

Bola Takraw

Bola takraw adalah salah satu ciri khas olahraga yang berasal dari Asia Tenggara ini. Awalnya, bola takraw terbuat dari bahan rotan. Namun, seiring perkembangan teknologi, bola takraw saat ini banyak yang terbuat dari plastik atau rotan sintetis.

Bola takraw sendiri memiliki 12 lubang dengan 20 titik persimpangan dan 9-11 anyaman. Dalam standar pertandingan nasional dan internasional, bola takraw memiliki ukuran yang sedikit berbeda untuk pemain pria dan wanita, yaitu:

  • Ukuran diameter bola takraw untuk pemain putra adalah 42-44 cm dengan berat 170-180 gram.
  • Ukuran diameter bola takraw untuk pemain putri adalah 43-45 cm dengan berat mencapai 150-160 gram.

Pemain

Tak hanya terdiri dari 3 pemain utama, olahraga sepak takraw juga perlu menyiapkan satu pemain cadangan dalam setiap timnya.

Posisi ketiga pemain tersebut pun sudah diatur sedemikian rupa. Ada pemain belakang yang kita kenal sebagai “tekong”, pemain yang berada di kiri tekong yaitu “apit kiri”. Lalu pemain yang berada di sebelah kanan tekong adalah “apit kanan.”

Pemain tekong bertugas untuk menyepak atau menservis bola hingga sampai ke tengah lapangan. Sementara kedua pemain apit kanan dan kiri bertugas menghalau bola yang mengarah kepadanya agar tidak mendapatkan nilai.

Setiap pemain yang bermain sepak takraw dalam pertandingan nasional maupun internasional perlu menyiapkan seragam. Mulai dari kaos lengan panjang atau pendek serta celana olahraga pendek yang elastis agar tetap nyaman selama bertanding.

Bangku Tempat Duduk Wasit

Saat pertandingan sepak takraw berlangsung, wasit I dan II akan duduk di atas kursi setinggi 1,5 meter atau setinggi net. Sementara keenam hakim garis berada di sekeliling lapangan untuk mengawasi bola takraw dan garis pada lapangan.

Akhir Kata

Ukuran lapangan takraw yang lebih kecil daripada lapangan sepak bola justru menjadi tantangan tersendiri bagi para pemainnya. Sehingga permainan terasa semakin seru dan menantang. Jika kamu belum pernah mencoba memainkannya, maka coba ajak teman-temanmu memainkannya.

Kalau menurut kamu informasi ini bermanfaat, silahkan share artikel ini ke teman-teman kamu. Sekian, salam olahraga!

Dicky Efendi

Halo! Saya Dicky Efendi, founder dari Olahraganesia.id. Dengan blog ini, saya bisa berbagi banyak informasi dan hal bermanfaat mengenai dunia olahraga pada semua orang. Follow ig @dkyefendi

Leave a Reply