You are currently viewing Minuman Sebelum Olahraga yang Bagus untuk Dikonsumsi

Minuman Sebelum Olahraga yang Bagus untuk Dikonsumsi

Olahraganesia.id – Apakah kamu ingin sekali rutin olahraga setiap hari? Pastikan kamu tahu apa yang harus kamu minum sebelum berolahraga. Dirancang untuk dikonsumsi 15-45 menit sebelum sesi olahraga, daftar minuman sebelum olahraga yang ada di bawah ini ternyata sangat bagus untuk dikonsumsi.

Minuman-minuman yang layak dikonsumsi sebelum olahraga ternyata mengandung bahan-bahan untuk membantu kamu mengeluarkan keringat lebih banyak dan lebih lama. Lalu, apa saja jenis-jenis minuman tersebut?

Yuk, simak rekomendasi minuman yang bagus dikonsumsi sebelum olahraga berikut ini.

Rekomendasi Minuman Terbaik Sebelum Olahraga

#1. Kopi

Kopi

Kopi adalah minuman yang menjadi sumber kafein yang sangat kaya dan penambah energi. Meminumnya sebelum memulai sesi olahraga akan membantu meningkatkan  energi dan mengurangi kelelahan.

Mengkonsumsi kopi berkafein sebelum olahraga juga meningkatkan oksidasi lemak selama latihan. Kopi juga meningkatkan kewaspadaan kamu agar tetap fokus saat melakukan olahraga apa pun.

Selain itu, kopi juga minuman yang bisa mengurangi nyeri otot setelah kamu melakukan olahraga yang intens dan akan membuat kamu merasa jauh lebih berenergi.

#2. Green Tea

Green Tea

Minuman sebelum olahraga yang bagus selanjutnya adalah green tea. Green tea juga mengandung kafein dan L-theanine yang membantu kamu lebih fokus dan meningkatkan energimu.

Green tea penuh dengan antioksidan dan meminumnya sekitar satu jam sebelum berolahraga akan mencegah kamu merasa lelah. Green tea juga membantu meningkatkan intensitas olahragamu dengan merangsang pemanfaatan lemak seluruh tubuh selama olahraga.

Minum green tea juga dapat meningkatkan pembakaran lemak dan mengurangi kerusakan otot. Mengkonsumsi green tea secara intens sebelum berolahraga bisa membantu meningkatkan semangat kamu saat berolahraga.

Jadi, kalau kamu mau minum green tea 30 hingga 60 menit sebelum berolahraga, maka minuman satu ini dapat membantu meningkatkan kadar oksida nitrat tubuh.

#3. Jus Bit

Jus Bit

Salah satu sayuran paling sehat yang sarat dengan nutrisi adalah bit. Bit mengandung nitrat yang dikenal dapat meningkatkan kinerja olahraga. Nitrat membantu dalam vasodilatasi, meningkatkan kontraksi otot, dan meningkatkan aliran darah.

Mengkonsumsi jus bit dengan tambahan jeruk nipis bisa meningkatkan aliran darah dan oksigen ke otot yang lelah. Dengan demikian, meningkatkan daya tahan tubuh sehingga kamu dapat berolahraga lebih lama.

#4. Jus Pisang

Jus Pisang

Pisang adalah sumber gula alami, karbohidrat sederhana, dan potasium. Di dalam tubuh, potasium hanya disimpan untuk waktu yang terbatas. Jadi cobalah mengkonsumsi pisang sekitar 30 menit hingga satu jam sebelum berolahraga.

Mengkonsumsi jus pisang sebelum berolahraga adalah cara sempurna untuk meningkatkan simpanan energi otot dan meningkatkan kadar gula kamu. Jadi, kamu tidak akan mudah lapar ketika sudah meminum jus pisang.

#5. Air Kelapa

Air Kelapa

Minuman terakhir yang bagus sekali kamu konsumsi sebelum berolahraga adalah air kelapa. Minuman satu ini sangat menyehatkan dan bagus untuk hidrasi, Jadi, kalau kamu mau tubuh kamu terhidrasi dengan baik, minumlah air kelapa sebelum berolahraga.

Ketika kamu berkeringat, tubuh akan kehilangan elektrolit namun kamu akan tetap terhidrasi karena sudah minum air kelapa. Air kelapa juga membuat kadar elektrolit dalam tubuh kamu lebih seimbang.

Olahraga dengan durasi lama sekalipun tidak akan menjadi soal ketika kamu sudah mengkonsumsi air kelapa sebelum berolahraga.

Akhir Kata

Minuman sebelum olahraga yang sudah dijelaskan di atas bisa meningkatkan energi dan memberikan kekuatan untuk olahraga yang intens. Kalau kamu ingin durasi olahraga lebih lama dan menghasilkan banyak keringat, maka konsumsilah minuman yang efektif.

Kalau menurut kamu informasi ini bermanfaat, silahkan share artikel ini ke teman-teman kamu. Sekian, salam olahraga!

Dicky Efendi

Halo! Saya Dicky Efendi, founder dari Olahraganesia.id. Dengan blog ini, saya bisa berbagi banyak informasi dan hal bermanfaat mengenai dunia olahraga pada semua orang. Follow ig @dkyefendi

Leave a Reply